Home Software 3 Program Aplikasi Akuntansi Komputer Selain MYOB Simpel Dan Ringan

3 Program Aplikasi Akuntansi Komputer Selain MYOB Simpel Dan Ringan

0
3 Program Aplikasi Akuntansi Komputer Selain MYOB Simpel Dan Ringan

MYOB adalah program aplikasi komputer akuntansi yang digunakan untuk mengotomatilisasikan pembukuan. Aplikasi ini selama ini banyak digunakan di dunia akuntansi.

Didasari oleh maraknya penggunaan program aplikasi akuntansi komputer ini, pengembang program pun berlomba-lomba untuk menyediakan software yang terbaik untuk perusahaan-perusahaan yang kian hari makin tumbuh banyak.

Tapi tahukah kamu bahwa ada program aplikasi komputer akuntansi selain MYOB yang juga tidak kalah lengkap dan bisa membantu kita untuk mengoptimalisasikan kegiatan pembukuan.

Berikut 3 program aplikasi komputer akuntansi selain MYOB yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu dalam memilih program yang tepat untuk kegiatan pembukuan.

Advertisements

Aplikasi Akuntansi Komputer Selain MYOB

  • Zahir

Melihat Kisaran Harga dan Spesifikasi Zahir Accounting

Zahir Accounting merupakan program aplikasi akuntansi keuangan terbaik dan penuh inovasi serta memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan aplikasi akuntansi lainnya. Baru-baru ini Zahir Simply, juga baru saja menerbitkan aplikasi dalam bentuk android di Indonesia, terbit pada tahun 2018, tepatnya di bulan April kemarin.

Sebagai yang terbaru aplikasi ini user friendly. Tanpa bekal belajar aplikasi bertahun-tahun, kita bisa melakukan pengelolaan keuangan dengan baik secara real time.

Tapi kita akan lebih fokus membahas Zahir Accounting dalam bentuk software komputer. Zahir Accounting dengan bangga menyebut dirinya sebagai “business management software.”

Berikut kelebihan dari Zahir:

(a) Mudah digunakan sekalipun bukan akuntan karena sudah tersedia formulir khusus untuk menginput semua transaksi umum dalam perusahaan seperti transaksi keluar atau masuk kas, pembelian, penjualan, piutang dan sebagainya Baca Software Akuntansi Terbaik

(b) Desain user interface (tampilan tatap muka)  menarik serta mudah dipahami karena struktur menu dan icon berupa gambar yang sederhana

(c) Faktur dan laporan dapat didesain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan perusahaan

(d) Laporan dapat dikirim via email dan diexport ke berbagai format

(e) Menggunakan database client server

(f)Fasilitas dan kapasitas dapat dipilih sesuai kebutuhan

(g) Berbagai grafik dan analisa bisnis interaktif yang tersedia dalam satu layar.

Kekurangannya

Zahir edisi pendidikan belum mendukung pengeditan (unposting) transaksi penjualan dan pembelian. Zahir juga cenderung kurang cepat dan responsif khususnya pada saat menginput transaksi, membuka faktur, menginput produk dan mencetak faktur.

Zahir juga tidak memberikan rekomendasi tentang kebutuhan perangkat yang dibutuhkan serta kompatibel dengan Zahir. Tetapi secara keseluruhan software ini masih layak kamu pertimbangkan.

Advertisements
  • Accurate Accounting

3 Program Aplikasi Akuntansi Komputer Selain MYOB Simpel Dan Ringan

 

Apabila kita membutuhkan software akuntansi dengan versi bahasa Indonesia, kita bisa menggunakan Accurate Accounting. Tampilannya cenderung mirip MYOB tapi Accurate sangat user friendly. Baca Aplikasi Pembukuan Gratis

Kelebihannya Accurate, form dan laporan bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna, lalu fitur pajaknya juga didukung dengan kebijakan yang ada di Indonesia. Ditambah lagi software ini sangat support terhadap multi currency, multi user,  departemen, gudang, dan proyek.

Jika penggunan aplikasi ini bosan dengan tampilan pabrik yang disajikan Accurate, tinggal mengganti skin-nya agar sesuai selera.

Ada beberapa pilihan skin yang disediakan dan bagus untuk dilihat.

Kelebihannya Accurate juga ada pada segi bahasa, karena terdapat pilihan bahasa Indonesia, sehingga lebih mudah dipelajari. Sama halnya dengan MYOB, laporan yang sudah dibuat dapat diekspor ke format Microsoft Excel, Notepad, HTML dan PDF.

Kekurangannya, kita hanya bisa login sebagai supervisor, dan hanya bisa membuka database di hard drive lokal computer, dan tidak bisa melakukan migrasi.

  • Software akuntansi berbasis DOS

3 Program Aplikasi Akuntansi Komputer Selain MYOB Simpel Dan Ringan

Hingga kini, masih banyak saja perusahaan yang tetap menggunakan software akuntansi yang satu ini. Perusahaan biasanya memilih tetap menggunakan sistem operasi DOS karena enggan untuk mengeluarkan biaya lebih untuk membeli lisensi dari software akuntansi terbaru.

Kebijakan seperti memang tergantung perusahaan karena dalam bisnis kita harus memiliki skala prioritas. Tapi sebenarnya masih banyak juga perusahaan yang enggan untuk beralih ke software akuntansi baru karena sudah merasa cukup dengan software akuntansi berbasis DOS. Software ini masih dianggap cukup kapatibel untuk digunakan.

Kelebihan dari aplikasi berbasis DOS adalah hanya membutuhkan spesifikasi komputer yang tidak begitu besar, software ini sudah bisa berjalan. Bahkan hanya dengan menggunakan komputer pentium I.

Respon software ini cenderung lebih cepat. Selain itu, juga lebih kebal dari serangan virus karena kebanyakan virus berjalan di sistem operasi Windows. Baca Spesifikasi Zahir Accounting

Sedangkan, software akuntansi ini menggunakan DOS sehingga cukup aman dari virus. Sifatnya real time, karena data yang diinput akan segera tersimpan di dalam database.

Sehingga, apabila terjadi pemadaman listrik tiba-tiba saat di tengah kegiatan proses penginputan data, tidak perlu melakukan penginputan ulang, karena data yang sebelumnya telah dimasukkan akan secara otomatis tersimpan dalam database.

Advertisements
Load More Related Articles
Load More In Software

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *