Home Akuntan 7 Prospek Kerja Akuntansi dan Manajemen Paling Menjanjikan

7 Prospek Kerja Akuntansi dan Manajemen Paling Menjanjikan

Komentar Dinonaktifkan pada 7 Prospek Kerja Akuntansi dan Manajemen Paling Menjanjikan
7 Prospek Kerja Akuntansi dan Manajemen Paling Menjanjikan

Jurusan akuntansi dan manajemen adalah jurusan kuliah yang banyak diminati saat ini. Jurusan akuntansi dan manajemen memiliki beberapa kesamaan pada cakupan subjek yang dipelajari. Karenanya tidak heran jika prospek kerja keduanya memiliki kemiripan. Apa saja prospek kerja akuntansi dan manajemen? Simak infonya berikut.

  • Auditor (Eksternal auditor dan internal auditor)

Auditor adalah orang yang melaksanakan fungsi auditing, yakni proses pemeriksaan internal perusahaan, untuk mengetahui apakah manajemen usaha telah dilakukan dengan baik dan benar, serta apakah sudah dilaksanakan sesuai prosedur atau malah terjadi penyimpangan.

Ada 2 jenis auditor, yakni auditor eksternal yang bekerja secara independen dan internal auditor yang bekerja pada perusahaan secara terikat. Kedua jenis auditor ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Baca Lulusan SMK Akuntansi Kerja Apa

Advertisements

Eksternal auditor mungkin bekerja secara independen dan tidak tetap, namun beberapa perusahaan lebih memilih menggunakan jasa eksternal auditor karena dianggap dapat memberikan informasi dan pendapat yang lebih jujur dan tidak bias.

  • Akuntansi Pajak

Seperti namanya, bidang kerja akuntansi ini berkaitan dengan bidang perpajakan. Akuntan pajak bertugas untuk menyiapkan, melaporkan perhitungan pajak penghasilan serta melaksanakan perencanaan pajak.

Akuntan pajak akan menghitung pajak yang mesti dibayarkan perusahaan dari total Penghasilan Kena Pajak (PKP). Profesi akuntansi pajak biasanya ada pada perusahaan-perusahaan besar.

  • Perencana Keuangan

Tidak semua orang bisa mengatur keuangannya dengan baik. Perencanaan keuangan adalah hal yang dapat dipelajari, tetapi tentu tidak semua orang punya waktu untuk itu. Karenanya banyak orang menggunakan jasa perencana keuangan.  Perencana keuangan bisa menjadi profesi yang menjanjikan bagi lulusan jurusan akuntansi dan manajemen.

  • Credit Analyst

Saat mendengar kata credit yang langsung terpikir pasti adalah profesi ini berkaitan dengan perbankan. Credit analyst adalah orang yang menganalisis kemampuan pemohon kredit sebelum ditentukan tentang kelayakannya diberikan pinjaman. Credit analyst diperlukan untuk menghindari kerugian bank karena meminjamkan dana pada orang atau perusahaan yang justru tidak mampu memenuhi kewajiban kreditnya. Baca Ini 12 Prospek Kerja Lulusan D3 Akuntansi Terbaik

Advertisements
  • Staf Keuangan (Staf Finance)

Apa bedanya akuntan dengan staf keuangan? Apabila akuntan berfokus pada kegiatan pencatatan dan pengelompokan transaksi, maka staf keuangan bertugas untuk mendapatkan dan menerima uang.

  • Konsultan Manajemen

Konsultan manajemen adalah orang yang mempunyai kompetensi untuk memberi nasiha, pandangan, serta solusi terhadap suatu masalah yang dihadapi oleh perusahaan. Karir sebagai konsultan dapat menjadi pertimbangan lulusan manajemen. Pendapatannya tergolong tinggi, tapi tentu butuh kompeten yang mumpuni juga untuk dapat menjadi konsultan manajemen.

  1. Konsultan Perbankan

Selain konsultan manajemen, lulusan akuntansi dan manajemen dapat juga menjadi konsultan perbankan. Tugas konsultan perbankan adalah memberikan solusi masalah atau perencanaan tentang penggunaan uang dalam kegiatan perbankan.

  1. Pengajar atau Dosen

Profesi ini dapat dipertimbangkan oleh lulusan jurusan akuntansi dan manajemen yang menyukai berbagi ilmu. Saat menjadi dosen, lulusan akuntansi dan manajemen dapat membagi teori maupun ilmu yang didapat saat bekerja. Jika menjadi dosen, kemungkinan lulusan akuntansi dan manajemen harus menempuh pendidikan S2 terlebih dahulu.

  1. Wirausaha

Untuk menjadi wirausaha, sebenarnya tidak perlu kuliah di jurusan akuntansi dan manajemen terlebih dahulu. Bahkan, tanpa kuliah pun seseorang bisa menjadi wirausaha. Tetapi banyak kelebihan yang dimiliki oleh lulusan jurusan akuntansi dan manajemen, dibanding lulusan jurusan lain, atau bahkan orang yang tidak kuliah. Baca 5 Dasar Macam Jurusan Manajemen Paling Umum

Ini karena di jurusan akuntansi dan manajemen pastinya diajari soal pengaturan keuangan dan manajemen bisnis. Kedua hal itu tentu sangat penting dalam keberhasilan bisnis. Pengetahuan tentang pengaturan keuangan dan manajemen bisnis itulah yang sangat berharga dan dapat mendorong kesuksesan lulusan akuntansi dan manajemen dalam berwirausaha.

  • Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Bekerja sebagai PNS dapat menjadi pilihan alternatif bagi lulusan akuntansi dan manajemen. Setiap pembukaan lowongan PNS, berbagai jurusan pasti diperlukan untuk formasi pusat maupun daerah. Apalagi untuk jurusan seperti akuntansi dan manajemen, yang notabenenya kebutuhan pokok yang diperluan di banyak jenis instansi. Kelebihan menjadi PNS adalah stabil, cenderung aman, terdapat tunjangan dan pensiun, sehingga dapat diandalkan.

Advertisements
Load More In Akuntan
Comments are closed.