Home Aplikasi 5 Perbedaan MYOB dan Zahir, Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

5 Perbedaan MYOB dan Zahir, Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Komentar Dinonaktifkan pada 5 Perbedaan MYOB dan Zahir, Kenali Kelebihan dan Kekurangannya
5 Perbedaan MYOB dan Zahir, Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Di dunia software akuntansi, ada beberapa nama produk yang banyak digunakan oleh pengusaha kecil hingga manufaktur. Beberapa nama itu adalah MYOB Accounting dan Zahir Accounting.

Bagi pengusaha pemula yang hendak mengawali pengalaman akuntansi menggunakan software, menghadapi berbagai macam produk software akuntansi dapat menjadi masalah tersendiri. Karenanya, kami mencoba merangkum 5 perbedaan software akuntansi MYOB dan Zahir.

Dengan mencermati kelebihan dan kekurangan kedua software tersebut, kami harap artikel ini dapat membantu Anda memilih software akuntansi yang cocok untuk bisnis Anda.

  1. Produk Australia vs. Produk Indonesia

Kepanjangan dari “Mind Your Own Business”, MYOB adalah software akuntansi asal Australia yang dibuat oleh pengembang software MYOB Technology Pty Ltd. Berdiri sejak tahun 1991, MYOB terus mengembangkan produknya. Hingga saat ini, MYOB telah sampai pada versinya yang ke17.

Sementara itu, Zahir Accounting adalah software akuntansi buatan Indonesia yang dibuat oleh PT. Zahir Internasional. Sejak berdirinya pada 1996, Zahir kini telah memperluas pasarnya ke negara Malaysia, Singapura dan Australia.

Karena merupakan produk luar negeri, MYOB menggunakan bahasa Inggris. Sehingga, dari segi bahasa Zahir Accounting lebih unggul daripada MYOB, karena menggunakan bahasa Indonesia yang memudahkan pengguna dalam negeri.

  1. Varian Produk dan Kelengkapan Fitur

Saat ini, MYOB tersedia dalam 3 varian produk, yakni MYOB basic, MYOB Accounting dan MYOB premier. MYOB Basic diperuntukkan bagi bisnis kecil yang tidak memerlukan transaksi yang rumit namun menginginkan laporan keuangan yang lengkap.

MYOB Accounting diperuntukkan bagi perusahaan menengah, dengan 1 user dan hanya menggunakan satu jenis mata uang. Sementara itu varian terakhir, MYOB Premier, diperuntukkan bagi perusahaan yang membutuhkan multi user dan multi currency.

Dibandingkan dengan MYOB, Zahir Accounting memiliki varian software yang lebih banyak. Zahir Accounting memiliki 6 varian software yakni, Zahir Small Business, Zahir Flexy Trade, Zahir personal, Zahir Standard, Zahir Enterprise dan Zahir Enterprise Plus.

Begitu banyaknya varian Zahir Accounting diperuntukkan bagi berbagai perusahaan, dari bisnis kecil, yayasan, UKM hingga perusahaan manufaktur. Baca Aplikasi Akuntansi Komputer Selain MYOB

Berdasar banyaknya varian yang ditawarkan, Zahir Accounting memiliki kelebihan daripada MYOB. Kelebihan itu adalah kelengkapan fitur. Contohnya pada Zahir Accounting, terdapat Zahir Personal yang ditujukan bagi individu, yayasan, maupun UKM yang tidak memiliki stok barang namun ingin mengelola transaksi dan asetnya.

Sehingga, UKM dan yayasan itu tidak perlu bingung apabila ingin menggunakan software akuntansi. Hal ini tidak terwadahi oleh software akuntansi MYOB.

Namun begitu, bervariasinya edisi Zahir Accounting ini berpotensi menimbulkan kebingungan bagi pengguna awam dalam memilih varian. Belum lagi banyak perbedaan fitur pada tiap varian. Ditinjau dari simplisitas, MYOB dinilai lebih unggul dari Zahir, karena terdiri dari 3 varian saja yang kesemuanya dapat memenuhi segala jenis kebutuhan perusahaan.

Ditinjau dari fitur pengelolaan pajak, Zahir dinilai lebih unggul karena menyesuaikan fitur pengelolaan pajak yang sesuai untuk digunakan di Indonesia.

  1. Kemudahan dalam Penggunaan

Apabila ditinjau dari segi kemudahan penggunaan, MYOB dan Zahir memiliki perbedaan yang signifikan. MYOB didesain bagi pengguna yang telah memahami dan familiar dengan sistem akuntansi. Pengguna awam mungkin menemukan kesulitan dalam pengoperasian MYOB.

Sementara itu, Zahir Accounting dinilai lebih mudah dalam penggunaannya. Zahir Accounting memang didesain untuk mewadahi keperluan berbagai kalangan pebisnis, termasuk pebisnis pemula yang masih awam dengan sistem akuntansi.

  1. Harga dan Pembayaran

Bagaimanakah MYOB dan Zahir Accounting apabila ditinjau dari harganya? Dilansir dari situs resminya, http://www.myobaccounting.com , MYOB versi termurah dipatok mulai harga US$ 530 atau senilai 6 juta rupiah. Baca 12 Situs Download Software Akuntansi Gratis

Harga tersebut terbilang fantastis apabila dibandingkan dengan Zahir Accounting yang dapat diperoleh dengan harga mulai dari 2 juta saja. Berdasar harga, Zahir Accounting dinilai sebagai pilihan yang ekonomis bagi pengusaha Indonesia, terutama yang baru memulai usahanya.

Pembayaran pembelian MYOB juga mesti dilakukan lewat PayPal. Hal tersebut tentu menyulitkan sebagian orang yang belum memiliki akun PayPal. Berdasar pertimbangan tersebut, pembelian Zahir Accounting dinilai lebih mudah dan terjangkau dilakukan bagi pengusaha Indonesia.

Load More Related Articles
Load More In Aplikasi
Comments are closed.