Home Akuntan 5 Dasar Macam Jurusan Manajemen Paling Umum

5 Dasar Macam Jurusan Manajemen Paling Umum

Komentar Dinonaktifkan pada 5 Dasar Macam Jurusan Manajemen Paling Umum
5 Dasar Macam Jurusan Manajemen Paling Umum

Macam Jurusan Manajemen – Manajemen dikenal sebagai proses mencapai tujuan dengan mengatur sumberdaya yang ada. Kegiatan manajemen meliputi pengorganisasian, perencanaan, pengarahan dan pengendalian. Ilmu manajemen adalah ilmu yang umum digunakan di semua organisasi untuk mencapai tujuannya.

Saat berkuliah dan mengambil jurusan manajemen bisnis, akan ada banyak hal yang dipelajari. Khususnya hal-hal yang terkait dengan kepemimpinan, manajerial, struktur organisasi, menyusun rencana bisnis, dan lain-lain.

Jurusan yang berkaitan dengan manajemen pun bermacam-macam. Apa saja? Simak informasinya berikut ini.

Advertisements
  1. Jurusan akuntansi

Akuntansi adalah ilmu yang mempelajari tentang pembuatan laporan kinerja, posisi keuangan dan informasi arus kas sebuah bisnis. Jurusan akuntansi sangat sesuai bagi orang-orang yang suka mengulik hal-hal hingga mendetail.

Karena dalam akuntansi setiap komponen kecil akan mempengaruhi hasil laporan. Jurusan ini juga sangat sesuai bagi orang-orang yang suka berkutat dengan angka dan logika. Apakah kamu salah satunya?

Sampai saat ini, jurusan akuntansi termasuk sebagai jurusan yang paling diminati. Ini karena prospek kerja lulusan akuntansi terbuka sangat lebar. Jasa seorang akuntan pasti dibutuhkan oleh semua perusahaan, baik swasta maupun pemerintahan.

Tidak hanya bekerja pada perusahaan atau pemerintahan, lulusan akuntansi juga dapat bekerja secara independen alias membuka jasa akuntan sendiri. Jadi tidak heran kalau banyak orang yang berminat kuliah di jurusan akuntansi.

  1. Jurusan perpajakan

Jurusan ini tergolong sebagai jurusan yang prospektif dan dapat menjadi pertimbangan saat memilih jurusan kuliah. Kenapa? Karena tidak banyak orang yang tertarik mengambil jurusan ini. Sementara itu, peluang kerja lulusan jurusan perpajakan masih terbuka lebar.

Lulusan jurusan perpajakan bisa bekerja sebagai pegawai pajak di pemerintahan, perusahaan swasta, atau bahkan membuka klinik konsultasi pajak sendiri.

  1. Jurusan manajemen pemasaran

Apa itu manajemen pemasaran? Apa bedanya dengan manajemen biasa?

Pengertian manajemen pemasaran adalah usaha menerapkan strategi penjualan produk sesuai dengan target yang sudah ditentukan. Saat memasarkan suatu produk, tentu tidak boleh sembarangan. Tidak dipungkiri kalau aspek pemasaran juga memerlukan biaya untuk iklan, distribusi, dan lain-lain. Karenanya diperlukan manajemen agar pemasaran yang dilakukan bisa sesuai target dan menghabiskan sesedikit mungkin sumber daya.

Advertisements

Kelebihan jurusan manajemen pemasaran adalah peluang kerjanya yang terbuka lebar. Lulusan jurusan manajemen pemasaran banyak dicari, karena sebuah bisnis tidak mungkin tidak membutuhkan tenaga di bidang pemasaran.

  1. Jurusan Administrasi Perkantoran (Kesekretariatan)

Jurusan administrasi perkantoran cocok bagi orang-orang yang suka bekerja dengan orang lain dan menangani hal-hal detail. Kalau sudah kuliah di jurusan administrasi perkantoran ini, kemungkinan akan banyak belajar soal komunikasi. Baca 11 Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja di Indonesia

Sebab profesi sekretaris dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik, karena pekerjaan mereka berhubungan dengan berbagai orang dari berbagai latar belakang bisnis. Secara otomatis kepribadian yang unggul adalah salah satu tuntutan bagi lulusan jurusan administrasi perkantoran ini.

Sama seperti jurusan manajemen yang lain, jurusan sekretaris ini memiliki prospek kerja yang terbuka lebar sebab semua perusahaan pastinya membutuhkan tenaga sekretaris untuk menangani pekerjan administrasi seperti penjadwalan perjalanan bisnis, pengaturan rapat, dan hal lain yang dapat memudahkan pimpinan perusahaan menjalankan tugasnya dengan lancar.

  1. Jurusan Bahasa Inggris Bisnis

Saat membaca judul poin ini, mungkin banyak yang merasa bingung. Bagaimana bahasa inggris bisnis terkait dengan jurusan manajemen? Lulusan Bahasa Inggris Bisnis ditujukan untuk bekerja di perusahaan yang banyak berinteraksi atau bermitra dengan orang-orang dari berbagai negara. Karenanya, selain menguasai aspek bisnis, ada tambahan penting yakni kemampuan berbahasa inggris.

Jurusan Bahasa Inggris Bisnis ini sangat cocok bagi orang-orang yang punya kegemaran dan bercita-cita menggunakan bahasa inggris, sekaligus tertarik bekerja di bidang bisnis. Kelebihan kalau sudah berkuliah di jurusan ini adalah biasanya memiliki dosen atau pengajar yang merupakan praktisi profesional di bidang bisnis atau perdagangan internasional.

Jadi dijamin, lulusan jurusan ini memiliki banyak pengalaman dan kemampuan yang tidak dipunyai lulusan jurusan bisnis biasa. Baca Ini 12 Prospek Kerja Lulusan D3 Akuntansi Terbaik

Selain itu, lulusan jurusan ini juga punya kesempatan besar untuk bekerja di perusahaan ekspor, impor atau perusahaan multinasional. Tidak menutup kemungkinan lulusan jurusan Bahasa Inggris Bisnis bisa membuka usahanya sendiri.

Advertisements
Load More In Akuntan
Comments are closed.