Home Pendidikan 5 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan 5 Tahun Ke Depan

5 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan 5 Tahun Ke Depan

Komentar Dinonaktifkan pada 5 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan 5 Tahun Ke Depan
5 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan 5 Tahun Ke Depan

Kondisi zaman selalu berubah. Dahulu, mula-mula ada pertanian yang mengubah peradaban manusia. Lalu zaman berubah dengan adanya industrialisasi. Kini, zaman berubah lagi dengan adanya teknologi, khususnya teknologi digital.

Dunia kerja pastinya akan mengikuti perubahan itu. Lima tahun ke depan, diprediksi beberapa pekerjaan yang semula dilakukan manusia tidak akan diperlukan lagi. Sementara, nantinya akan ada pekerjaan-pekerjaan baru yang muncul dan menjadi sangat penting.

Dengan begitu, beberapa jurusan kuliah juga akan sangat dibutuhkan dibandingkan jurusan yang lainnya.

Advertisements

Berikut adalah 5 jurusan kuliah yang paling dibutuhkan 5 tahun ke depan :

  1. Teknik Informasi

Lulusan Teknik Informasi diprediksi akan banyak dibutuhkan pada era digital ini. Dilansir dari Kompas, permintaan lapangan kerja pada profesi analis kebijakan datan dan intelejen telah tumbuh sebesar 21,4%.

Dengan berkembangnya teknologi yang kian pesat, angka itu bisa terus naik. Lulusan Teknik Informasi bisa bekerja di berbagai bidang atau perusahaan, seperti perbankan, dunia hiburan, keamanan cyber, hingga telekomunikasi. Baca 3 Jurusan Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

  1. Akuntansi, Bisnis, dan Matematika

            Akuntansi, Bisnis dan Matematika bisa disebut sebagai jurusan yang tidak ada matinya. Ketiganya termasuk sebagai jurusan kuliah yang paling tua. Diperkirakan, ketiga jurusan ini masih ‘merajai’ lapangan kerja 5 tahun ke depan.

Lulusannya masih banyak dibutuhkan oleh berbagai organisasi atau perusahaan. Selama manusia mengenal ekonomi, uang atau angka, maka ketiga jurusan ini akan selalu dibutuhkan.

  1. Ilmu Kesehatan dan Psikologi

Jurusan Ilmu Kesehatan dan Psikologi juga terus dibutuhkan di dunia kerja. Hal itu wajar saja, sebab manusia pasti tak lepas dari urusan kesehatan, baik itu kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Karenanya lulusan Ilmu Kesehatan dan Psikologi sangat dibutuhkan di masa depan.

Apalagi dengan meningkatnya jumlah populasi manusia. Profesi yang dapat ditekuni oleh lulusan Ilmu Kesehatan dan Psikologi contohnya adalah dokter, perawat, psikolog, terapis dan psikiater.

  1. Desain, Komunikasi, dan Media

            Manusia tak bisa lepas dari interaksinya dengan orang lain maupun masyarakat secara luas. Ia pasti ingin terus mengetahui hal-hal yang terjadi di luar dirinya. Manusia juga menyukai hiburan. Apalagi di zaman ini banyak sekali jenis-jenis hiburan baru, dengan hadirnya gadget dan media sosial.

Advertisements

Karena itulah jurusan Desain, Komunikasi dan Media akan sangat dibutuhkan 5 tahun ke depan. Tren saat ini menunjukkan bahwa media digital semakin tumbuh subur, sementara media yang lebih lama ada, khususnya media cetak, mulai banyak ditinggalkan. Baca Jika Ingin Menjadi Pegawai Bank Harus Ngambil Kuliah Jurusan Apa

  1. Teknik

            Ilmu teknik akan terus menjadi tulang punggung bagi peradaban manusia. Entah itu teknik elektro, mesin hingga robotika. Para insinyur sangat dibutuhkan 5 tahun ke depannya. Apalagi saat ini ada yang disebut sebagai Revolusi Industri 4.0.

Tren tersebut sudah bisa dilihat dari sekarang, tidak dipungkiri lulusan Teknik banyak dibutuhkan oleh perusahaan dan termasuk lulusan yang cepat kerja.

Itulah 5 jurusan kuliah yang paling dibutuhkan pada 5 tahun ke depan. Selain 5 jurusan itu, ada beberapa jurusan lain yang juga sangat dibutuhkan ke depannya.

  1. Hukum

            Hukum adalah bidang yang juga ikut berkembang seiring berkembangnya peradaban manusia. Perkembangan Hukum bisa dilihat saat ini, yakni adanya berbagai hukum baru terkait teknologi elektronik atau media sosial.

Hukum yang ada tentu belum sempurna dan mesti terus diperbaiki sehingga dapat berfungsi dengan baik. Lulusan Hukum sangat dibutuhkan baik sekarang maupun 5 tahun ke depan.

  1. Guru

Di zaman apapun, keberadaan guru akan selalu dibutuhkan. Bahkan guru masih terus dibutuhkan ketika era digital ini membuat seorang murid bisa mengakses ilmu pengetahuan melalui Google. Justru, disitu keberadaan guru sangat dibutuhkan. Baca 4 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Bagus IPS

Sebab, internet tidak selalu menjadi sumber pengetahuan yang terpercaya. Banyak hoax / berita atau informasi palsu yang bertebaran di Internet. Di masa depan, guru diharapkan bisa mengajarkan mengenai cara berpikir kritis pada muridnya, sehingga terbiasa melakukan riset sebelum mempercayai suatu hal. Selain itu, kemampuan analitis sangat penting diajarkan oleh guru, sehingga murid dapat memilah informasi yang penting bagi dirinya.

Load More In Pendidikan
Comments are closed.