Home Software Tahapan Pertama Menggunakan Accurate 5 Bagi Pemula

Tahapan Pertama Menggunakan Accurate 5 Bagi Pemula

0
Tahapan Pertama Menggunakan Accurate 5 Bagi Pemula

Accurate 5 adalah software akuntansi buatan dalam negeri, yakni produk dari PT. Cipta Piranti Sejahtera. Accurate 5 yang diluncurkan pada 2015 ini adalah versi terbaru dari nomor-nomor seri sebelumnya.

Pada versi 5 ini, ada beberapa kelebihan yang ditawarkan dibanding versi sebelumnya, antara lain adanya fitur e-Faktur dan e-PPh23.

Tahapan pertama menggunakan Accurate 5 bagi pemula meliputi:

  1. Menyiapkan data perusahaan
  2. Menginstall Accurate 5 di PC (Personal Computer)
  3. Membuat database Accurate 5 yang baru
  4. Login database Accurate 5
  5. Setup awal database menggunakan basic setup

Menyiapkan data perusahaan

Advertisements

Data perusahaan yang perlu disiapkan pengguna sebelum memulai Accurate 5 adalah

a) saldo kas dan bank berdasar rekening koran yang terakhir, lengkap dengan jumlah masing-masing,

b) daftar hutang kepada pemasok dan piutang pelanggan,

c) daftar barang dagang, termasuk didalamnya adalah nama barang, kode barang, tanggal dan jumlah barang, harga jual barang per unit, dan stok barang terakhir, apabila ada.

Menginstall Accurate 5 di PC (Personal Computer)

Sebelum menginstall Accurate 5, pertama-tama siapkan installer Accurate 5. Installer Accurate 5 dapat didownload di https://cpssoft.com/download-accurate/accurate-5-download atau dibeli dalam bentuk CD (Compact Disk) atau disimpan dalam flashdisk.

Jangan lupa siapkan pula buku panduang Accurate 5 yang didownload di website resmi Accurate. Accurate 5 dapat digunakan pada PC (Personal Computer) yang menggunakan Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10.

Cara menginstall Accurate 5 ini cukup mudah. Pengguna cukup menyetujui End-User License Agreement (EULA), memilih tempat penyimpanan folder Accurate 5 dan menentukan apakah PC yang diinstall Accurate 5 digunakan sebagai Client, Server atau keduanya.

Setelahnya, akan berlangsung proses instalasi selama beberapa menit. Apabila Accurate 5 telah berhasil terinstall, maka akan muncul pemberitahuan. Pengguna dapat mengklik ‘Finish’. Accurate 5 pun sukses terinstall.

Membuat database Accurate 5 yang baru

Database Accurate 5 ini dapat dibuat di harddisk PC sendiri, atau diletakkan di PC orang lain (server). Hal ini tergantung juga dengan pengaturan Accurate 5 pada saat instalasi tadi, apakah 1 PC dijadikan client dan server, atau terpisah.

Langkah-langkah membuat database Accurate 5 baru adalah buka aplikasi Accurate 5 > klik “Create New Company” > pilih apakah database akan disimpan secara Local atau Remote > pilih lokasi folder penyimpan > klik “Ok”.

Advertisements

Apabila database disimpan secara Local, maka pengguna tinggal memilih tempat penyimpan database di PC yang digunakan. Jika database disimpan secara Remote, maka pengguna harus memasukkan nomor IP Adress pada kolom Server Name.

Login database Accurate 5

Pengguna dapat login ke database yang telah dibuat dengan mengetik “SUPERVISOR” pada kolom User ID dan Password. Besar kecilnya huruf tidak berpengaruh pada proses login ini.

Setup awal database menggunakan basic setup

Terdapat 2 jenis setup pada Accurate 5, yakni basic setup dan advanced setup. Bagi pengguna pemula, cukup menggunakan basic setup, karena telah memuat informasi dan perhitungan standar yang dibutuhkan untuk transaksi perusahaan.

Langkah awal penggunaan basic setup adalah memilih bahasa yang digunakan. Tahapan kedua adalah memilih jenis setup. Karena yang akan digunakan adalah basic setup, maka klik pada pilihan “basic setup”.

Selanjutnya akan muncul pesan konfirmasi penggunaan basic setup, klik “Yes”. Pengisian data pada basic setup pun dimulai.

Pengisian basic setup terdiri dari 7 langkah, yakni:

  • Currency & Company Info (Mata Uang dan Info Perusahaan)

Pada bagian ini, pengguna mengisi nama perusahaan, alamat perusahaan, dan jenis mata uang yang digunakan.

  • Cash/Bank Information (Informasi Kas dan Bank)

Pengguna dapat mengisi nama kas bank (kas kecil, kas besar, kas transfer atau deposito), tanggal saldo akun kas/bank, dan current balance atau saldo kas/bank per tanggal saldo yang telah diinput.

  • Customer Information (Informasi Pelanggan)

Pada bagian ini, pengguna menginput nama pelanggan serta opening balance atau saldo piutang pelanggan.

  • Vendor Information (Informasi pemasok)

Pengguna dapat mengisi nama pemasok dan current balance atau saldo hutang perusahaan kepada pemasok.

  • Inventory Cost Method (Penentuan Metode Harga Pokok Persediaan)

Pada bagian ini, pengguna memilih penentuan metode harga pokok persediaan yang terdiri dari 2 pilihan yakni average dan First In First Out.

  • Item Information (Informasi Persediaan Barang)

Pada bagian ini, pengguna mengisi informasi seperti kode barang, nama barang, tanggal dan kuantitas saldo barang, satuan unit barang, informasi harga beli terakhir dan informasi harga jual barang.

  • Services Information (Informasi Jasa)

Pada bagian ini, pengguna mengisi kode jasa yang dijual, nama atau deskripsi jasa, dan harga jual jasa. Setelah langkah ini selesai, klink “Finish” dan basic setup Accurate 5 pun siap digunakan untuk mencatat keuangan perusahaan.

Advertisements
Load More In Software

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *