Home Akuntan SEBAIKNYA Kuliah Jurusan Akuntansi atau Manajemen?

SEBAIKNYA Kuliah Jurusan Akuntansi atau Manajemen?

Komentar Dinonaktifkan pada SEBAIKNYA Kuliah Jurusan Akuntansi atau Manajemen?
SEBAIKNYA Kuliah Jurusan Akuntansi atau Manajemen?

Banyak orang salah kaprah menganggap kuliah jurusan akuntansi dan manajemen itu sama saja. Padahal keduanya memiliki tujuan berbeda, meski beberapa mata kuliahnya sama. Jika kamu hendak memilih jurusan kuliah dan dihadapkan pada 2 jurusan ini, mungkin merasa bingung.

Memilih jurusan akuntansi atau manajemen? Hmm simak informasi berikut supaya dapat menjadi pertimbanganmu!

  1. Tujuan ilmunya berbeda

Akuntansi adalah proses mencatat, menggolongkan, meringkas dan menyajikan  laporan keuangan yang terjadi dalam periode tertentu. Sementara manajemen adalah ilmu menggunakan sumberdaya secara efektif dan efisien demi tercapainya tujuan.

Advertisements

Saat kuliah jurusan akuntansi, mungkin akan belajar sedikit tentang manajemen. Begitu pun sebaliknya. Tetapi sebenarnya tujuan kedua ilmu ini benar-benar berbeda.

Akuntansi bertujuan untuk membuat laporan sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan keputusan selanjutnya. Sementara manajemen itu adalah metode untuk mencapai tujuan dengan menggunakan sumberdaya yang seminim mungkin. Jadi tujuan mana yang ingin kamu kuasai?

  1. Bidang yang dipelajari berbeda

Akuntansi terbagi menjadi beberapa bidang, begitu pula jurusan manajemen. Dari pembagian bidang inilah perbedaan akuntansi dan manajemen akan sangat terlihat. Sehingga akan mempermudah kamu menentukan diantara keduanya.

Simak dulu 7 Prospek Kerja Akuntansi dan Manajemen Paling Menjanjikan

Akuntansi terbagi menjadi 5 bidang, yakni :

  • Akuntansi Keuangan, bidang akuntansi ini berfokus pada analisis, investigasi, serta pembuatan laporan keuangan yang akurat dan wajar. Jadi seluruh dana arus kas harus dapat dipertanggungjawabkan sumbernya serta kewajaran penggunaannya. Pada praktik kerjanya, jika ada kecurangan, akuntan keuangan harus mengetahui dan melaporkan hal itu pada pihak berwenang di perusahaan agar kerugian tidak semakin membesar.
  • Manajemen Akuntansi, merupakan penggabungan konsentrasi bidang manajemen dan akuntansi keuangan. Dalam ilmu ini, seseorang dituntut untuk dapat menilai sesuatu dari 2 perspektif ilmu. Pada praktiknya, semisal dalam membuat rencana keuangan, kamu harus mempertimbangkan kondisi keuangan perusahaan. Bidang akuntansi ini memang lebih kompleks, tetapi arah kebijakan yang bisa dibuat dari ilmu ini dirasa bisa lebih tepat.
  • Sistem Informasi, pada bidang ini kamu akan mempelajari soal penggunaan sistem informasi akuntansi atau manajemen data akuntansi. Sistem informasi yang digunakan akuntansi saat ini sudah berbasis komputer. Jadi akan dipelajari juga bagaimana akuntansi tiap divisi itu saling terhubung satu sama lain.
  • Perpajakan, pajak pasti harus dihitung. Penghitungan pajak perusahaan jelas lebih rumit daripada penghitungan pajak pribadi. Jadi bidang akuntansi ini fokus ke perhitungan pajak penjualan, pajak pertambahan nilai, dan pajak penghasilan yang ditanggung oleh perusahaan.
  • Audit, bidang akuntansi ini berfokus pada investigas kondisi keuangan. Dari investigasi ini nanti ditentukan apakah kondisi keuangan suatu organisasi atau perusahaan itu wajar atau tidak.

Sementara itu, manajemen terbagi ke 4 bidang, yakni :

Advertisements

Baca dulu BACA Apakah Jurusan Akuntansi Harus Pintar Matematika

  • Manajemen keuangan, dari namanya sudah dapat ditebak kalau manajemen ini mempelajari tentang pengelolaan uang secara efektif dan efisien. Nah, disini akan dipelajari sedikit tentang akuntansi, karena saat memanajemen uang tentu harus memahami cashflow keuangan.
  • Manajemen pemasaran, bidang ini yang dipelajari adalah bagaimana bisa menjalin hubungan yang baik dengan konsumen. Sehingga konsentrasinya adalah seputar mengetahui peluang pasar, merancang produk yang tepat hingga mengatur bagaimana agar sebuah produk sampai ke tangan konsumen.
  • Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), pada bidang ini yang dipelajari adalah pengeloaan SDM agar bisa dialokasikan sesuai keahlian masing-masing. Profesi yang berkaitan dengan ilmu ini adalah Human Resource Development (HRD) dan recruiter.
  • Manajemen Operasional, manajemen ini berkaitan dengan pengelolaan proses operasional yang efektif dan efisien. Contohnya di sebuah pabrik, operasionalnya berarti pembelian bahan baku dimana, kapan dan berapa. Sehingga di ilmu manajemen ini otomatis harus memahami dasar sistem informasi yang ada di akuntansi. Karena informasi operasional ada di sistem informasi itu.
  1. Profesi

            Profesi lulusan akuntansi dan manajemen tentu berbeda. Lulusan akuntansi bisa menjadi akuntan, auditor atau credit analyst. Sementara lulusan manajemen bisa menjadi manajer operasional, konsultan manajemen, marketer atau HRD.

Baca Mudah Lho Lulusan Akuntansi Bisa Kerja di Bank

Melihat arah karir yang berbeda ini, tentu kamu sekarang bisa menentukan memilih jurusan akuntansi atau manajemen?

Advertisements
Load More In Akuntan
Comments are closed.