Home Aplikasi Cara Menggunakan Zahir Accounting Untuk Pertama Kalinya

Cara Menggunakan Zahir Accounting Untuk Pertama Kalinya

Komentar Dinonaktifkan pada Cara Menggunakan Zahir Accounting Untuk Pertama Kalinya
Cara Menggunakan Zahir Accounting Untuk Pertama Kalinya

Zahir Accounting adalah software akuntansi asal Indonesia. Zahir Accounting, seperti dilansir dari situs resminya, mengaku bahwa produknya memiliki beberapa kelebihan. Salah satu kelebihan itu adalah Zahir Accounting mudah dioperasikan oleh pemula.

Sehingga orang awam yang belum mahir akuntansi dapat mempelajari menggunakan software akuntansi ini dengan mudah. Lalu, bagaimanakah tahapan penggunaan Zahir Accounting bagi pengguna awal?

Tahapan menggunakan Zahir Accounting untuk pertama kalinya meliputi:

  1. Instalasi Zahir Accounting
  2. Menyiapkan data perusahaan
  3. Membuat database Zahir Accounting yang baru
  4. Mengatur Setup Zahir Accounting

Instalasi Zahir Accounting

Sebelum menginstall Zahir Accounting, pastikan PC (Personal Computer) yang akan diinstall memiliki kriteria yang dibutuhkan. Zahira Accounting dapat diinstall pada komputer minimal komputer Pentium III 700 Mhz, kapasitas memori minimal 128 MB, kapasitas harddisk yang memadai, ruangan harddisk 100 mb untuk menyimpan file data, sistem operasi Windows 98 dan versi diatasnya, serta VGA high colour, mouse, dan driver printer yang terinstall.

Selanjutnya, siapkan installer Zahir Accounting dalam bentuk CD (Compact Disk) atau download melalui situs resminya. Buka setup Zahir Accounting, maka akan muncul kotak dialog yang mengharuskan pengguna memilih bahasa yang ingin digunakan. Pilihlah bahasa Indonesia.

Advertisements

Langkah ketiga adalah pemilihan versi Zahir Accounting. Biasanya, terdapat 8 pilihan versi Zahir Accounting, yakni enterprise, standar, personal, flexy trade, flexy money, flexy GL, small business, dan point of sales. Jika pengguna memiliki usaha kecil, maka pilihlah versi small business. Baca Sotfware Akuntansi Komputer Gratis

Video Tutorial

Selanjutnya, pengguna akan diminta mengisi user name dan organisasi, pengguna juga diminta memilih pengaturan siapa saja yang dapat membuka program Zahir Accounting. Yang terakhir, pengguna diminta memilih ingin menginstall setup typical, minimal atau custom.

Apabila pengguna ingin menginstall setup umum, maka pilihlah typical. Instalasi Zahir Accounting pun siap dilaksanakan. Proses instalasi biasanya berlangsung selama beberapa menit.

Advertisements

Menyiapkan Data Perusahaan

Data yang perlu disiapkan sebelum menggunakan Zahir Accounting adalah daftar rekening perkiraan, daftar proyek dan departemen, daftar nama pelanggan, pemasok, dll, daftar barang dan jasa, saldo neraca awal yang berisi perkiraan kas/bank, persediaan, hutang piutang, harta tetap dan modal perusahaan.

Data perusahaan standar ini nantinya harus dimasukkan ke Zahir Accounting nantinya sehingga dapat dibuat laporan keuangan yang semestinya.

Membuat Database Zahir Accounting yang Baru

            Berikut adalah langkah-langkah membuat database Zahir Accounting yang baru:

  1. Pertama-tama bukalah software Zahir Accounting. Jika Zahir Accounting telah terinstall di PC pengguna, maka klik ganda pada icon Zahir Accounting yang tersedia pada desktop.
  2. Setelah muncul tampilan menu Zahir Accounting, klik “create new data” untuk membuat database yang baru.
  3. Selanjutnya akan muncul kotak dialog berjudul “Company Information”. Pengguna dapat mengisikan nama perusahaan, alamat perusahaan, kota, negara dan kode pos dimana perusahaan berada.
  4. Tahap berikutnya adalah pengisian informasi pada kotak dialog “Accounting Period”. Pengguna dapat mengisikan bulan periode awal penggunaan Zahir, periode tahun berjalan, periode akhir akuntansi dan memilih nama serta tempat data Zahir akan disimpan.
  5. Selanjutnya pengguna perlu mengisi informasi pada kotak dialog “Department and Account”. Pengguna perlu mengisi jumlah departemen, nama departemen dan format akun.
  6. Tahap selanjutnya, akan muncul kotak dialog “Last Confirmation” yang menampilkan data-data yang telah diinput pengguna. Jika data yang ditampilkan telah benar, maka klik “Process”.
  7. Pengguna kemudian akan diminta mengisi jenis usaha yang dijalankan pada kotak dialog berjudul “Select Business Type”.
  8. Langkah terakhir adalah, pengguna memilih mata uang yang digunakan. Pembuatan database baru pun selesai.

Mengatur Setup Zahir Accounting

Pada langkah terakhir menggunakan Zahir Accounting untuk pertama kali, pengguna melakukan konfigurasi setup sehingga software Zahir Accounting dapat sesuai dengan kondisi perusahaan. Baca 5 Aplikasi Pembukuan Toko Android

Adapun konfigurasi yang dilakukan meliputi, konfigurasi bahasa, modifikasi rekening, konfigurasi akun penting, mengisi perkiraan saldo awal, konfigurasi pajak, menghitung penyusutan harta tetap dan mengatur hak akses dan password.

Setelah konfigurasi setup dilakukan, maka software Zahir Accounting pun siap digunakan untuk membantu memanajemen keuangan perusahaan!

Advertisements
Load More Related Articles
Load More In Aplikasi
Comments are closed.