Home Software Mana yang Lebih Baik Software Akuntansi MYOB atau Zahir?

Mana yang Lebih Baik Software Akuntansi MYOB atau Zahir?

Komentar Dinonaktifkan pada Mana yang Lebih Baik Software Akuntansi MYOB atau Zahir?
Mana yang Lebih Baik Software Akuntansi MYOB atau Zahir?

MYOB (Mind Your Own Business) dan Zahir Accounting adalah nama-nama software akuntansi yang banyak digunakan oleh pebisnis. Saat dihadapkan oleh beberapa pilihan software akuntansi, apalagi yang telah terkenal, tentu pengguna menjadi bingung.

Ingat, sebenarnya tidak ada software akuntansi yang terbaik, yang ada hanyalah software akuntansi yang cocok dengan Anda.

Oleh karenanya, kami merangkum perbandingan dari MYOB dan Zahir untuk mempermudah pengguna dalam menentukan pilihan.

Lebih Baik Software Akuntansi MYOB atau Zahir ??

8 Program Kasir Minimarket Sederhana

Advertisements
  1. Modul

Seperti namanya, MYOB Basic adalah versi MYOB paling dasar. MYOB Basic tidak memiliki modul seperti inventory, pembelian dan laporan hutang perusahaan. Sementara itu, fitur-fitur itu telah ada di versi Zahir paling dasar, yang dinamakan Zahir Small Business.

  1. Varian

Zahir Accounting memiliki 6 varian. Sementara MYOB memiliki 3 varian saja. Varian yang disediakan Zahir adalah Zahir Small Business, Zahir Flexy Trade, Zahir personal, Zahir Standard, Zahir Enterprise dan Zahir Enterprise Plus. Varian Zahir mewadahi kebutuhan akuntansi bisnis kecil, perdagangan, bisnis jasa, keuangan personal, yayasan hingga perusahaan manufaktur.

Varian yang disediakan MYOB adalah MYOB Basic, MYOB Accounting dan MYOB Premier. MYOB Basic diperuntukkan bagi bisnis barang dan jasa skala kecil. MYOB Accounting diperuntukkan bagi perushaan menengah yang hanya menggunakan 1 mata uang. Sedangkan MYOB Premier adalah software akuntansi multi user dan multi currency untuk perusahaan besar.

  1. Fitur pajak

Fitur pajak belum dimiliki oleh MYOB, sementara Zahir sudah memilikinya. Dengan fitur pajak, pengusaha tidak lagi perlu mengkalkulasi jumlah pajak yang harus dibayarkan, fitur ini akan menghitung pajak sesuai dengan Undang-undang Perpajakan Indonesia.

  1. Fitur Data Harta Tetap

Fitur Data Harta Tetap belum terdapat pada MYOB. Sedangkan pada Zahir, fitur Data Harta Tetap ini sudah ada. Fitur Data Harta Tetap membuat pebisnis dapat menginventarisasi semua harta tetap berwujud maupun tidak berwujud serta mengelolanya.

  1. Fitur Giro Mundur

Pada Zahir, sudah ada fitur giro mundur. Sedangkan MYOB belum memilikinya. Giro Mundur adalah giro yang diterima namun belum jatuh tempo.

Advertisements
  1. Harga

Berdasar situs resminya, http://www.myobaccounting.com, MYOB dibandrol seharga mulai dari US$ 530 atau senilai 6 juta rupiah. Sedangkan, Zahir dijual mulai dari harga 2 juta rupiah saja. Baca 8 Program Kasir Minimarket Sederhana

  1. Mobile App

Mobilitas adalah hal penting bagi bisnis di dunia digital ini. Kini beberapa software akuntansi dilengkapi dengan aplikasi mobile. Zahir Accounting telah meluncurkan aplikasi mobile-nya pada 2013. MYOB juga telah memiliki aplikasi mobile. Aplikasi mobile Zahir dan MYOB dapat digunakan pada Android maupun iOS.

  1. Bahasa

MYOB adalah software akuntansi asal Australia, meskipun adapula MYOB versi Asia. Namun begitu, MYOB tetap menggunakan bahasa Inggris. Sedangkan Zahir, karena dikembangkan oleh pengembang software asal Indonesia, menggunakan bahasa Indonesia untuk pengoperasiannya.

  1. Enterprise Resource Planning (ERP)

Bagi pengguna yang membutuhkan fungsi ERP, Anda dapat menemui ERP pada Zahir Enterprise Plus. Sedangkan pada MYOB, dapat ditemukan pada MYOB ERP atau MYOB Exo.

Apakah keunggulan ERP ini?

Apabila software akuntansi telah dilengkapi dengan ERP, maka selain menjalankan fungsi akuntansi, software ini juga dapat digunakan untuk memanajemen sumber daya perusahaan.

  1. Tampilan

Zahir Accounting 6 memiliki tampilan yang berbeda dibandingkan dengan MYOB. Zahir Accounting 6 memiliki tampilan dengan warna-warna yang enak dipandang, serta desain yang minimal. Sementara itu, belum ada hal yang unik dalam tampilan dari MYOB.

  1. Grafik Analisa Bisnis

Keberadaan grafik analisa bisnis tentu memudahkan pengguna dalam membaca laporan keuangan. Zahir dan MYOB juga menyediakan fitur ini pada semua versi softwarenya.

  1. Kustomisasi

Baik Zahir dan MYOB dapat dikustomisasi softwarenya sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sehingga fitur-fitur yang siap pakai di software tersebut adalah fitur-fitur yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan. Baca Harga Program Kasir Minimarket

  1. Kemudahan Penggunaan

Kedua software ini mudah digunakan karena didesain secara intuitif. Sehingga pengguna yang masih awam dengan akuntansi pun dapat menggunakannya dengan mudah.

Jadi, sudahkah Anda menentukan mana software akuntansi yang terbaik (baca: cocok) untuk bisnis Anda?

Advertisements
Load More Related Articles
Load More In Software
Comments are closed.