15 Aplikasi Keuangan Bisnis Paling Populer Gratis

Diposting pada

Aplikasi keuangan adalah perangkat lunak atau program komputer yang dirancang untuk membantu pengguna dalam mengelola keuangan pribadi atau bisnis mereka.

Aplikasi keuangan dapat membantu mengatur dan melacak pengeluaran, pendapatan, dan investasi, serta memberikan laporan keuangan yang berguna untuk mengambil keputusan finansial yang tepat.

Advertisements

Dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti pembukuan, akuntansi, pengelolaan hutang piutang, pengelolaan stok, manajemen pajak, dan lain-lain.

Beberapa aplikasi keuangan juga dapat terhubung dengan bank atau kartu kredit pengguna untuk otomatisasi pencatatan transaksi dan pembayaran.

Penggunaan aplikasi keuangan dapat membantu mempermudah pengelolaan keuangan, menghemat waktu, dan meminimalkan kesalahan manusia.

Oleh karena itu, aplikasi keuangan semakin populer dan banyak digunakan oleh perorangan, bisnis kecil, dan perusahaan besar.

Baca juga:5 Tahapan Dalam Proses Akuntansi Lengkap

Aplikasi keuangan bisnis banyak di Gunakan

Berikut adalah 15 aplikasi keuangan bisnis yang paling populer:

QuickBooks

QuickBooks adalah perangkat lunak akuntansi populer yang dirancang untuk membantu bisnis kecil dan menengah mengelola keuangan mereka.

Fitur-fitur seperti pemrosesan faktur, pelacakan pendapatan dan pengeluaran, penggajian, pelaporan keuangan, manajemen inventaris, dan integrasi dengan platform pihak ketiga seperti PayPal dan Stripe.

Salah satu kelebihan QuickBooks adalah kemudahan penggunaannya dan integrasi yang luas dengan aplikasi pihak ketiga.

QuickBooks juga menyediakan fitur-fitur tambahan seperti manajemen hutang dan piutang, pemrosesan kredit kartu, dan pelacakan waktu.

Baca juga: 7 Macam Software Akuntansi Terbaik Indonesia Update

 

Xero

Xero adalah perangkat lunak akuntansi berbasis awan yang dirancang untuk membantu bisnis kecil dan menengah mengelola keuangan mereka.

Menyediakan fitur seperti pemrosesan faktur, pelacakan pendapatan dan pengeluaran, penggajian, pelaporan keuangan, dan integrasi dengan platform pihak ketiga seperti PayPal dan Stripe.

Salah satu kelebihan Xero adalah kemampuannya untuk secara otomatis mengimpor dan memproses transaksi keuangan dari bank dan kartu kredit pengguna.

Menyediakan fitur kolaborasi tim dan pengelolaan proyek untuk membantu pengguna mengorganisir pekerjaan dan waktu mereka.

Selain itu, Xero juga memiliki berbagai fitur tambahan seperti pelacakan inventaris, manajemen hutang, dan manajemen piutang.

Baca juga: 5 Aplikasi Android Gratis Pencatat Keuangan Anda Download FREE

FreshBooks

Perangkat lunak akuntansi berbasis awan yang dirancang untuk membantu pengusaha kecil dan freelancer mengelola keuangan bisnis mereka.

FreshBooks menyediakan fitur-fitur seperti penagihan, pengelolaan waktu dan pengeluaran, pelacakan pendapatan dan pengeluaran, laporan keuangan, dan integrasi dengan platform pihak ketiga seperti PayPal dan Stripe.

Dengan FreshBooks, pengguna dapat dengan mudah membuat faktur, mengirim pesan pengingat pembayaran, dan menerima pembayaran melalui berbagai cara termasuk kartu kredit, transfer bank, dan e-wallet.

Baca juga: Lulusan Teknik Informatika kerja apa pilih 9 Pekerjaan Ini

Zoho Books

Zoho Books menyediakan fitur-fitur seperti pemrosesan faktur, pelacakan pendapatan dan pengeluaran, penggajian, pelaporan keuangan, manajemen inventaris, dan integrasi dengan platform pihak ketiga seperti PayPal dan Stripe.

Salah satu kelebihan Zoho Books adalah integrasinya yang kuat dengan produk-produk Zoho lainnya, seperti Zoho CRM dan Zoho Projects.

Juga menyediakan fitur-fitur tambahan seperti manajemen hutang dan piutang, pelacakan waktu, dan manajemen proyek.

Baca juga: 5 Aplikasi Pembukuan Toko Android Simpel Gratis Download

Wave Accounting

Wave menyediakan fitur-fitur seperti pemrosesan faktur, pelacakan pendapatan dan pengeluaran, penggajian, pelaporan keuangan, dan integrasi dengan platform pihak ketiga seperti PayPal dan Stripe.

