Home Akuntan Lulusan SMK Akuntansi Kerja Apa

Lulusan SMK Akuntansi Kerja Apa

Komentar Dinonaktifkan pada Lulusan SMK Akuntansi Kerja Apa
Lulusan SMK Akuntansi Kerja Apa

Salah satu jurusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang diminati adalah jurusan akuntansi. Ini dikarenakan lulusan jurusan akuntansi katanya lebih cepat mendapatkan pekerjaan. Apa saja pekerjaan yang memerlukan lulusan SMK jurusan akuntansi? Simak informasinya berikut ini :

Accounts Payable/Receivable Clerk (AP/AR Clerk)

Pekerjaan pertama yang bisa dipilih lulusan SMK Akuntansi adalah AP/ AR Clerk. AP/AR Clerk adalah orang yang menangani proses akuntansi khusus utang dan piutang,  terutama berkaitan dengan input data dan persiapan bukti transaksi. Baca 8 Profesi yang Menjanjikan Berkaitan Dengan Akuntansi

Kisaran Gaji untuk posisi ini memang tidak sebagus Analis Keuangan atau Akuntan, tetapi jumlahnya sudah terbilang lumayan. Gaji tahun pertama AP/AR Clerk berkisar antara Rp 3 – 5 juta per bulan.

Staff Administrasi dan Keuangan

            Staf administrasi dan keuangan adalah orang yang bertugas membantu Kepala Staf Administrasi dalam kegiatan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan sesuai visi, misi, tujuan serta rencana kerja.

Advertisements

Tugas Staf Administrasi dan Keuangan adalah sebagai berikut :

  • Membuat agenda surat masuk dan surat keluar.
  • Membuat arsip surat masuk dan surat keluar.
  • Membantu kepala staf administrasi untuk mengelola kas kecil.
  • Melakukan monitoring kebutuhan-kebutuhan rumah tangga dan ATK
  • Membuat jadwal kegiatan pimpinan, dan lain-lain.

Staff Akuntansi

Staf akuntansi adalah orang yang bertugas untuk membuat laporan keuangan pada perusahaan dan melaporkannya pada pihak berwenang di sebuah perusahaan.

Tanggung jawab Staf Akuntansi antara lain sebagai berikut :

  • Memverifikasi data keuangan atau dokumen ekonomi organisasi
  • Mencatat dokumen ekonomi secara double entry system
  • Mengelompokan sesuai dengan jenis transaksi ke dalam masing-masing buku besar dengan alat bantu Buku Besar
  • Mengklasifikasikan buku besar sesuai dengan klasifikasi akuntansi
  • Melakukan Rekonsiliasi dan penyesuaian bersama kasir
  • Menyusun laporan atau informasi keuangan bagi perusahaan

Kasir

            Bagi lulusan SMK Akuntansi, dapat mempertimbangkan pekerjaan sebagai kasir. Profesi ini adalah profesi yang banyak ditemui, baik di toko atau supermarket. Kasir adalah orang yang bertugas menerima dan membayarkan uang. Baca Ini 10 Pelajaran Hidup Berkat Ilmu Akuntansi

Advertisements

Selain itu, tugas kasir juga termasuk menghitung jumlah total penjualan tiap hari, minggu atau per bulannya, serta mengenali barang yang paling laris terjual. Kasir dalam melakukan tugasnya juga dituntut untuk bersikap ramah kepada konsumen. Dengan begitu, konsumen merasa nyaman saat berbelanja.

Staff Perpajakan

Staf Perpajakan adalah orang yang bertugas membuat dokumen pajak yang berkaitan dengan transaksi hingga membuat laporan pajak serta menyimpan laporan itu sesuai dengan jenis pajak. Staf Pajak wajib membuat dokumen pajak secara teliti dan tepat waktu.

Tugas staf perpajakan secara rinci adalah sebagai berikut :

  1. Melakukan verifikasi faktur pajak masukan dan keluaran untuk memastikan keakuratan data
  2. Membuat laporan bulanan PPN, membuat SPT Tahunan PPh Pasal 29, melakukan pengecekan laporan PPh Pasal 21 dan Pasal 23/26, membuat laporan penjualan dan pembelian secara bulanan berdasarkan laporan PPn dengan data yang diambil dari SAP yang diverifikasi dan dilengkapi terlebih dahulu
  3. Membuat SSP dan PA setiap bulan untuk melakukan pembayaran PPn via bank
  4. Membuat rekapan laporan PPn dan PPh 21, 23/26, dan semua laporan yang berhubungan dengan pajak, agar menjadi bahan informasi bagi perusahaan

Itulah pekerjaan yang dapat menerima lulusan SMK Akuntansi. Memang pekerjaan di perusahaan tidak selalu mengharuskan pendidikan S1, banyak pekerjaan yang menerima lulusan SMK. Namun demikian, untuk meningkatkan karir, disarankan kepada lulusan SMK Akuntansi agar bekerja dan pandai berhemat. Baca Lulus Kuliah Jurusan Manajemen Kerjanya Jadi Apa

Dengan begitu lulusan SMK Akuntansi dapat bekerja sambil menyisihkan uang untuk melanjutkan S1 kelas malam atau sore. Ini melihat kondisi bahwa saat ini S1 menjadi persyaratan yang umum ditemui pada lowongan-lowongan kerja.

Pekerjaan yang tertera di atas dinilai kurang cocok jika digunakan sebagai pekerjaan jangka panjang. Boleh dibilang, pekerjaan di atas cocok untuk fresh graduate SMK. Namun supaya karir tidak stagnan, maka sebaiknya melanjutkan kuliah S1 sehingga lapangan pekerjaan yang dapat dimasuki juga lebih luas.

Advertisements
Load More Related Articles
Load More In Akuntan
Comments are closed.