Home Software Ketahui Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Abipro Sebelum Membeli

Ketahui Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Abipro Sebelum Membeli

Komentar Dinonaktifkan pada Ketahui Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Abipro Sebelum Membeli
Ketahui Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Abipro Sebelum Membeli

Abipro adalah software akuntansi asal Indonesia yang berdiri sejak tahun 1985. Lebih dari 25 tahun mengembangkan software akuntansinya, Abipro kini banyak digunakan pada usaha bidang industri, perdagangan, rumah sakit, yayasan, pendidikan, konsultan dan lain-lain.

Nama Abipro kemungkinan besar telah terlintas di depan mata ketika mencari software akuntansi yang cocok untuk usaha Anda. Tentu, tidak ada software akuntansi yang terbaik.

Karenanya, kami merangkum kelebihan dan kekurangan software akuntansi Abipro, sehingga Anda dapat memutuskan apakah Abipro cocok untuk perusahaan Anda.

Kelebihan Abipro

Modul lengkap dan terintegrasi

Abipro memiliki spesifikasi modul yang sangat lengkap. Modul-modul yang disediakan oleh Abipro adalah mulai dari buku besar, persediaan barang, marketing, logistic, aktiva tetap, perpajakan, giromundur, hutang dan piutang dagang, hingga kas/bank.

Selain lengkap, modul Abipro juga telah terintegrasi. Contohnya, modul penjualan telah terintegrasi dengan kartu piutang, pembelian terintegrasi dengan kartu hutang, kartu persediaan terintegrasi dengan buku besar, retur jual juga telah terintegrasi dengan retur beli.

Modul dan report dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna

Karena dikembangkan oleh para ahli sendiri, semua software akuntansi Abipro dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Dilansir dari website resmi Abipro, www.abipro.co.id, hampir semua pelanggan Abipro telah melakukan modifikasi sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan perusahaan.

Menyediakan layanan remoting dan layanan standar seperti telepon dan email

Apabila pengguna mengalami masalah saat menggunakan Abipro, pengguna dapat menggunakan layanan konsultasi melalui email maupun telepon.

Abipro juga menyediakan layanan remoting, yakni ketika ada masalah yang tidak bisa diselesaikan dan hanya bisa diselesaikan dengan kunjungan dari teamviewer Abipro. Selain itu, Abipro juga menyediakan layanan maintenance pada tahun pertama setelah pembelian.

Produk unlimited user

Beberapa pengembang software akuntansi menjual softwarenya dengan sistem per user. Meskipun sistem penjualan ini membuat harga software murah, namun pembelian software untuk user dalam jumlah banyak akan menjadi mahal.

Kekurangan itulah yang diungguli oleh Abipro dengan sistem penjualannya. Abipro mematok harga 24 juta hingga 39 juta untuk harga boxnya, dengan catatan harga ini membuat Abipro dapat digunakan oleh user yang tidak terbatas. Baca Kelebihan dan Kekurangan Easy Accounting

Dapat melakukan sinkronisasi antar departemen

Abipro memiliki fitur sinkronisasi data melalui internat dan LAN (Local Area Network) untuk memudahkan sinkronisasi data antar departemen.

Menampilkan laporan keuangan secara interaktif melalui grafik yang bervariasi

Tidak dipungkiri, manipulasi visual dapat memudahkan pengguna dalam memahami hasil laporan keuangan, daripada saat melihat angka-angka saja.

Hal itulah yang difasilitasi oleh Abipro. Di Abipro, pengguna dapat melihat laporan keuangan dalam bentuk grafik yang bervariasi, berwarna-warni, sehingga mudah dipahami dan tidak membosankan.

Kekurangan Abipro

Tidak memiliki fitur Audit Trail

Audit trail adalah salah satu fitur dalam software akuntansi yang berguna untuk merekam semua kegiatan oleh tiap pengguna dalam suatu tabel log. secara detail. Audit trail ini mencatat waktu, data yang diakses, user, serta perubahan data secara kronologis.

Saat suatu transaksi diubah, misalnya, maka jurnal jurnal transaksi lama masih akan tersimpan. Histori ini bermanfaat bagi pengusaha untuk memantau perubahan kondisi manajemen keuangan perusahaan. Ketiadaan fitur ini di Abipro berarti pengusaha tidak dapat merekam adanya manipulasi data (diubah maupun dihapus).

Tidak ada garansi uang kembali

Garansi uang kembali adalah bentuk pelayanan dari pengembang software akuntansi bahwa perusahaan akan mengembalikan uang pembeli dalam jangka waktu tertentu apabila pembeli tidak cocok dengan software akuntansi.

Pelayanan ini tentu sangat bermanfaat bagi pembeli software akuntansi saat merasa tidak cocok dengan produk software, mengingat besarnya investasi yang harus dikeluarkan untuk membeli software akuntansi. Sayangnya, Abipro tidak memberikan pelayanan ini.

OS yang didukung hanya Windows

Bagi pengguna OS Linux atau MacOS sepertinya tidak dapat menggunakan Abipro karena software akuntansi ini hanya mendukung OS Windows. Baca Sotfware Akuntansi Komputer Gratis Download

Tidak menyediakan fitur Batch Number dan Expired Date

Fitur batch number pada software akuntansi berguna untuk mengidentifikasi barang per satu jenis kumpulan. Barang-barang yang biasanya membutuhkan fitur ini adalah obat-obatan, minuman, makanan, dll.

Sedangkan expired date adalah fitur yang mengingatkan pengguna bahwa suatu barang sudah melewati masa penggunaan atau telah kadaluarsa. Ketiadaan fitur ini pada Abipro membuat pengguna mesti melakukan pengecekan atau pengontrolan barang secara satu per satu.

Load More Related Articles
Load More In Software
Comments are closed.