Home Pendidikan 4 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Bagus IPS

4 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Bagus IPS

Komentar Dinonaktifkan pada 4 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Bagus IPS
4 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Bagus IPS

Pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah selain karena minat adalah prospek kerja lulusan jurusan itu. Jurusan kuliah dibagi menjadi 3, yakni jurusan untuk lulusan SMA IPA, SMA IPS, serta ada pula jurusan yang bisa dimasuki baik lulusan IPA maupun IPS.

Berikut adalah jurusan kuliah di bidang IPS yang memiliki prospek kerja bagus :

  1. Akuntansi

Lulusan akuntansi dijamin cepat mendapatkan pekerjaan. Sebab tenaga seorang akuntan pasti dibutuhkan di semua jenis perusahaan, entah itu negeri ataupun swasta. Saat kuliah di akuntansi, maka yang dipelajari adalah tentang mengendalikan anggaran hingga menyusun laporan keuangan perusahaan.

Advertisements

Untuk masuk jurusan ini, harus menguatkan mental sebab akan banyak bertemu dengan angka di kesehariannya. Tapi jangan khawatir bagi kamu yang kurang suka berhitung, sebab kemampuan matematika yang digunakan di akuntansi adalah matematika dasar.

  1. Manajemen

Manajemen juga merupakan lulusan yang cepat memperoleh pekerjaan. Profesi lulusan manajemen antara lain manajer pemasaran, perencana bisnis hingga analis manajemen. Lulusan manajemen juga berpeluang besar jika ingin bekerja di bank.

Yang dipelajari di jurusan manajemen adalah soal pengelolaan sumberdaya perusahaan atau organisasi sehingga dapat digunakan untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

  1. Ekonomi

Ekonomi adalah salah satu program studi tertua yang ada di dunia. Di lapangan kerja, lulusan ekonomi banyak dibutuhkan di perusahaan antara lain sebagai pemeriksa keuangan, auditor maupun analis riset operasional. Saat belajar ekonomi, maka akan mempelajari soal transaksi jual beli, hingga belajar tentang kondisi ekonomi dunia secara mikro dan makro. Baca 3 Jurusan Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

  1. Ilmu Komunikasi

Lulusan Ilmu Komunikasi memiliki kesempatan untuk bekerja di berbagai jenis bidang. Yang dipelajari di Ilmu Komunikasi ini memang tergolong luas. Mulai dari komunikasi interpersonal, jurnalistik, gender, hingga komunikasi pemasaran. Tidaklah heran kalau lulusan komunikasi bisa menjadi jurnalis, content-writer, copy-writer, hingga seorang marketer.

Itulah 4 jurusan IPS dengan prospek kerja bagus. Selain 4 jurusan itu, sebenarnya ada jurusan lain yang prospek kerjanya tidak kalah bagus. Jurusan itu antara lain :

  1. Ilmu Hukum

Profesi yang dapat ditekuni lulusan Ilmu Hukum antara lain pengacara, asisten legal, hingga analis intelejen. Di jurusan ini, akan banyak dipelajari tentang teori hukum dan prakti hukum di Indonesia.

Advertisements

Lulusan hukum di Indonesia memang banyak, namun secara praktik, kondisi hukum di Indonesia masih belum sempurna. Praktiknya juga masih lemah. Keberadaan lulusan hukum yang berintegritas dan berani tentu sangat dibutuhkan.

  1. Psikologi

Lulusan psikologi juga tergolong jurusan IPS yang cepat dapat kerja. Lulusan psikologi dapat berkarir sebagai psikolog klinis, psikolog di organisasi industri hingga pewawancara guna keperluan kredit di bank.

Di jurusan psikologi akan banyak dipelajari tentang pikiran, mental serta perilaku manusia. Psikologi ternyata merupakan salah satu jurusan kuliah yang populer di Indonesia. Saat belajar psikologi, maka akan banyak dilatih untuk berempati dengan orang lain. Baca 4 Jurusan Kuliah Yang Cocok untuk Karyawan

  1. Desain Komunikasi Visual

Di era digital ini,  banyak bermunculan media-media baru yang unik dan inovatif. Jika kamu lulusan IPS dan menyukai seni, maka Desain Komunikasi Visual (DKV) bisa jadi jurusan yang cocok untuk kamu.

Di DKV ini kamu akan belajar soal penyampaian informasi melalu elemen visual. Lulusan DKV bisa berprofesi sebagai curator seni, fotografer, sutradara hingga desainer produk komersial.

  1. Administrasi Bisnis

Jika kamu menyukai pekerjaan klerikal namun tidak ingin terjebak pada urusan administrasi saja, maka bisa mengambil jurusan Administrasi Bisnis. Selain belajar soal administrasi yang baik, di jurusan ini akan dipelajari pula tentang pengurusan bisnis. Profesi yang bisa ditekuni lulusan Administrasi Bisnis antara lain perencana bisnis, sekretaris, hingga manajer kontrol kualitas sistem.

  1. Perpajakan

Lulusan perpajakan bisa berprofesi sebagai pengawas imigrasi dan bea cukai, perencana pajak, hingga konsultan pajak. Memang kesadaran masyarakat di Indonesia tentang perpajakan memang masih rendah. Namun itu bisa menjadi peluang kamu untuk meningkatkan pentingnya membayar pajak bagi masyarakat. Baca Jika Ingin Menjadi Pegawai Bank Harus Ngambil Kuliah Jurusan Apa

  1. Penyiaran (Broadcasting)

Jurusan ini bisa juga dimasuki oleh lulusan IPA. Di jurusan ini akan dipelajari tentang menciptakan serta mengemas ide sehingga dihasilkan program yang menarik. Profesi yang dapat ditekuni lulusan penyiaran antara lain program director, penyiar berita hingga wartawan.

Advertisements
Load More In Pendidikan
Comments are closed.