Home Pendidikan 3 Jurusan Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

3 Jurusan Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Komentar Dinonaktifkan pada 3 Jurusan Yang Sulit Mendapat Pekerjaan
3 Jurusan Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Jurusan yang diambil saat kuliah berpengaruh penting saat lulus nanti. Khususnya saat mencari kerja. Karenanya saat memutuskan jurusan kuliah, banyak yang mesti dipertimbangkan. Selain minat pada jurusan itu, alangkah baik apabila mengetahui prospek kerja lulusan jurusan tersebut. Berikut adalah 3 jurusan yang konon katanya sulit mendapatkan pekerjaan :

  1. Seni Rupa

Tidak banyak perusahaan yang mencari lulusan jurusan Seni Rupa. Seni Rupa sendiri merupakan jurusan yang mempelajari tentang penciptaan seni rupa sampai pengkajian seni rupa. Di jurusan ini, kamu akan banyak belajar soal teori dibalik sebuah seni rupa, baik sejarah dan juga tinjauan psikologi dibalik sebuah seni rupa.

Selain teori, kamu akan banyak melakukan praktik studio seperti memahat atau menciptakan seni rupa lainnya. Mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini bisa dibilang merupakan surga bagi mereka yang mencintai seni. Contoh mata kuliah yang diajarkan di jurusan ini antara lain manusia dan kebudayaan, drawing, hingga fotografi.

Advertisements

Ketika di jurusan ini, karakter yang akan banyak dilatih adalah ketekunan, observan, detil, independen, senang menganalisis, senang melaksanakan riset, berwawasan luas, serta suka bekerja sendiri. Profesi yang dapat digeluti lulusan Seni Rupa antara lain desainer produk komersial dan industri, seniman kerajinan, hingga perancang perhiasan. Baca 10 Jurusan Kuliah yang Bagus untuk Wanita Cepat Dapat Kerja

Seni Rupa memang bukan jurusan yang cepat kerja, namun jika kamu memang menyukai berkreasi serta menyukai independensi dan orisinalitas, jurusan ini bisa cocok untukmu. Siapa tahu dengan fokus mengembangkan bakat di Seni Rupa kamu bisa menjadi seniman, kritikus seni atau curator seni ketika lulus.

  1. Ilmu Sejarah

Ilmu Sejarah adalah jurusan kedua yang sulit mendapat pekerjaan karena jarangnya perusahaan yang membutuhkan lulusan sejarah. Jurusan sejarah mempelajari tentang segala peristiwa yang terjadi di masa lalu hingga dampaknya di masa kini, ditinjau dari segi politik, budaya, ekonomi, agama hingga sosial.

Jika kamu menyukai belajar tentang perkembangan sebuah zaman dari waktu ke waktu, maka jurusan Ilmu Sejarah bisa menjadi surga buat kamu. Jurusan ini juga cocok bagi mereka yang menyukai cerita-cerita sejarah serta suka melakukan analisis.

Advertisements

Contoh mata kuliah yang diajarkan di jurusan ini antara lain geografi sejarah, pengantar sejarah pemikiran politik di Indonesia, hingga pengantar filsafat. Karakter yang bakal banyak dilatih ketika berkecimpung di jurusan ini antara lain ketekunan, rasionalitas, detail, observan, terstruktur, independen, berwawasan luas, senang menganalisis, senang bekerja sendiri dan suka melakukan riset. Baca 4 Jurusan Kuliah yang Bisa Sambil Kerja

Profesi yang bisa digeluti oleh lulusan ini antara lain ahli antropologi, sejarawan, juru arsip, teknisi museum, konservator, curator seni, diplomat, arkeolog, peneliti sejarah atau pengajar di bidang sejarah. Lulusan sejarah memang tidak banyak dicari oleh perusahaan, tetapi dengan ketekunan dan keseriusan saat berkuliah, ada kemungkinan kamu bisa menemukan peluang-peluang di bidang sejarah. Lagipula, nasib seseorang siapa yang tahu?

  1. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI)

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia jarang tercantum pada persyaratan pendidikan lowongan pekerjaan. Memang jarang perusahaan yang mencari lulusan PBSI ini. PBSI sendiri merupakan jurusan yang mempelajari tentang Bahasa Indonesia. Eits, ternyata yang dipelajari di PBSI tidak segampang kedengarannya.

Di jurusan ini, mata kuliah yang dipelajari contohnya adalah filsafat ilmu, linguistic umum, hingga apresiasi sastra. Karenanya, jurusan ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai seni dan sastra serta suka berpikir secara filosofis dan kritis.

Di jurusan ini, karakter yang akan banyak dilatih adalah ketelitian, detail, observan, keterampilan dalam berkomunikasi, ketekunan, kritis, berwawasan luas, kemampuan analisis hingga keterampilan internpersonal.

Bagi kamu yang menempuh pendidikan di Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, profesi yang dapat kamu geluti antara lain editor artikel atau tulisan penulis puisi, penulis lirik, penulis kreatif, penerjemah dan pengajar di bidang yang sama. Baca Jurusan Kuliah Perbankan Itu Susah Atau Tidak Ya?

Jurusan ini mungkin tergolong sulit mencari kerja, namun lulusan jurusan ini posisinya sangat penting di bidang kebudayaan Indonesia. Apalagi di saat ini sedang gencar-gencarnya terjadi globalisasi di era digital. Lulusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bisa jadi pewaris ilmu pengetahuan bahasa dan kebudayaan di tengah-tengah anak muda yang lebih suka bahasa asing.

Advertisements
Load More In Pendidikan
Comments are closed.