Salah satu kelebihan Wave adalah bahwa perangkat lunak ini gratis digunakan, termasuk akses ke semua fitur dasar yang dibutuhkan oleh bisnis kecil.

Namun, ada biaya tambahan untuk fitur-fitur tambahan seperti pemrosesan kartu kredit.

Dalam Wave, pengguna dapat dengan mudah mengakses informasi keuangan mereka dari mana saja dan kapan saja, serta memantau kesehatan keuangan bisnis mereka secara real-time.

Baca juga: 4 Aplikasi Akuntansi Excel Perusahaan Jasa Siap Download Gratis

Sage Intacct

Sage Intacct menyediakan fitur-fitur seperti pemrosesan faktur, pelacakan pendapatan dan pengeluaran, manajemen hutang dan piutang, penggajian, pelaporan keuangan, dan integrasi dengan platform pihak ketiga seperti Salesforce dan Bill.com.

Salah satu kelebihan Sage Intacct adalah kemampuannya untuk memproses volume data yang besar dengan kecepatan yang tinggi, membuatnya cocok untuk bisnis yang kompleks atau memiliki volume transaksi yang besar.

Sage Intacct juga menyediakan fitur-fitur tambahan seperti manajemen proyek, manajemen persediaan, dan manajemen waktu.

Dalam Sage Intacct, pengguna dapat dengan mudah mengakses informasi keuangan mereka dari mana saja dan kapan saja, serta memantau kesehatan keuangan bisnis mereka secara real-time.

Sage Intacct juga menyediakan aplikasi seluler yang memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi keuangan mereka dari perangkat seluler

Baca juga: Ketahui Dulu Jurusan Teknik Elektro Belajar tentang Apa

KashFlow

KashFlow menyediakan fitur-fitur seperti pemrosesan faktur, pelacakan pendapatan dan pengeluaran, manajemen hutang dan piutang, penggajian, pelaporan keuangan, dan integrasi dengan platform pihak ketiga seperti PayPal dan Stripe.

Salah satu kelebihan KashFlow adalah kemudahan penggunaannya, dengan antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah dipelajari.

KashFlow juga menyediakan fitur-fitur tambahan seperti manajemen proyek, manajemen waktu, dan pelacakan inventaris.

Advertisements

Dalam KashFlow, pengguna dapat dengan mudah mengakses informasi keuangan mereka dari mana saja dan kapan saja, serta memantau kesehatan keuangan bisnis mereka secara real-time.

Baca juga: Melihat Kisaran Harga dan Spesifikasi Zahir Accounting

FreeAgent

FreeAgent menyediakan fitur-fitur seperti pemrosesan faktur, pelacakan pendapatan dan pengeluaran, manajemen hutang dan piutang, penggajian, pelaporan keuangan, dan integrasi dengan platform pihak ketiga seperti PayPal dan Stripe.

Salah satu kelebihan FreeAgent adalah kemudahan penggunaannya, dengan antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah dipelajari.

FreeAgent juga menyediakan fitur-fitur tambahan seperti manajemen proyek, manajemen waktu, dan pelacakan inventaris.

Baca juga: 4 Aplikasi Keuangan Android Sederhana Dan Gratis Full

Tally

Tally adalah salah satu perangkat lunak akuntansi paling populer di India dan digunakan oleh banyak bisnis kecil dan menengah di negara tersebut.

Menyediakan fitur-fitur seperti pemrosesan faktur, manajemen hutang dan piutang, pelacakan pendapatan dan pengeluaran, manajemen inventaris, penggajian, dan pelaporan keuangan.

Tally juga dapat diintegrasikan dengan platform pihak ketiga seperti bank dan sistem manajemen persediaan.

Baca juga: 4 Aplikasi Keuangan Android Sederhana Dan Gratis Full

Odoo

Odoo adalah platform yang terintegrasi, yang berarti bahwa pengguna dapat mengakses semua fitur dan modul yang mereka butuhkan dari satu platform.

Fitur akuntansi Odoo mencakup pemrosesan faktur, manajemen hutang dan piutang, pelacakan pendapatan dan pengeluaran, dan pelaporan keuangan.

Modul manajemen persediaan Odoo mencakup pelacakan stok, manajemen gudang, manajemen pembelian dan penjualan, dan manajemen produksi.

Manajemen proyek Odoo menyediakan fitur-fitur seperti manajemen tugas, manajemen waktu, manajemen anggaran, dan kolaborasi tim.

Baca juga: 4 Aplikasi Pembukuan Gratis Download Full Update

MYOB

Dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak asal Australia yang memiliki kantor di beberapa negara di seluruh dunia.

MYOB menyediakan fitur-fitur seperti pemrosesan faktur, manajemen hutang dan piutang, manajemen persediaan, penggajian, pelaporan keuangan, dan integrasi dengan platform pihak ketiga seperti bank dan sistem manajemen persediaan.

