Home Akuntan Kuliah Jurusan Akuntansi Susah Gak Sih? (Pengalaman)

Kuliah Jurusan Akuntansi Susah Gak Sih? (Pengalaman)

Komentar Dinonaktifkan pada Kuliah Jurusan Akuntansi Susah Gak Sih? (Pengalaman)
Kuliah Jurusan Akuntansi Susah Gak Sih? (Pengalaman)

Kuliah Jurusan Akuntansi – Saat mendengar ‘jurusan akuntansi’ yang terpikir kemungkinan ada 2. Pertama, jurusan yang di dalamnya banyak mempelajari tentang angka. Dan kedua, jurusan yang lulusannya cenderung gampang mencari kerja. Melihat poin kedua, mungkin akan membuat calon mahasiswa tergiur.

Ya, karena salah satu pertimbangan memilih jurusan adalah mudah tidaknya nanti ketika mencari kerja. Tetapi, ketika melihat poin pertama, mungkin menjadi ragu. Angka? Matematika? Hmm…sebenarnya, kuliah jurusan akuntansi itu susah gak sih?

Untuk menjawab hal tersebut, mari kita bedah seputaran jurusan akuntansi.

Di akuntansi, kamu akan banyak mempelajari soal pembuatan akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, akuntansi pajak, aspek hukum akuntansi, yang diaplikasikan di organisasi, baik profit maupun non-profit.

Advertisements

Yang membuat orang berpikir akuntansi itu sulit adalah karena di akuntansi banyak berkutat dengan angka dan matematika. Benar, bahwa saat kuliah akuntansi, kamu akan banyak berkutat dengan angka. Tetapi, apa iya mahasiswa akuntansi harus pandai matematika?

Sebenarnya, untuk menjadi akuntan, tidak perlu mahir matematika. Tentu, memiliki dasar matematika yang kuat akan sangat baik untuk kelancaran belajar akuntansi. Namun, tingkat kepandaian matematika yang dibutuhkan di akuntansi adalah seputaran  penghitungan, yakni penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Baca Lulus Kuliah Jurusan Manajemen Kerjanya Jadi Apa

Akuntansi banyak menggunakan logika matematika, tapi bukan jenis matematika yang simbolnya macam-macam lalu membuat kamu pusing tujuh keliling. Jadi, jangan khawatir untuk memilih jurusan akuntansi, meski kamu tidak terlalu gemilang dalam matematika.

Yang dibutuhkan di jurusan akuntansi adalah keuletan dan ketelitian. Jika kamu merasa kurang ulet atau teliti, justru mungkin dengan masuk jurusan akuntansi, sifat itu akhirnya bisa dilatih di diri kamu. Dan sebenarnya bukankah itu tujuan pendidikan? Untuk mengubah pengetahuan, sikap dan keterampilan seseorang?

Oya, saat kuliah di jurusan akuntansi, pastinya kalkulator akan menjadi sahabat setia kamu. Tentu jenis kalkulator yang digunakan oleh mahasiswa akuntansi bukan kalkulator biasa, tetapi kalkulator ilmiah yang bisa melakukan perhitungan seperti persen dan bunga.

Advertisements

Mata Kuliah Yang Dipelajari di Jurusan Akuntansi

            Untuk memberikan gambaran tentang jurusan akuntansi, maka baca yuk informasi tentang mata kuliah yang dipelajari di jurusan akuntansi berikut ini : Baca Lulusan SMK Akuntansi Kerja Apa

  1. Ekonomi Mikro, di mata kuliah ini, kamu akan mempelajari tentang perilaku konsumen serta perusahaan. Tidak hanya itu, kamu juga akan belajar untuk menentukan harga produk, mengetahui harga pasar, serta mengetahui kuantitas faktor input, jasa atau barang yang
  2. Ekonomi Makro, berbeda dengan ekonomi mikro, ekonomi makro mempelajari tentang mekanisme kerja perekonomian secara menyeluruh. Setelah belajar ekonomi makro, kamu diharapkan memahami peristiwa ekonomi untuk kemudian dapat memperbaiki kebijakan ekonomi.
  3. Pengantar Akuntansi, sama dengan pengantar bisnis, di mata kuliah ini, kamu akan belajar soal dasar-dasar akuntansi sebelum belajar hal-hal yang lebih rumit.
  4. Pengantar Bisnis, di mata kuliah ini, kamu yang masih awam akan belajar soal dasar-dasar bisnis.
  5. Pengantar Manajemen, di mata kuliah ini kamu akan belajar tentang dasar-dasar manajemen, alias seni mengatur sumberdaya (orang, alam, maupun modal) demi mencapai target.
  6. Matematika Ekonomi, Ilmu ini akan banyak berguna tidak hanya dalam profesi tetapi juga kehidupan sehari-hari. Ilmu ini adalah penerapan metode matematika guna menganalisis masalah di bidang ekonomi.
  7. Matematika Bisnis, yang dipelajari disini adalah matematika terapan. Tepatnya kamu akan belajar tentang masalah yang muncul dalam bisnis seperti harga, biaya, upah tenaga kerja, penghasilan dan laba, permintaan dan penawaran, produksi dan sebagainya lalu diselesaikan dengan analisis matematika demi memperoleh kesimpulan dan keputusan.
  8. Pengantar Aplikasi Komputer, di mata kuliah ini kamu akan belajar tentang fitur atau alat yang biasa ada di sebuah komputer akuntansi.
  9. Kewirausahaan, di mata kuliah ini akan dipelajari tentang proses mengidentifikasi, mengembangkan, serta mewujudkan visi ke dunia nyata.
  10. Ekonomi Koperasi , ilmu ini mempelajari organisasi bisnis yang dijalankan secara bersama berdasar prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berasaskan kekeluargaan.

Itulah informasi seputar jurusan akuntansi. Bagaimana? Apakah sudah mantap hati memilih kuliah jurusan akuntansi?

Advertisements
Load More Related Articles
Load More In Akuntan
Comments are closed.