Home Akuntan Lihat Lebih Banyak Peluang Kerja Akuntansi atau Manajemen

Lihat Lebih Banyak Peluang Kerja Akuntansi atau Manajemen

Komentar Dinonaktifkan pada Lihat Lebih Banyak Peluang Kerja Akuntansi atau Manajemen
Lihat Lebih Banyak Peluang Kerja Akuntansi atau Manajemen

Peluang Kerja Akuntansi atau Manajemen – Jurusan akuntansi dan manajemen adalah 2 jurusan yang banyak diminati oleh mahasiswa. Selain itu kedua jurusan ini sering dibandingkan. Ini karena keduanya saling bersinggungan.

Saat belajar akuntansi, pasti akan mempelajari sedikit dasar manajemen dan sebaliknya. Banyak diskusi membahas tentang lebih susah mana belajar akuntansi atau manajemen. Tapi yang paling penting mungkin adalah pertanyaan tentang peluang kerja :

Lebih banyak mana peluang kerja antara akuntansi dan manajemen? Sebab bagaimanapun setelah kuliah yang dicari pasti pekerjaan dan tidak dipungkiri bahwa beberapa jurusan memiliki peluang kerja yang lebih banyak daripada jurusan yang lainnya.

Advertisements

Peluang Kerja Jurusan Akuntansi

Baca Ini 12 Prospek Kerja Lulusan D3 Akuntansi Terbaik

  1. Akuntan Publik, merupakan akuntan yang bertugas menyiapkan dan menganalisa laporan keuangan. Dapat bekerja terikat perusahaan atau independen.
  2. Petugas Akuntansi, merupakan orang yang bertugas mencatat serta memperbarui dokumen keuangan.
  3. Manajer Akuntansi, bertugas merencanakan anggaran dan mengatur para akuntan di perusahaan.
  4. Asisten Akuntansi, bertugas membantu seorang akuntan.
  5. Staf Administrasi dan Keuangan, bertugas membantu Kepala Staf Administrasi dalam kegiatan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan sesuai visi, misi, tujuan serta rencana kerja.
  6. Certified Public Accountants (CPA), bertugas melaksanakan audit, menganalisa keuangan serta melaporkan konsekuensi pajak.
  7. Akuntan Biaya, bertugas menganalisa biaya suatu perusahaan dan memberikan saran.
  8. Account Officer, bertugas menilai, mengevaluasi, serta mengusulkan nilai pinjaman yang akan diberikan perusahaan kepada pihak luar.
  9. Akuntan Pajak, bertugas untuk menyiapkan, melaporkan perhitungan pajak penghasilan serta melaksanakan perencanaan pajak.
  10. Perencana Keuangan, orang yang bertugas membuat perencanaan pengelolaan keuangan untuk klien.
  11. Credit Analyst, bertugas untuk menentukan layak atau tidaknya seorang nasabah memperoleh fasilitas kredit dari bank.
  12. Admin Penjualan, orang yang bertugas menangani permintaan pelanggan, mengejar harga jual, mengejar target pejualan harian dan memproduksi laporan
  13. Petty Cash Staff, karyawan yang bertugas menangani pembayaran dan pencatatan pengeluaran kecil yang tak terduga
  14. Financial Controller, bertugas langsung dalam keuangan serta persiapan analisis operasional perusahaan seperti laporan keuangan.
  15. Financial Frontline, orang yang bertugas melayani konsumen atau nasabah terkait urusan keuangan.
  16. Loan Administration Staff, merupakan petugas bank yang menanangani permasalahan administrasi kredit, portofolio kredit serta hukum.

Peluang Kerja Jurusan Manajemen

Advertisements

Baca 7 Prospek Kerja Akuntansi dan Manajemen Paling Menjanjikan

  1. Konsultan Bisnis, adalah orang yang memberi arahan agar sebuah perusahaan dapat berkembang lebih baik.
  2. Konsultan Perbankan, orang yang memberikan arahan dan solusi kepada perbankan tentang kebijakan pengelolaan sumberdaya.
  3. Manajer Pemasaran, bertugas mengelola tim pemasaran dalam mengetahui kebutuhan pasar, merancang produk dan memastikan produk sampai ke tangan konsumen.
  4. Manajer SDM, bertugas mengelola sumber daya manusia agar berfungsi di tempat yang tepat.
  5. Manajer Keuangan, menangani kelancaran pemasukan serta pengeluaran perusahaan.
  6. Manajer Produksi, bertugas mengatur berjalannya produksi.
  7. Recruiter, bertugas mengurusi rekrutmen karyawan di perusahaan.
  8. Staf Keuangan, bertugas mencatat dan mengelompokkan transaksi yang dilakukan pihak keuangan.
  9. Direktur Eksekutif, merupakan jabatan tertinggi dalam perusahaan. Direktur eksekutif bertanggungjawab tentang hal-hal yang terjadi dalam perusahaan.
  10. Manajer Trainee, orang yang bertanggungjawab dalam program pelatihan yang diberikan kepada karyawan baru.

Peluang Kerja Keduanya

Kedua jurusan tersebut juga memiliki peluang yang sama dalam beberapa profesi. Profesi tersebut adalah :

  1. Pada dasarnya lulusan dari jurusan apapun memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pendidik, entah itu guru atau dosen.
  2. Wiraswasta. Lulusan jurusan akuntan dan manajemen memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi wiraswasta. Sebetulnya tidak perlu kuliah akuntansi dan manajemen untuk dapat menjadi wiraswasta. Namun tentu ada kelebihan tersendiri yang dimiliki oleh lulusan jurusan akuntansi atau manajemen saat menjadi wiraswasta. Apalagi mengingat bahwa ilmu akuntansi dan manajemen akan banyak dibutuhkan dalam kegiatan usaha.

Baca 17 Bidang Akuntansi Lengkap Dengan Profesi Akuntansi

Dari daftar di atas, bisa dilihat perbandingan peluang kerja akuntansi dan manajemen. Peluang kerja suatu jurusan bisa jadi memang lebih prospektif dibandingkan jurusan yang lain. Tetapi pada akhirnya, semua kembali ke kemampuan masing-masing individu dalam menangkap peluang tersebut.

Advertisements
Load More In Akuntan
Comments are closed.