5 Jurusan Kuliah Sepi Peminat Tapi Gaji Tinggi

Posted on

Kuliah memiliki banyak manfaat yang dapat membantu Anda dalam pengembangan pribadi dan profesional.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa kuliah bisa menjadi pilihan yang baik:

Meningkatkan Keterampilan: Kuliah memberikan kesempatan untuk memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam dunia kerja dan kehidupan sehari-hari.

Menjadi Ahli di Bidang Tertentu: Kuliah memungkinkan Anda untuk memilih jurusan yang Anda minati dan mempelajari materi secara mendalam untuk menjadi ahli di bidang tersebut.

Meningkatkan Peluang Karir: Memiliki gelar kuliah dapat membuka pintu ke peluang karir yang lebih baik, terutama di bidang-bidang yang membutuhkan sertifikasi atau lisensi khusus.

Mengembangkan Jaringan Kontak: Kuliah juga memberikan kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang baru dan mengembangkan jaringan kontak yang dapat membantu dalam karir Anda di masa depan.

Meningkatkan Penghasilan: Secara umum, lulusan kuliah cenderung menghasilkan penghasilan yang lebih tinggi daripada mereka yang hanya lulusan SMA.

Baca juga: 9 Fakultas Kedokteran Gigi yang Sepi Peminat

Jurusan kuliah sepi peminat tapi gajinya tinggi

Beberapa jurusan kuliah yang memiliki sedikit peminat namun menawarkan gaji yang tinggi setelah lulus adalah:

Teknik Geologi:

Jurusan ini mempelajari tentang struktur bumi, mineral, dan sumber daya alam yang berharga. Lulusan teknik geologi memiliki prospek karir yang baik di industri pertambangan dan minyak.

Teknik Fisika:

Jurusan ini mempelajari tentang prinsip dan aplikasi fisika untuk pengembangan teknologi baru dan penemuan ilmiah. Lulusan teknik fisika dapat bekerja di berbagai industri, seperti teknologi informasi, energi, dan manufaktur.

Statistika:

Jurusan ini mempelajari tentang analisis data dan pemodelan matematika. Lulusan statistika memiliki peluang karir yang baik di industri keuangan, riset pasar, dan teknologi.

Baca juga: Jurusan Saintek yang Sepi Peminat Peluang Kerja Terbuka

Matematika:

Jurusan ini mempelajari tentang teori dan aplikasi matematika untuk pengembangan teknologi baru dan penemuan ilmiah. Lulusan matematika dapat bekerja di berbagai industri, seperti keuangan, teknologi informasi, dan riset.

Teknik Nuklir:

Jurusan ini mempelajari tentang pemanfaatan energi nuklir untuk keperluan industri, kesehatan, dan lingkungan. Lulusan teknik nuklir memiliki prospek karir yang baik di industri energi nuklir dan kesehatan.

Perlu diingat bahwa meskipun jurusan tersebut menawarkan gaji yang tinggi, bukan berarti semuanya cocok untuk semua orang.

Jurusan apa yang gampang cari kerja?

Keberhasilan dalam mencari pekerjaan tergantung pada banyak faktor, termasuk persaingan di pasar kerja, keterampilan dan pengalaman, dan kebutuhan industri.

Beberapa jurusan yang biasanya memiliki prospek kerja yang baik dan peluang untuk mencari pekerjaan yang lebih mudah antara lain:

Baca juga: Jurusan IPDN yang Sepi Peminat Peluang Besar Jadi PNS

  1. Keperawatan: Bidang kesehatan selalu membutuhkan tenaga medis, dan lulusan keperawatan memiliki peluang karir yang baik di rumah sakit, klinik, dan fasilitas kesehatan lainnya.
  2. Teknik Informatika: Kemajuan teknologi informasi telah membuka banyak peluang karir di berbagai industri, dan lulusan teknik informatika memiliki keterampilan teknis yang sangat dihargai.
  3. Akuntansi: Setiap perusahaan membutuhkan profesional akuntansi untuk membantu mengelola keuangan mereka, dan lulusan akuntansi memiliki peluang karir yang baik di berbagai industri.
  4. Teknik Sipil: Dalam dunia yang terus berkembang, dibutuhkan insinyur sipil untuk merancang, membangun, dan memelihara infrastruktur seperti jalan, jembatan, dan bangunan.
  5. Pendidikan: Selalu dibutuhkan pendidik baik untuk pendidikan formal maupun non-formal.

Namun, penting untuk dicatat bahwa kesuksesan dalam mencari pekerjaan juga tergantung pada keterampilan, bakat, dan minat individu.

Jurusan dibutuhkan 5 tahun mendatang

Perkembangan teknologi dan perubahan kebutuhan pasar kerja yang terus berubah membuat sulit untuk memprediksi secara pasti jurusan kuliah yang akan dibutuhkan lima tahun mendatang.

Baca juga: Jurusan Fakultas Kedokteran Hewan Yang Sepi Peminat

Ada beberapa jurusan yang diperkirakan akan memiliki permintaan tinggi di masa depan:

Data Science dan Analytics:

Dengan ledakan data dalam beberapa tahun terakhir, permintaan untuk profesional data science dan analytics terus meningkat.

Kemampuan untuk menganalisis dan memahami data secara efektif menjadi semakin penting bagi perusahaan dan organisasi.

Kecerdasan Buatan dan Machine Learning:

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi kecerdasan buatan dan machine learning semakin berkembang dan diadopsi oleh banyak industri.

Permintaan untuk ahli kecerdasan buatan dan machine learning diperkirakan akan terus meningkat.

Kesehatan dan Keperawatan:

Dalam beberapa tahun terakhir, permintaan untuk perawat dan profesional kesehatan lainnya terus meningkat, terutama sebagai tanggapan atas peningkatan jumlah pasien di seluruh dunia.

Teknologi Informasi dan Komputer:

Perkembangan teknologi informasi dan komputer terus berlanjut, dan permintaan untuk profesional di bidang ini diperkirakan akan tetap tinggi.

Baca juga: 5 Lowongan Kerja Untuk Lulusan SMA yang Belum Berpengalaman

Renewable Energy dan Lingkungan:

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak perusahaan dan pemerintah yang berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang lebih berkelanjutan.

Sehingga permintaan untuk ahli di bidang energi terbarukan dan lingkungan diperkirakan akan terus meningkat.