Home Pendidikan 3 Jurusan Pendidikan Guru Yang Paling Dibutuhkan Sekarang

3 Jurusan Pendidikan Guru Yang Paling Dibutuhkan Sekarang

Komentar Dinonaktifkan pada 3 Jurusan Pendidikan Guru Yang Paling Dibutuhkan Sekarang
3 Jurusan Pendidikan Guru Yang Paling Dibutuhkan Sekarang

Jurusan Pendidikan Guru – Guru merupakan profesi yang banyak digeluti. Sebab permintaan guru pasti selalu ada, apalagi dengan bertambahnya jumlah penduduk di Indonesia. Selain itu, profesi guru memiliki posisi yang mulia di masyarakat.

Sebelum menjadi guru, diharuskan menempuh pendidikan guru terlebih dahulu. Jurusan pendidikan guru pun bermacam-macam, ada jurusan bahasa inggris, olahraga hingga matematika. Tidak dipungkiri bahwa tiap jurusan pendidikan guru memiliki prospek kerjanya masing-masing.

Untuk kamu yang bercita-cita sebagai guru, sebaiknya tahu jurusan pendidikan guru yang serapan kerjanya banyak.

Advertisements

Berikut adalah 3 jurusan pendidikan guru yang paling dibutuhkan sekarang :

  1. Jurusan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)

            Jurusan PAUD merupakan jurusan yang menyiapkan mahasiswanya guna menjadi pendidik atau pembimbing anak-anak pra sekolah. Jurusan PAUD tergolong sebagai jurusan pendidikan guru yang paling dibutuhkan. Sebab pertumbuhan penduduk di Indonesia tergolong cepat, sehingga populasi anak di bawah umur pun juga meningkat.

Peran guru PAUD sangatlah penting. Sebab pendidikan pada anak usia dini akan banyak mempengaruhi pembentukan sikap serta karakter anak di masa dewasanya.

Jika kamu suka berinteraksi dengan anak-anak atau tertarik mempelajari tumbuh kembang psikologis seorang anak, maka bisa mengambil jurusan PAUD ini.

  1. Jurusan Bahasa Inggris

Jurusan Bahasa Inggris juga merupakan pendidikan guru yang sangat dibutuhkan saat ini. Apa sebabnya? Perkembangan dunia di era globalisasi saat ini mengharuskan siswa untuk mampu menguasai bahasa Inggris. Apalagi jika ingin menempuh jenjang pendidikan yang tinggi, tentu harus menguasai bahasa ini. Baca 4 Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Kantor Cepat Dan Mudah

Selain itu, jika diamati, saat ini banyak sekali bermunculan tempat-tempat les bahasa inggris. Di masa depan, ketika perkembangan globalisasi semakin kental, maka kebutuhan akan bahasa Inggris ini diprediksi akan semakin meningkat.

  1. Jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar)

Jurusan PGSD tergolong sebagai jurusan pendidikan guru yang peminatnya paling banyak. Hal ini sangat logis, sebab dilihat secara geografis saja, pasti banyak ditemukan sekolah dasar di tiap tempat. Bahkan 1 kecamatan bisa jadi memiliki lebih dari 1 sekolah dasar.

Advertisements

Belum lagi banyak daerah di Indonesia saat ini yang sebenarnya kekurangan tenaga guru SD. Tidak heran jika jurusan PGSD disebut sebagai jurusan pendidikan guru yang paling dibutuhkan saat ini.

Di jurusan PGSD, mahasiswanya akan mempelajari berbagai mata pelajaran yang ada di kurikulum siswa SD. Selain itu, mahasiswanya juga akan belajar tentang cara mengembangkan kepribadian siswa SD. Jurusan ini bisa jadi pilihan bagi kamu yang gemar mengajar anak-anak dan melihat perkembangan anak didik.

Itulah 3 jurusan pendidikan guru yang paling dibutuhkan saat ini. Selain 3 jurusan tersebut, ada beberapa jurusan pendidikan guru yang tidak kalah dibutuhkan untuk sekarang. Jurusan-jurusan tersebut antara lain : Baca Kuliah Jurusan Apa yang Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus

  1. Jurusan Teknologi Informasi

Jurusan ini sangat dibutuhkan, sebab di era digital ini, sangat lumrah untuk menyaksikan anak-anak usia dini bermain gadget. Bahkan tak jarang anak-anak tersebut lebih cerdas atau lebih tahu dalam mengoperasikan perangkat tadi dibanding orang tua atau gurunya.

Oleh sebab itu, kehadiran guru dari jurusan Teknologi Informasi sangat dibutuhkan. Kehadiran gadget yang selalu berkembang pesat ini menuntut pendidik untuk mengajarkan mengenai penggunaan teknologi secara aman dan sehat. Selain itu, kehadiran teknologi digital ini hendaknya juga memacu perkembangan media pembelajaran, agar siswa tidak bosan dengan media yang itu-itu saja.

  1. Jurusan Bahasa Mandarin

Selain bahasa Inggris, bahasa Mandarin sangat dibutuhkan saat ini. Cina merupakan negara yang perekonomiannya kian kuat. Jalur perdagangan negara Cina telah merambah ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Banyak pihak menyebut negara Cina sebagai negara adidaya kedua setelah negara Amerika Serikat. Bahkan, di masa depan diprediksikan bahasa Cina bisa memiliki posisi yang sama pentingnya seperti bahasa Inggris. Baca Berikut 3 Lulusan Yang Dicari Bank Mudah Jadi Pegawai

Setelah lulus dari jurusan ini, selain bisa menjadi guru, kamu juga bisa menempuh profesi lain, misalnya penyiar berita, penerjemah, wartawan, editor, hingga pemandu wisata. Selain itu, kamu bisa pula bekerja sebagai staff pada perusahaan Tiongkok yang kini banyak terdapat di Indonesia.

Load More In Pendidikan
Comments are closed.