20 Prospek Kerja Untuk lulusan SMA Bisa Di BUMN

Posted on

Lulusan SMA memiliki banyak pilihan karir yang bisa diambil, tergantung pada minat, bakat, dan kemampuan masing-masing individu.

Contoh pekerjaan yang bisa diambil oleh lulusan SMA antara lain:

  1. Administrasi/Kepegawaian
  2. Pemasaran
  3. Jurnalis/Media Massa
  4. Penulis/Komunikasi/Penerbitan
  5. Public Relations (PR)
  6. Sales/Marketing
  7. Customer Service
  8. Konsultan Pajak
  9. Manajemen HRD
  10. Guru/Tutor/Bimbingan Konseling
  11. Asisten Administrasi Bisnis
  12. Teknisi Komputer/Jaringan
  13. Pekerja Sosial
  14. Analis Bisnis
  15. Analis Keuangan
  16. Perbankan
  17. Staf Akademik
  18. Pekerja Restoran/Jasa Makanan
  19. Pekerja Konstruksi
  20. Pekerja Logistik

Baca juga: 26 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja

Lulusan SMA bisa bekerja di kantor ?

Banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi administrasi, customer service, dan staf administrasi bisnis yang dapat diisi oleh lulusan SMA.

Perlu diingat bahwa setiap perusahaan memiliki persyaratan yang berbeda-beda untuk calon pekerjanya, tergantung pada jenis pekerjaan dan bidang industri yang bersangkutan.

Beberapa perusahaan memerlukan kualifikasi pendidikan yang lebih tinggi untuk beberapa posisi, sedangkan yang lain mungkin lebih mempertimbangkan pengalaman dan keterampilan yang dimiliki oleh calon pelamar.

Lulusan SMA juga bisa meningkatkan keterampilan dan keahlian mereka dengan mengambil kursus atau pelatihan yang sesuai dengan minat dan keinginan.

Seperti kursus komputer, kursus bahasa Inggris, atau kursus keterampilan bisnis. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam mengejar karir di kantor dan membuka peluang pekerjaan yang lebih luas dan beragam.

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan untuk Perempuan

Lulusan SMA bisa kerja di BUMN ?

lulusan SMA bisa bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), terutama untuk posisi administrasi atau staf.

Namun, kebanyakan BUMN biasanya mengutamakan calon pekerja yang memiliki kualifikasi pendidikan yang lebih tinggi seperti Diploma atau Sarjana.

Meskipun begitu, terdapat beberapa posisi di BUMN yang dapat diisi oleh lulusan SMA dengan pengalaman kerja yang cukup.

Untuk meningkatkan peluang bekerja di BUMN, lulusan SMA dapat mengambil program pendidikan lanjutan seperti Diploma atau Sarjana, atau mengikuti program pelatihan dan sertifikasi yang disediakan oleh BUMN.

Selain itu, lulusan SMA juga dapat mencari pekerjaan di perusahaan atau organisasi lainnya terlebih dahulu untuk memperoleh pengalaman kerja yang cukup sebelum mencoba melamar ke posisi di BUMN.

Sebaiknya lulusan SMA mempelajari persyaratan dan kriteria seleksi yang diperlukan oleh perusahaan atau instansi yang diinginkan untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat dan terbaru mengenai peluang kerja di BUMN.

Baca juga: Jurusan IPS Bisa kerja Apa , Kamu Pilih Daftar 10 ini

Jurusan IPA SMA bisa jadi apa saja tanpa kuliah

Jurusan IPA di SMA memberikan pemahaman yang luas dan mendalam tentang ilmu pengetahuan alam, dan membuka peluang karir yang beragam.

Untuk beberapa karir tertentu, diperlukan pendidikan yang lebih lanjut seperti diploma atau sarjana.

Meskipun begitu, masih terdapat beberapa jenis pekerjaan yang dapat ditempuh oleh lulusan SMA IPA tanpa harus melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, di antaranya:

Baca juga: Perbedaan Jurusan Akuntansi dan Manajemen Jelas Berbeda

Petugas Laboratorium:

Lulusan SMA IPA dapat bekerja sebagai petugas laboratorium di institusi pendidikan seperti sekolah atau universitas, atau di institusi riset dan laboratorium swasta.

Tugas mereka meliputi melakukan pengujian dan analisis sampel, memelihara peralatan laboratorium, serta mencatat dan melaporkan hasil penelitian.

Teknisi:

Lulusan IPA juga dapat bekerja sebagai teknisi di berbagai sektor industri seperti farmasi, kimia, teknologi, dan lain-lain.

Tugas mereka meliputi perakitan, perawatan, perbaikan, dan instalasi mesin dan peralatan, serta pemeliharaan infrastruktur dan fasilitas.

Sales Engineer:

Pekerjaan ini melibatkan menjual produk teknis, perangkat lunak, dan layanan kepada pelanggan dan merancang solusi teknis untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Lulusan SMA IPA yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan memahami teknologi dapat melamar pekerjaan ini.

Konsultan Lingkungan:

Lulusan SMA IPA juga dapat bekerja sebagai konsultan lingkungan di berbagai sektor seperti pertanian, perkebunan, pariwisata, dan industri.

Baca juga: 15 Pekerjaan Lulusan SMA IPS Tergantung Minat Dan Bakat

Tugas mereka meliputi mengidentifikasi dan mengevaluasi dampak lingkungan dari aktivitas manusia, serta memberikan rekomendasi dan solusi untuk mengurangi dampak negatif tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa peluang kerja tergantung pada banyak faktor seperti keadaan ekonomi, permintaan pasar, dan persaingan dalam industri tertentu.

Posted in SMA