Home Akuntan Ini Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Komputer Akuntansi

Ini Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Komputer Akuntansi

Komentar Dinonaktifkan pada Ini Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Komputer Akuntansi
Ini Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Komputer Akuntansi

Komputer akuntansi adalah program aplikasi berbasis komputer yang digunakan untuk mengolah transaksi akuntansi dan membuat laporan keuangan sesuai keperluan. Di jaman yang serba digital, komputer akuntansi menggeser praktik akuntansi secara manual.

Komputer akuntansi pun menjadi piranti wajib, khususnya pada perusahaan besar. Ada banyak kelebihan yang dirasakan saat menggunakan komputer akuntansi.

Keberadaan kelebihan itu juga diiringi beberapa kelemahan. Apa saja? Simak informasinya berikut ini :

Advertisements

Kelebihan Komputer Akuntansi

Berikut adalah kelebihan komputer akuntansi :

  1. Kerapian. Data akuntansi tersusun secara rapi dan sistematis sehingga mudah dibaca, mudah dipahami dan mudah diatur
  2. Keamanan. Data akuntansi lebih terjaga keamanannya karena tersimpan dalam sebuah komputer. Data akuntansi juga dapat dibackup di beberapa tempat. Komputer akuntansi dan backup data biasanya telah dilengkapi dengan password sehingga hanya orang yang tertentu yang dapat membukanya. Karena data berbasis digital, maka data tidak akan hilang ketika terjadi bencana atau kerusakan, asal sudah dilakukan backup.
  3. Membuat berbagai jenis laporan keuangan menjadi mudah karena dibuat secara otomatis. Laporan juga tersusun secara sistematis.
  4. Hemat tenaga kerja. Keberadaan komputer akuntansi menghemat anggaran perusahaan karena tidak perlu memperkerjakan karyawan keuangan yang banyak.
  5. Lebih akurat, Komputer akuntansi meminimalisir human error yang terjadi karena kelelahan. Perhitungan akuntansi yang menjadi lebih akurat.
  6. Efisiensi waktu. Keberadaan komputer akuntansi membuat pekerjaan akuntansi menjadi semakin cepat. Ini karena komputer akuntansi dapat memproses lebih banyak data dalam waktu yang relatif lebih cepat daripada jika dikerjakan secara manual. Sehingga efisiensi waktu pun akan didapatkan.
  7. Pengolahan data yang cerdas. Data akuntansi yang diolah dalam komputer akan menjadi data yang berupa informasi finansial maupun non finansial.
  8. Lebih mudah untuk dikontrol. Proses pengolahan data pada komputer akuntansi dapat dilakukan secara terdistribusi atau terpusat. Terdistribusi artinya data diolah secara terpisah (misalnya tiap komputer dapat mengolah data sendiri-sendiri tanpa terhubung ke jaringan). Sedangkan, pengolahan terpusat berarti data akuntansi diolah sendiri-sendiri namun terhubung, dengan satu database sebagai wadah untuk menampung seluruh data tentang perusahaan. Pengolahan data terpusat bisa memudahkan untuk mengontrol aspek keuangan perusahaan. Pemilihan jaringan pada komputer akuntansi ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
  9. Fitur super lengkap. Komputer akuntansi memiliki fitur super lengkap, mulai pembuatan laporan keuangan sampai pembayaran pajak. Seluruh perintah ini dapat dilakukan di satu perangkat dengan cepat.
  10. Terhubung ke smartphone. Saat ini, komputer akuntansi banyak yang memiliki softare khusus untuk smartphone. Dengan hal ini, pengusaha dapat memonitor perkembangan keuangan perusahaan dari mana saja, contohnya saat keluar kota. Sinkronisasi ini juga memudahkan pengusaha jika ada pengambilan keputusan terkait usaha yang perlu dilakukan.

Kekurangan Komputer Akuntansi

Berikut adalah beberapa kekurangan komputer akuntansi :

Advertisements

Harganya mahal. Saat bicara soal komputer akuntansi dengan para pelaku usaha, yang menjadi pertanyaan tentu adalah “berapa harganya?” Pertanyaan ini pantas saja diajukan karena pengusaha tentu berusaha menekan biaya produksi menjadi serendah mungkin. Hal ini juga yang menjadi kekurangan komputer akuntansi.

Biaya komputer akuntansi tidak murah. Semakin lengkap fiturnya, maka semakin mahal pula harganya. Dengan begitu, komputer akuntansi sebagian besar kurang cocok apabila digunakan oleh usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Meskipun begitu, jangan khawatir karena beberapa perusahaan komputer akuntansi menyediakan versi gratis untuk UMKM. Tentu fitur yang disediakan terbatas, sehingga jika usaha sudah mulai berkembang, maka harus upgrade ke versi yang berbayar. Baca 6 Aplikasi Untuk Anak Akuntansi Terbaik Gratis Download

Membutuhkan tenaga kerja yang telah familiar dengan komputer akuntansi. Ada banyak jenis komputer akuntansi yang tersedia di pasaran. Saat memilih tenaga kerja untuk mengelola akuntansi, maka harus mencari orang yang familiar dan dapat mengoperasikan komputer akuntansi tersebut.

Tergantung pada sumber listrik, komputer atau internet. Penggunaan komputer akuntansi membutuhkan sumber listrik dan perangkat komputer itu sendiri. Tanpa hal-hal ini, komputer akuntansi tidak bisa digunakan. Beberapa komputer akuntansi juga sangat bergantung dengan jaringan internet.

Advertisements
Load More In Akuntan
Comments are closed.