Home Software Kelebihan dan Kekurangan Accurate Accounting Software Wajib Tahu

Kelebihan dan Kekurangan Accurate Accounting Software Wajib Tahu

Komentar Dinonaktifkan pada Kelebihan dan Kekurangan Accurate Accounting Software Wajib Tahu
Kelebihan dan Kekurangan Accurate Accounting Software Wajib Tahu

Accurate adalah software akuntansi buatan tangan putera dan puteri Indonesia. Sejak berdirinya pada tahun 1999, Accurate hingga kini banyak melakukan inovasi pada softwarenya. Accurate juga merupakan salah satu software akuntansi yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Nah, apakah kelebihan dan kekurangan software Accurate itu? Simak daftarnya di bawah ini!

Kelebihan Accurate Accounting Software

Mudah digunakan

Accurate dirancang agar mudah digunakan oleh semua kalangan. Sehingga, pengusaha yang baru memulai bisnis dan masih awam dengan akuntansi dapat menggunakan Accurate dengan mudah dan nyaman.

Fitur yang lengkap

Accurate adalah software akuntansi yang diciptakan untuk berbagai bisnis, dari bisnis kecil yang membutuhkan fitur sederhana, sampai perusahaan manufaktur dengan berbagai cabang yang membutuhkan fitur akuntansi terlengkap.

Advertisements

Accurate menyediakan 3 edisi produk yakni Accurate Standard, Accurate Deluxe dan Accurate Enterprise. Fitur-fitur yang ada di semua edisi Accurate terbilang sangat lengkap, seperti reminder, multi company, multi user, multi currency, multi warehouses, serial/batch number & expired number, modifikasi template dan report, PPN dan PPH 23, hingga Export ke E-Faktur dan E-SPT.

Menyediakan fitur Audit Trail

Fitur audit trail berfungsi untuk mencatat mencatat semua kegiatan yang dilakukan oleh user dalam suatu tabel log. Hal-hal yang dicatat oleh fitur Audit trail ini adalah nama user, waktu aktivitas, data yang diubah atau dihapus, dll.

Pencatatan yang dilakukan audit trail terbilang detail. Dengan fitur ini, pengusaha bisa melacak penghapusan atau penggantian data.

Contohnya, apabila transaksi diubah, maka jurnal transaksi lama akan tetap disimpan dan bisa dicek sewaktu-waktu. Dengan adanya fitur ini, sistem akuntansi dengan Accurate menjadi aman dan terkendali.

Dapat digunakan pada berbagai Operating System (OS)

Accurate dapat digunakan pada OS Windows dan Linux yang memiliki wine.

Menyediakan aplikasi untuk smartphone

Lewat Accurate Mobile App, pengguna dapat memonitor keuangan perusahaan kapan pun dan dimana pun. Informasi keuangan perusahaan serasa dalam genggaman tangan. Dengan begitu pengguna dapat membuat keputusan terkait perusahaan tanpa terbatas oleh akses. Accurate Mobile App disediakan secara gratis, selain itu dapat digunakan pada iOS, Android maupun Blackberry Smartphones. Baca Aplikasi Pembukuan Toko Android Simpel

Advertisements

Menyediakan versi desktop dan online

Perbedaan Accurate Desktop dan Online adalah pada lisensi dan tempat penyimpanannya. Dengan membeli Accurate Desktop, pembeli bisa menggunakan software untuk selamanya. Sedangkan pada Accurate Online, perlu melakukan pembayaran sesuai periode yang dibeli (per bulan atau tahun).

Pada Accurate Desktop, penyimpanan dilakukan pada PC, sedangkan Accurate Online menyimpan data secara online. Kedua pilihan ini tentu mewadahi kebutuhan pengguna software akuntansi yang berbeda-beda.

Garansi 30 hari

Di dunia ini, tidak ada yang namanya software akuntansi terbaik. Yang ada hanyalah software akuntansi yang cocok untuk pengguna. Lalu, bagaimana apabila software akuntansi yang telah dibeli, dengan harga yang tidak murah, ternyata tidak cocok dengan kebutuhan pengguna? Accurate menjamin akan mengembalikan uang pembeli selama 30 hari sejak pembelian, apabila pengguna tidak cocok dengan Accurate.

Diskon pada event tertentu

Pencari software akuntansi dapat mempertimbangkan untuk membeli software Accurate pada saat ada diskon. Diskon ini contohnya Diskon Lebaran sebesar 35% pada produk Accurate Online.

Layanan customer

Accurate memberikan layanan pengguna melalui 3 cara, yakni telepon ke customer support, email ke team support dan Live Chat dengan Customer Support. Apabila ada masalah dengan software Accurate, maka pilihan terbaik adalah menggunakan layanan email, sebab layanan ini lebih diprioritaskan daripada layanan lainnya.

Sementara itu, apabila pengguna ingin Live Chat dengan Customer Support, harus mendownload aplikasi CPSSoft Support yang tersedia di Play Store dan App Store.

Kekurangan Accurate Accounting Software

Tidak dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan perusahaan

Software akuntansi yang baik salah satunya dicirikan dari terpakainya semua fitur yang ada didalamnya secara maksimal. Software akuntansi idealnya juga ‘tumbuh’, mampu menambahkan modul maupun laporan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan perusahaan pengguna.

Kondisi tersebut dapat terwujud apabila software akuntansi dapat dikustomisasi. Sayangnya, Accurate dijual secara paket, sehingga tidak melayani kustomisasi tersebut. Baca Langkah Awal Pengoperasian Accurate

Harga Accurate Desktop cukup mahal

Fitur super lengkap pada Accurate diimbangi pula dengan harganya. Dilansir dari situs resminya, http://www.accurateindonesia.com, Accurate Standard dipatok dengan harga sekitar 9 juta rupiah.

Untuk versi yang lebih tinggi, Accurate Deluxe dijual sekitar 13 juta dan Enterpise dipatok sekitar 38 juta rupiah. Dengan harga tersebut, pembeli mendapat 1 master license dengan 2 license client. Sementara biaya untuk tambah lisensi dipatok dengan harga sekitar 3 juta rupiah.

Advertisements
Load More Related Articles
Load More In Software
Comments are closed.