Home Aplikasi Review Aplikasi Pembukuan , Cara Nyaman Membuat Laporan Keuangan

Review Aplikasi Pembukuan , Cara Nyaman Membuat Laporan Keuangan

Komentar Dinonaktifkan pada Review Aplikasi Pembukuan , Cara Nyaman Membuat Laporan Keuangan
Review Aplikasi Pembukuan , Cara Nyaman Membuat Laporan Keuangan

Aplikasi Pembukuan – Dengan berkembangnya zaman, muncullah berbagai teknologi yang mempermudah kehidupan manusia, salah satunya adalah aplikasi pembukuan. Sebelumnya, pembukuan adalah proses ribet yang membutuhkan banyak waktu, tenaga serta kesabaran.

Tidak jarang akhirnya banyak pengusaha yang memilih untuk tidak melakukan pembukuan. Padahal pembukuan bisa jadi kunci untuk meningkatkan efisiensi dan keuntungan usaha.

Sangat pas bila aplikasi pembukuan merupakan cara paling nyaman untuk membuat laporan keuangan. Bagaimana bisa? Yuk cek alasan-alasannya.

Pengusaha yang belum melakukan pembukuan atau masih melakukan pembukuan secara konvensional wajib membaca ini!

Advertisements
  1. Pembukuan konvensional lebih mahal dan lama

Pembukuan tradisional lebih mahal karena pengusaha harus memperkerjakan seorang tenaga akuntansi. Pun, jika pengusaha ingin melakukan pembukuan sendiri, maka mesti menghapal rumus, menulis rumus, dan mencatat segala hal secara manual. Tentu kegiatan ini memakan waktu yang lama dan melelahkan.

Belum lagi apabila bisnis yang dijalankan adalah bisnis besar dengan berbagai cabang. Tentu tidak efisien kalau menggunakan pembukuan konvensional.

  1. Pembukuan Konvensional Tidak Bisa Sinkronisasi

Pembukuan konvensional akan sulit sekali apabila ingin melakukan sinkronisasi data pada berbagai cabang perusahaan. Hal ini hanya mungkin dilakukan dengan aplikasi pembukuan. Baca Apa yang Dimaksud dengan Siklus Akuntansi?

  1. Pembukuan dengan Aplikasi Pembukuan Lebih Akurat

Manusia tidak lepas dari human error. Selama ini komputer dikenal dengan kelebihannya, yakni komputer tidak melakukan kesalahan manusia seperti lupa nilai harga. Dengan begitu pembukuan dengan aplikasi pembukuan di komputer terjamin lebih bebas dari human error. Pengusaha bisa meminimalisasi kesalahan yang sebenarnya tidak perlu.

  1. Pembukuan dengan Aplikasi Sulit Dimanipulasi

Pada aplikasi pembukuan, terdapat fitur yang memungkinkan pengusaha melihat jam berapa karyawan membuka aplikasi pembukuan, data apa yang dimasukkan, diedit atau dihapus. Dengan begitu pembukuan dengan aplikasi menjadi sulit untuk dimanipulasi karena setiap pergerakan bisa diawasi.

  1. Pembukuan dengan Aplikasi Tersedia di Mobile

Bayangkan jika Anda adalah seorang pengusaha yang sering berpergian. Anda harus terus terhubung dengan akses pada kondisi keuangan perusahaan. Jika pembukuan dilaksanakan secara manual, akan sulit sekali untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan secara akurat dari tempat yang jauh.

Maka, bisa dibilang keberadaan aplikasi pembukuan mobile akan membuat Anda lebih tenang saat berpergian. Sebab dengan aplikasi tersebut, Anda dapat melihat kondisi keuangan perusahaan melalui genggaman tangan.

Advertisements

Anda pun dapat membuat keputusan bisnis yang penting dari manapun dan kapanpun. Tidak ada hal penting yang terlewatkan. Baca Link Download Zahir Accounting Software Free

  1. Tidak Takut Kehilangan Data

Apabila melakukan pembukuan secara manual, akan ada kecemasan apabila file pembukuan hilang, rusak atau terbakar. Namun dengan aplikasi pembukuan, data pembukuan bisa dibackup, disimpan secara online dan diakses lagi kapan pun dibutuhkan. Sehingga pengusaha dapat mencemaskan hal-hal lain yang lebih pokok.

  1. Aplikasi Pembukuan Memiliki Fitur ERP

Fitur ERP (Enterprise Resource Planning) adalah fitur yang digunakan untuk memanajemen sumberdaya perusahaan secara otomatis. Beberapa aplikasi pembukuan menambahkan fitur ini untuk menambah nilai fungsi aplikasi pembukuannya. Hal ini tentu hal yang sulit dilakukan pada pembukuan konvensional.

  1. Laporan Keuangan Ditampilkan Dalam Grafik dan Diagram yang Interaktif

Keberadaan grafik dan diagram akan sangat membantu seseorang dalam membaca data, dibandingkan apabila hanya melihat angka. Kelebihan aplikasi pembukuan lainnya adalah dilengkapi dengan fitur penampil laporan dalam bentuk grafik dan diagram yang menarik dan interaktif.

  1. Aplikasi Pembukuan Dapat Menghitung Pajak Secara Otomatis

Di beberapa aplikasi pembukuan juga terdapat fitur pajak yang mengkalkulasikan jumlah pajak yang harus dibayarkan pengusaha kepada negara. Fitur pajak ini juga telah disesuaikan dengan Undang-undang Perpajakan yang berlaku di Indonesia.

  1. Invoice Dapat Dikirim Secara Online

Beberapa aplikasi pembukuan memungkinkan pengguna untuk mengirimkan invoice secara online. Proses pengiriman invoice pun menjadi cepat, akurat dan mudah. Baca Trik Belajar MYOB Akuntansi SMK

  1. Aplikasi Pembukuan Dapat Langsung Dihubungkan Dengan Aplikasi Point Of Sale (POS)

POS adalah aplikasi penjualan yang digunakan oleh toko hingga supermarket. Dengan terhubungnya aplikasi pembukuan dengan POS, pengusaha dapat langsung melihat dan mengakumulasi penjualan barang dari satu tempat.

Advertisements
Load More Related Articles
Load More In Aplikasi
Comments are closed.