Home Pendidikan 4 Jurusan Kuliah yang Bisa Sambil Kerja

4 Jurusan Kuliah yang Bisa Sambil Kerja

Komentar Dinonaktifkan pada 4 Jurusan Kuliah yang Bisa Sambil Kerja
4 Jurusan Kuliah yang Bisa Sambil Kerja

Beberapa orang memilih untuk kuliah sambil bekerja. Keputusan untuk kuliah sambil kerja bukanlah keputusan yang mudah. Apalagi jika pekerjaan yang dimiliki mengharuskan untuk selalu stand by di tempat kerja setiap harinya.

Jadi harus pandai-pandai memilih kampus yang jam kuliahnya fleksibel. Selain itu, jurusan kuliah juga harus dipertimbangkan dengan matang. Kenapa? Beberapa jurusan memiliki jam kuliah yang lebih banyak daripada yang lainnya. Ambil contoh jurusan Biologi, mahasiswa Biologi akan kesulitan ngantor sambil kuliah karena jam kuliahnya terkenal padat.

Apalagi kalau sudah praktikum, bisa tidak kenal siang atau malam. Lalu, jurusan kuliah apa yang sebaiknya diambil jika kuliahnya sembari kerja?

Advertisements

Berikut adalah 4 jurusan kuliah yang bisa sambil kerja. Selain bisa sambil kerja, jurusan kuliah ini tergolong cepat memperoleh pekerjaan lho.

  1. Akuntansi

Banyak universitas yang memiliki kelas akuntansi untuk para karyawan. Dengan begitu, jadwal kuliah dan kerja bisa diatur sehingga tidak saling bertabrakan. Tidak jarang juga akuntan lulusan D3 yang bekerja sambil kuliah melanjutkan S1.

Jurusan akuntansi memang sangat populer, karena lulusannya terkenal cepat dan gampang memperoleh pekerjaan. Ini dikarenakan jasa seorang akuntan pasti dibutuhkan oleh semua jenis perusahaan. Jadilah banyak orang yang memilih akuntansi karena ingin cepat kerja. Baca 10 Jurusan Kuliah yang Bagus untuk Wanita Cepat Dapat Kerja

  1. Manajemen

            Manajemen memiliki peluang kerja yang sama bagusnya dengan akuntansi. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari tentang tata cara pengelolaan sumberdaya yang efisien dan efektif sehingga tujuan perusahaan bisa tercapai. Banyak universitas yang menyediakan jurusan manajemen.

  1. Psikologi

            Jurusan psikologi juga tergolong sebagai jurusan kuliah yang bisa ditempuh sembari bekerja. Ada banyak universitas yang menyediakan kelas dengan jadwal yang bisa diatur agar tidak bertabrakan dengan jadwal kerja. Di Psikologi, akan dipelajari tentang mental atau psikis dari manusia. Lulusan jurusan Psikologi bisa menjadi seorang terapis, psikolog, konsultan atau psikiater.

  1. Teknik

Teknik termasuk jurusan yang cepat memperoleh pekerjaan. Banyak pula karyawan yang bekerja sambil kuliah Teknik. Bidang teknik pun bermacam-macam, ada Teknik Elektro hingga Teknik Informatika. Teknik juga termasuk jurusan yang paling bagus prospeknya di masa depan.

Advertisements

Itulah 4 jurusan kuliah yang bisa sambil kerja. Pada dasarnya semua jenis jurusan kuliah relatif bisa dilakukan sembari kerja. Hanya saja, semua kembali pada jenis pekerjaan yang digeluti. Apabila pekerjaan yang dilakukan sifatnya kantoran, maka harus mencari jurusan kuliah yang jamnya tidak terlalu memforsir waktu dan tenaga. Baca Jadi Pegawai Bank dan Perkantoran Harus Lulusan Apa

Namun, jika pekerjaannya memiliki jadwal yang fleksibel, maka tidak masalah untuk mengambil jurusan kuliah apapun. Pada dasarnya, semua kembali pada kondisi masing-masing individu. Yang pasti, sebelum berkuliah sambil kerja, ada beberapa hal yang sebaiknya dipertimbangkan. Hal tersebut adalah :

  1. Jurusan Kuliah dan Kampus

Terkait dengan jurusan kuliah, pilihlah jurusan kuliah yang linear dengan profesi yang dimiliki. Dengan begitu, keterampilan yang diperoleh nanti bisa mengembangkan karir. Selain itu, perusahaan kemungkinan besar akan mendukung apabila jurusan yang dipilih linear dengan profesi.

Pertimbangan yang kedua adalah mengenai biaya kuliah. Ada baiknya untuk melakukan riset untuk menemukan universitas dengan kualitas mumpuni serta harga paling bersaing. Sebaiknya, buatlah perencanaan biaya dengan menghitung biaya kuliah secara menyeluruh. Dengan begitu bisa diketahui tentang kemampuan dalam membayar kuliah.

Yang ketiga, ialah jarak bank tempat kerja dengan kampus. Jika memungkinkan, pilihlah universitas yang letaknya dekat dari tempat kerja. Hal ini terutama bisa menghemat tenaga. Jangan sampai perjalanan dari tempat kerja ke kampus ternyata terlalu jauh sehingga kian menguras tenaga. Selain itu, aturlah jadwal kuliah agar tidak bertabrakan dengan jadwal kerja

  1. Beritahu Keluarga, Orang Terdekat serta Perusahaan Tempat Kerja

Dengan begitu, kamu bisa memperoleh support bahkan bantuan ketika ada masalah. Jika hal ini tidak dilakukan, bisa jadi malah memperoleh masalah di kemudian hari. Baca Jadi Pegawai Bank dan Perkantoran Harus Lulusan Apa

  1. Manajemen yang Baik

Yang paling penting ketika kerja sambil kuliah adalah manajemen. Baik itu manajemen waktu, emosi, tenaga, atau uang. Ketika berkuliah, otomatis jadwal yang dimiliki menjadi sangat padat. Maka harus pintar-pintar membagi waktu antara kerja, kuliah dan membahagiakan diri sendiri atau berkumpul dengan keluarga

Load More In Pendidikan
Comments are closed.