Home Software Tips dan Langkah Menggunakan Aplikasi Accurate Pertama Kali

Tips dan Langkah Menggunakan Aplikasi Accurate Pertama Kali

0
Tips dan Langkah Menggunakan Aplikasi Accurate Pertama Kali

Accurate adalah software akuntansi produk dari PT. Citra Piranti Sejahtera. Sejak kemunculannya pada 1999, hingga saat ini Accurate telah memiliki 5 versi. Versi terakhir dari Accurate adalah Accurate 5.

Accurate memiliki motto pelayanan 3M yakni murah, massal dan bermanfaat. Accurate dapat menjadi software akuntansi pilihan, mengingat salah satu keunggulannya adalah client server technology dan penggunaannya yang mudah.

Dengan begitu banyak versi produk dan varian Accurate, tentu membuat bingung dalam menentukan versi atau varian mana yang hendak digunakan.

Sebelum menggunakan software akuntansi Accurate untuk mencatat keuangan perusahaan, ada baiknya simak dulu tips dan langkah menggunakan aplikasi Accurate pertama kali:

Pilih Varian Accurate Standard Edition untuk Permulaan

Sebelum menggunakan Accurate sebagai software akuntansi perusahaan, tentukanlah terlebih dahulu kebutuhan akuntansi perusahaan. Hal ini akan memudahkan pengguna dalam menentukan versi Accurate mana yang harus digunakan.

Accurate memiliki 3 varian pada versi 3, 4 dan 5. Varian tersebut adalah standard edition, deluxe edition dan enterprise edition. Masing-masing varian memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Cermati perbedaan antar varian Accurate berikut sehingga dapat menentukan varian yang sesuai digunakan.

Accurate varian standard edition diperuntukkan bagi pengusaha barang atau jasa skala kecil. Varian standard edition ini digunakan untuk membuat laporan keuangan standar. Varian standard edition sangat cocok digunakan oleh pengusaha pemula yang hendak menggunakan software akuntansi.

Accurate varian deluxe edition diperuntukkan untuk perusahaan dagang multi-divisi dan multi-proyek. Accurate varian deluxe edition cocok digunakan bagi perusahaan yang hendak membuat laporan keuangan per divisi. Varian deluxe edition juga memiliki fitur Modul Project, untuk menyusun proyek yang hendak dilaksanakan. Baca Aplikasi Anak Akuntansi Terbaik

Varian tertinggi software Accurate adalah enterprise edition. Accurate enterprise edition cocok digunakan oleh perusahaan manufaktur atau pabrikasi. Ada beberapa fitur yang hanya dimiliki varian enterprise edition, seperti menghitung cost of production secara otomatis, menghitung variance of production secara otomatis dan partial finish goods.

Pilih Accurate Versi Terbaru

Accurate kini tersedia dalam 5 versi yakni versi 1, versi 2, versi 3, versi 4 dan versi 5. Dari kelima versi itu, hanya versi 3, 4 dan 5 dari software Accurate yang memiliki varian standard edition, deluxe edition dan enterprise edition. Kesemua versi Accurate dapat di download di website resmi Accurate, yakni https://cpssoft.com

Ada baiknya bagi pengguna untuk menggunakan Accurate versi terbaru atau Accurate 5. Sebab versi terbaru Accurate merupakan perbaikan dari versi-versi sebelumnya. Dengan memilih Accurate 5, pengguna telah memilih produk terbaik dari Accurate yang ada di pasaran.

Accurate 5 telah memiliki fitur yang tidak dimiliki versi sebelumnya yakni fitur export ke E-Faktur dan penomoran voucher per masing-masing akun bank atau kas.

Selain itu, pembeli Accurate 5 akan mendapatkan installer dalam flashdisk, bukan dalam bentuk CD (Compact Disk) seperti pada versi sebelumnya. Sehingga Accurate 5 ini lebih dinamis dan praktis.

Setting Software Akuntansi Accurate Sesuai Kebutuhan

Setelah menentukan versi dan varian Accurate yang akan digunakan pada perusahaan, saatnya mendownload atau membeli software akuntansi Accurate. Installer Accurate bisa didownload pada website https://cpssoft.com. Setelah itu, pengguna dapat langsung menginstall Accurate pada PC (Personal Computer) yang dikehendaki.

Pada proses instalasi, pengguna dapat memilih apakah PC yang diinstal Accurate itu hendak dijadikan client, server atau client & server. Pengguna juga dapat memilih tempat penyimpanan database yang dibuat, apakah di PC itu sendiri (local) ataukah di PC lainnya (remote).

Langkah berikutnya adalah pengguna memilih setup yang sederhana (basic setup) atau untuk pengguna mahir (advanced setup). Bagi pemula, ada baiknya memulai membuat database menggunakan basic setup.Baca Menggunakan Accurate 5 Bagi Pemula

Pembuatan database basic setup terdiri dari 7 langkah, meliputi penginputan mata uang dan informasi perusahaan, informasi kas dan bank, informasi pelanggan, informasi pemasok, penentuan metode harga pokok persediaan, informasi persediaan barang, dan informasi jasa.

Dalam proses menggunakan Accurate pertama kali, buku panduan Accurate adalah teman baik pengguna. Jangan tergesa-gesa dan ikuti langkah-langkah yang diberikan dengan cermat. Dengan mengikuti buku panduan, instalasi dan pembuatan database baru akan menjadi proses yang mudah.

Load More Related Articles
Load More In Software

Tinggalkan Balasan