Home Akuntan 8 Profesi yang Menjanjikan Berkaitan Dengan Akuntansi

8 Profesi yang Menjanjikan Berkaitan Dengan Akuntansi

Komentar Dinonaktifkan pada 8 Profesi yang Menjanjikan Berkaitan Dengan Akuntansi
8 Profesi yang Menjanjikan Berkaitan Dengan Akuntansi

Profesi Akuntansi didefinisikan sebagai sistem yang menggunakan teknologi untuk mengukur aktivitas bisnis, khususnya berkaitan dengan sumberdaya. Dalam akuntansi informasi-informasi diproses dan dituangkan dalam bentuk laporan-laporan.

Laporan akuntansi ini nantinya dikomunikasikan kepada pimpinan dan dijadikan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan bisnis. Banyak orang yang berpikir jurusan akuntansi nantinya saat bekerja akan menjadi orang di balik meja yang mengurusi laporan akuntansi perusahaan.

Pada kenyataannya, ternyata banyak profesi yang berkaitan dengan akuntansi. Apa saja profesi itu?

  1. Akuntan publik (External Auditor)

Profesi akuntan tidak selalu terikat dengan sebuah perusahaan. Profesi sebagai akuntan publik dapat menjadi pilihan yang menjanjikan. Akuntan publik adalah akuntan yang bekerja menganalisa berbagai laporan keuangan klien.

Advertisements

Jasa yang ditawarkan akuntan publik adalah pemeriksa kelayakan operasi perusahaan, konsultasi kebijakan keuangan, audit laporan keuangan, dll. Jasanya ditawarkan secara terbuka pada perusahaan atau orang pribadi. Sebelum dapat menjadi akuntan publik, harus memiliki sertifikat profesi. Akuntan publik sifatnya adalah independen.

Independensi ini menjadi kelebihan akuntan publik jika dibandingkan dengan internal auditor. Independensi akuntan publik menjadikan penilaiannya lebih jujur. Sehingga beberapa perusahaan lebih memilih untuk memperkerjakan akuntan publik untuk auditing perusahannya. Baca 5 Aplikasi Akuntansi Android Bahasa Indonesia Terbaik Gratis Download

  1. Internal Auditor

Internal auditor adalah orang yang melaksanakan fungsi internal auditing. Internal auditing adalah proses pemeriksaan internal perusahaan, untuk mengetahui apakah manajemen usaha telah dilakukan dengan baik dan benar, serta apakah sudah dilaksanakan sesuai prosedur atau malah terjadi penyimpangan.

Setelah melakukan internal auditing, internal auditor kemudian memberikan penilaian dan saran atas hasil temuannya. Jika menjadi internal auditor, otomatis menjadi terikat dengan sebuah perusahaan.

  1. Akuntansi Pajak

Seperti namanya, bidang kerja akuntansi ini berkaitan dengan bidang perpajakan. Akuntan pajak bertugas untuk menyiapkan, melaporkan perhitungan pajak penghasilan serta melaksanakan perencanaan pajak.

  1. Perencana Keuangan

Tidak perlu dipungkiri bahwa tidak semua orang bisa merencanakan atau mengelola keuangannya dengan baik. Beberapa orang memiliki penghasilan yang memadai namun sayang tidak mampu merencanakan keuangan yang efektif sehingga ada potensi keuangan yang terbuang. Untuk itulah perencana keuangan dibutuhkan. Baca Pahami Apa yang Dimaksud dengan Siklus Akuntansi?

Advertisements

Sarjana akuntansi dapat mempertimbangkan profesi perencana keuangan. Cara kerja perencana keuangan adalah dengan memberi konsultasi dan bantuan perencanaan keuangan. Tentu saja, untuk dapat melaksanakan praktik perencana keuangan, harus memiliki sertifikat profesi terlebih dahulu.

  1. Credit Analyst

Saat mendengar kata kredit, yang langsung terpikir adalah perbankan. Ya, credit analyst adalah profesi yang banyak ditemui di perbankan atau lembaga pemberi kredt lainnya. Tugas credit analyst adalah menganalisis kemampuan seseorang untuk mengembalikan pinjaman dengan jumlah dan waktu yang tepat sesuai pengajuan.

Credit analyst diperlukan untuk menghindari kerugian bank karena meminjamkan dana pada orang atau perusahaan yang justru tidak mampu memenuhi kewajiban kreditnya.

  1. Akuntan Pendidik

Profesi dari setiap bidang pekerjaan memiliki kesempatan untuk menjadi pendidik, sehingga dapat menularkan ilmu yang dimiliki kepada generasi berikutnya. Hal ini berlaku kepada semua profesi, tak terkecuali pada akuntan. Seorang akuntan dapat menjadi pendidik di sekolah, maupun perguruan tinggi.

  1. Wirausaha

Setiap orang dengan latar belakang pendidikan apapun, dapat menjadi wirausaha. Seorang dengan latar pendidikan akuntansi dapat juga menjadi wirausaha. Justru, banyak kelebihan yang dimiliki akuntan, yang mana kelebihan itu akan membantunya saat menjadi wirausaha.

Kelebihan itu adalah, akuntan memahami perhitungan keuangan dan kondisi keuangan sebuah perusahaan yang sehat. Ilmu akuntansi itu tentu akan banyak membantu saat wirausaha.

Apalagi kebanyakan wirausaha di masyarakat tidak melakukan proses pencatatan atau pembuatan laporan keuangan, sehingga sering tidak menyadari kerugian yang terjadi pada usahanya. Baca Ini Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Komputer Akuntansi

  1. Bekerja di pemerintahan

Akuntansi pasti dibutuhkan baik di perusahaan maupun di pemerintahan. Setiap tahun, pemerintah biasanya membuka lowongan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) untuk jurusan akuntansi.

Itulah beberapa profesi yang berkaitan dengan akuntansi. Cukup beragam bukan? Akuntansi memang salah satu jurusan yang banyak digemari. Ini juga karena keberadaan akuntan akan terus diperlukan di dunia kerja. Sebab hal yang dikerjakannya bersifat universal, alias selalu ada pada tiap bidang usaha.

Advertisements
Load More Related Articles
Load More In Akuntan
Comments are closed.