MYOB juga mendukung beberapa fitur pajak, termasuk GST (Goods and Services Tax) dan BAS (Business Activity Statement) untuk pengguna di Australia.

Memiliki antarmuka pengguna yang sederhana dan mudah digunakan, sehingga memudahkan bisnis kecil dan menengah untuk mengoperasikannya.

Selain itu, MYOB juga tersedia dalam berbagai pilihan paket yang disesuaikan dengan ukuran dan kebutuhan bisnis.

Baca juga: 3 Program Aplikasi Akuntansi Komputer Selain MYOB Simpel Dan Ringan

NetSuite

Fitur-fitur akuntansi NetSuite mencakup pemrosesan faktur, manajemen hutang dan piutang, pelacakan pendapatan dan pengeluaran, pelaporan keuangan, dan manajemen pajak.

Modul manajemen persediaan NetSuite mencakup manajemen stok, manajemen produksi, manajemen pembelian dan penjualan, dan manajemen gudang.

Proyek NetSuite menyediakan fitur-fitur seperti manajemen tugas, manajemen waktu, manajemen anggaran, dan kolaborasi tim.

Baca juga: Unduh Aplikasi Kasir Gratis untuk Windows 7 Versi Gratis Dan Premium

Sage 50cloud

Perangkat lunak ini dikembangkan oleh Sage Group, sebuah perusahaan teknologi yang berkantor pusat di Inggris.

Sage 50cloud menyediakan fitur-fitur seperti pemrosesan faktur, manajemen hutang dan piutang, manajemen persediaan, pelaporan keuangan, dan manajemen pajak.

Selain itu, Sage 50cloud juga menyediakan integrasi dengan platform pihak ketiga seperti Microsoft Office 365 dan Outlook.

Sage 50cloud memiliki antarmuka pengguna yang mudah digunakan dan mendukung beberapa fitur kustomisasi. Perangkat lunak ini juga menyediakan dukungan pelanggan yang baik, termasuk layanan pelanggan 24/7 dan pembaruan perangkat lunak otomatis.

Baca juga: Download 6 Aplikasi Toko Gratis Tanpa Registrasi Ringan

SAP Business One

SAP Business One menyediakan fitur-fitur seperti manajemen keuangan, manajemen persediaan, manajemen produksi, manajemen proyek, manajemen CRM, dan lain-lain, yang semuanya terintegrasi di dalam satu platform.

Perangkat lunak ini mendukung beberapa bahasa dan mata uang, sehingga cocok untuk bisnis yang beroperasi di beberapa negara.

Fitur-fitur akuntansi SAP Business One mencakup pemrosesan faktur, manajemen hutang dan piutang, pelacakan pendapatan dan pengeluaran, pelaporan keuangan, dan manajemen pajak.

Persediaan SAP Business One mencakup manajemen stok, manajemen pembelian dan penjualan, dan manajemen gudang.

Modul manajemen produksi SAP Business One menyediakan fitur-fitur seperti manajemen produksi, manajemen permintaan, dan perencanaan produksi.

Modul manajemen proyek SAP Business One menyediakan fitur-fitur seperti manajemen tugas, manajemen waktu, manajemen anggaran, dan kolaborasi tim.

Baca juga: 7 Aplikasi Mesin Kasir Toko (POS) Terbaik untuk PC Unduh Gartis Disini

Microsoft Dynamics GP

Perangkat lunak ini dikembangkan oleh Microsoft Corporation dan menyediakan fitur-fitur seperti manajemen keuangan, manajemen persediaan, manajemen proyek, manajemen CRM, dan lain-lain.

Dalam fitur-fitur akuntansi, Microsoft Dynamics GP menyediakan pemrosesan faktur, manajemen hutang dan piutang, pelacakan pendapatan dan pengeluaran, pelaporan keuangan, dan manajemen pajak.

Modul manajemen persediaan Microsoft Dynamics GP mencakup manajemen stok, manajemen pembelian dan penjualan, dan manajemen gudang.

Manajemen proyek Microsoft Dynamics GP menyediakan fitur-fitur seperti manajemen tugas, manajemen waktu, manajemen anggaran, dan kolaborasi tim.

Baca juga: 7 Aplikasi Pencatat Keuangan Ios Dapatkan Disini Gratis

Microsoft Dynamics GP juga menyediakan integrasi dengan platform Microsoft Office dan aplikasi lainnya seperti Power BI, Outlook, dan Excel. Perangkat lunak ini mudah diintegrasikan dengan sistem lain, termasuk sistem CRM Microsoft Dynamics 365.

Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, jadi pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan bisnis Anda sebelum memilih aplikasi yang tepat untuk Anda.

Advertisements
Avatar photo
Akuntansi adalah bidang yang penting dalam dunia bisnis dan keuangan, dan memiliki keterampilan akuntansi yang kuat bisa membantu Saya dalam karir di bidang seperti akuntansi, audit, manajemen keuangan, atau bahkan kewirausahaan.