Home Software 7 Macam Software Akuntansi Terbaik Indonesia Update 2018

7 Macam Software Akuntansi Terbaik Indonesia Update 2018

1
7 Macam Software Akuntansi Terbaik Indonesia Update

Ada begitu  banyak program komputer yang membantu berbagai pekerjaan manusia, salah satunya dalam bidang akuntansi. Berbagai macam software akuntansi, mulai dari yang sederhana hingga yang memiliki fungsi perhitungan akuntansi yang komplek tersedia untuk bisa kita gunakan untuk membantu melakukan perhitungan keuangan kita.

Apabila kamu sedang membutuhkan software akuntansi yang tepat guna membantu melakukan perhitungan keuangan, berikut adalah beberapa macam software akuntansi  yang banyak digunakan di Indonesia dan bisa kamu gunakan sebagai referensi.

  1. Mind Your Own Businnes atau MYOB

Advertisements

Merupakan software pengolah data akuntansi yang sangat populer di negara Indonesia. Tampilannya cukup sederhana, dan kemudahan pemakaiannya membuat MYOB disukai banyak pengguna. Bahkan penulis sendiri sejak duduk di bangku SMK sudah menggunakan aplikasi ini sebagai alat pengelolaan keuangan.

Dijamin kita bisa mengoperasikannya dengan mudah. Dengan MYOB kamu bisa membuat pembukuan untuk data-data keuangan pribadi atau perusahaan anda secara otomatis, akurat, lengkap, dan tentunya jauh lebih cepat jika dibanding dengan membuatnya secara manual. Apalagi jika kamu tidak begitu mengerti akuntansi.

Bagi kamu yang memiliki UKM atau perusahaan berskala menengah kebawah, kamu bisa menggunakan software ini untuk melakukan perhitungan keuangan sekaligus membuat laporan keuangan perusahaan. Sayangnya kita tidak dapat memodifikasi laporan atau field pada software ini, jadi cukup sulit jika ingin melakukan customization.

Kelemahan lain dari MYOB adalah kita tidak bisa menggunakannya untuk mengelola perusahaan dengan multi company. Tapi bagaimanapun, software ini sangat layak untuk anda pertimbangkan.

Download Disini

  1. Krishand

Jika kamu butuh software untuk membantu dalam hal pelaporan pajak, maka Krishand pilihan yang tepat. Sofware ini mengkhususkan diri pada pelaporan pajak.

Menyediakan formulir pajak yang sesuai dengan peraturan pajak terbaru di negeri kita, sehingga para pelaku usaha tidak perlu lagi repot-repot menggunakan blanko pajak. Krishand dapat menghemat waktu pengguna dengan membantu membuatkan laporan pajak yang akurat secara efektif dan efisien.

Salah satu kelebihan yang lain dari Krishand adalah kemampuannya untuk menampilkan semua berkas pajak dari yang terlama hingga terbaru yang kita simpan. Sehingga, kita dapat melakukan review dengan mudah.

Dengan fasilitas ini kita tidak perlu lagi repot-repot membongkar gudang arsip untuk dapat menemukan arsip penting yang dibutuhkan.

Selain laporan pajak, Krishand juga bisa digunakan untuk membuat laporan lain, jadi tidak perlu menggunakan dua buah software untuk membuat laporan keuangan perusahaan. Kelemahan Krishand ada pada usabilitasnya yang kurang baik.

Download Disini

  1. Accurate Accounting

 

Apbilan kita membutuhkan software akuntansi yang memiliki versi bahasa Indonesia, anda bisa menggunakan Accurate Accounting. Dengan tampilan yang mirip MYOB, Accurate cukup user friendly.

Kelebihannya Accurate, form dan laporan bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna, lalu fitur pajaknya juga didukung dengan kebijakan di Indonesia. Ditambah lagi dukungannya terhadap multi: currency, user,  departemen, gudang, dan proyek.

