Home Akuntan Lulus Kuliah Jurusan Manajemen Kerjanya Jadi Apa

Lulus Kuliah Jurusan Manajemen Kerjanya Jadi Apa

Komentar Dinonaktifkan pada Lulus Kuliah Jurusan Manajemen Kerjanya Jadi Apa
Lulus Kuliah Jurusan Manajemen Kerjanya Jadi Apa

Saat memilih jurusan kuliah, tentu yang dipikir adalah profesi dan peluang kerjanya. Jurusan manajemen adalah salah satu jurusan yang banyak diminati saat ini. Sebab, ada banyak profesi yang dapat menjadi pilihan setelah lulus. Nah, apa saja sih profesi yang bisa digeluti lulusan jurusan manajemen?

  1. Personalia atau Staf HRD (Human Resource and Development)

      Keberadaan personalia sangatlah penting dalam sebuah perusahaan. Personalia bertugas untuk merekrut karyawan baru,  menempatkan karyawan di posisi yang sesuai dengan kompetensi dan pengalaman mereka, meningkatkan kinerja, mengurus gaji, pelatihan, kesehatan, serta kesejahteraan karyawan. Karyawan adalah aset penting yang dimiliki perusahaan. Singkatnya, personalia bertugas mengurus aset-aset tersebut.

  1. Akuntan

Profesi akuntan pasti ada di setiap perusahaan, apalagi perusahaan besar. Akuntan itu bagaikan tulang punggung perusahaan. Ini karena akuntan berkaitan dengan manajemen keuangan. Akuntan jugalah yang menerbitkan informasi tentang keuangan perusahaan – yang kemudian dijadikan dasar pertimbangan dalam membuat keputusan.

Profesi akuntan sangatlah cocok bagi mereka yang suka mengurusi hal-hal detail, berkutat dengan angka dan logika, serta punya sifat ulet dan gigih. Jangan berpikir soal pusing berkutat dengan angka, sebab peluang kerja untuk akuntan terbuka lebar.

Advertisements
  1. Konsultan Manajemen

Konsultan manajemen adalah orang yang memiliki kompetensi untuk memberikan nasihat, pandangan, dan solusi terhadap suatu masalah yang dihadapi perusahaan. Karir sebagai konsultan manajemen dapat dipertimbangkan oleh lulusan jurusan manajemen. Enaknya bekerja sebagai konsultan adalah sifatnya independen, tetapi tentu diperlukan kompetensi yang mumpuni juga.

  1. Marketer

Bagaimana bisa jurusan manajemen bekerja di bidang yang terkait pemasaran? Ya, itu karena pemasaran juga merupakan proses mencapai target dengan berusaha menggunakan sumberdaya seminimal mungkin. Sehingga dalam pemasaran pun dibutuhkan manajemen.

Lulusan manajemen yang bekerja sebagai marketer, nantinya harus bisa menganalisis tentang apa yang dibutuhkan dan dicari  konsumen, membuat produk beserta desainnya, menentukan harga, juga  menentukan cara terbaik agar produk itu bisa sampai ke tangan konsumen.

Advertisements
  1. Staf Finance (Staf Keuangan)

Staf keuangan adalah bagian dalam perusahaan yang bertugas untuk mendapatkan dan menerima uang. Staf finance ini berbeda dengan akuntan, sebab akuntan lebih fokus pada kegiatan pencatatan dan pengelompokan transaksi yang dilaksanakan oleh staf keuangan. Baca 8 Profesi yang Menjanjikan Berkaitan Dengan Akuntansi

6.Recruiter

Manajemen memang ilmu yang luas dan dapat diterapkan dimana-mana. Terbukti, tidak hanya ada manajemen bisnis atau pemasaran, ada pula cabang ilmu manajemen SDM (Sumber Daya Manusia).

Dengan luasnya ilmu manajemen ini, akhirnya bukan lulusan psikologi saja yang bisa menjadi recruiter di sebuah perusahaan. Lulusan jurusan manajemen juga memiliki peluang ini.

  1. Bagian operasional

Tadi sudah disebut tentang adanya manajemen SDM, kali ini ada yang namanya manajemen operasional. Manajemen operasional ini adalah manajemen yang berfokus pada proses produksi barang, jasa, sampai sistem.

Manajemen ini memastikan operasional perusahaan berjalan dengan efektif, efisien, serta optimal. Profesi yang berkaitan dengan manajemen operasional ini adalah bagian operasional.

  1. Konsultan Perbankan

Profesi sebagai konsultan perbankan dapat dipertimbangkan oleh mahasiswa yang saat kuliah menyukai manajemen perbankan. Konsultan perbankan memberikan layanan tentang penggunaan uang dalam kegiatan perbankan.

  1. Wirausahawan(Entrepreneur)

Jurusan apa saja bisa menjadi seorang wirausahawan. Namun ada kelebihan yang akan dimiliki jurusan manajemen dalam kegiatan kewirausahaan dibandingkan lulusan jurusan lain. Kelebihan itu adalah soal manajemen itu sendiri.

Ilmu manajemen tentu sangat diperlukan saat merintis usaha. Manajemen atau ilmu pengaturan sumberdaya demi mencapai target ini bukanlah ilmu yang mudah lho. Jadi bersyukurlah apabila memahami dan dapat menerapkan ilmu manajemen yang dipunyai.

  1. Dosen atau pengajar

Lulusan jurusan apapun bisa menjadi dosen atau pengajar ketika lulus. Dengan menjadi pengajar atau dosen, maka yang dikerjakan adalah mentransfer ilmu yang dimiliki kepada generasi muda. Profesi ini sangat cocok untuk orang-orang yang suka membagi ilmu dengan orang lain. Baca Ini 10 Pelajaran Hidup Berkat Ilmu Akuntansi

Untuk menjadi pengajar di sekolah, kemungkinan gelar S1/D4 sudah bisa digunakan untuk mengajar. Tetapi jika ingin mengajar ilmu manajemen dengan posisi dosen, kemungkinan harus menempuh pendidikan S2 terlebih dahulu.

Advertisements
Load More Related Articles
Load More In Akuntan
Comments are closed.