Jika penggunan aplikasi ini bosan dengan tampilan Accurate, tinggal mengganti skinnya sesuai selera. Ada beberapa pilihan skin yang disediakan dan bagus dilihat. Kekurangannya,  pengguna hanya bisa login sebagai supervisor, dan hanya bisa membuka database di hard drive lokal computer juga tidak bisa melakukan migrasi.

Advertisements

Download disini

  1. iTBrain Indonesia

iTBrain Indonesia adalah program akuntansi yang dibuat oleh programmer Indonesia. Sebuah kebanggan memang bila menggunakan produk dalam negeri sendiri.

Meski bukan hasil produksi dari vendor berskala internasional sepeti MYOB atau software akuntansi lainnya, untuk fitur/ fasilitas penyusunan laporan keuangan dan kemudahan, software iTBrain Indonesia tidak kalah bersaing dengan software akuntansi lainnya.

Persis software akuntansi pada umumnya, iTBrain Indonesia akan membantu setiap pelaku usaha untuk mengelola data-data keuangan dengan akurat. Data laporan yang dihasilkan iTBrain juga lengkap dan siap cetak. Tersedia versi demonya, jika anda ingin mencoba software ini sebelum membelinya.

Download Disini

  1. Easy Accounting System (EAS)

Bagi banyak akuntan professional pasti mengenal aplikasi ini. Easy Accounting System (EAS) dibangun sejak tahun 2009 dibawah naungan PT Global Informasi Fortuna Teknotama. EASY ini mempunyai 2 fungsi utama: Baca Menggunakan Accurate 5

Dapat digunakan untuk menjalankan berbagai jenis operasi bisnis dari Distribusi, Jasa, Retail, Konstruksi, Developer, Rumah sakit, Pendidikan, Export Import, Courier, serta Perusahaan manufaktur.

Dengan aplikasi ini kamu bisa mempraktikkan apa yang kamu pelajari selama ini dan tahu bagaimana rasanya menjadi akuntan professional. Kekurangan EAS yaitu tidak didukung web base, selain itu EAS juga hanya bisa dijalankan di OS Windows saja.

Download Disini

  1. Omega Accounting

Omega Accounting adalah pilihan yang baik bagi kamu memiliki bisnis berbasis retail, distribusi, jasa, makanan dan minuman, atau perhotelan. Program Omega Acc lengkap dengan sistem penjualan dan pembelian, dan tentu secara otomatis akan membuatkan laporan keuangan.

Laporan yang dihasilkan dapat diubah formatnya serta dikelompokkan sesuai kebutuhan. Dalam hal input data, Omega Acc tersedia formulir untuk beberapa transaksi seperti stok opname, penjualan, pembelian, dan transaksi yang sering digunakan lainnya.

Satu lagi kelebihan software Omega Accounting adalah dukungan terhadap penggunaan beberapa mata uang, dan warehouse.

Download Disini

  1. Microsoft Office Accounting Express (MOAE)

MOAE merupakan program promosi dari MOAP (Microsoft Office Accounting  Professional). Aplikasi ini bisa kamu mendapatkannya secara gratis. Meskipun hanya sebuah program promosi gratis jangan ragu, MOAE cukup dapat diandalkan. Baca Langkah Menggunakan Aplikasi Accurate

Tampilan antarmuka MOAE detail dan sederhana, yang membuatnya mudah digunakan. Untuk membuat laporan keuangan kamu bisa langsung menginput data transaksi seperti dari nota dan faktur tanpa perlu terlebih dahulu membuat jurnal.

Download Disini

Selain laporan keuangan, MOAE juga secara otomatis akan menampilkan laporan lain yang akan kita butuhkan untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Kekurangan MOAE hanya ada pada fitur perpajakanny. Fiturnya tidak memfasilitasi peraturan perpajakan di Indonesia. Tapi secara keseluruhan MOAE sangat direkomendasikan yang membutuhkan.

Advertisements
Load More Related Articles
Load More In Software

One Comment

  1. Andri

    1 Oktober 2018 at 16:57

    Maxon erp hadir juga di github

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *