Home Pendidikan 5 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan SMK Akuntansi

5 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan SMK Akuntansi

Komentar Dinonaktifkan pada 5 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan SMK Akuntansi
5 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan SMK Akuntansi

Pekerjaan Lulusan SMK Akuntansi – Akuntansi dijuluki sebagai jurusan yang paling cepat memperoleh pekerjaan. Ini karena bidang akuntansi memang banyak digunakan di berbagai perusahaan swasta maupun instansi negeri.

Bahkan ada beberapa pilihan pekerjaan menjanjikan untuk lulusan SMK Akuntansi. Berikut adalah 5 pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMK Akuntansi :

  1. Staf Akuntansi

Staf akuntansi adalah pekerjaan yang umumnya ada di semua perusahaan. Tugas dari staf akuntansi adalah melakukan pembukuan keuangan kantor, melaksanakan posting jurnal operasional perusahaan, membuat laporan keuangan perusahaan, hingga memasukkan data jurnal akuntansi ke sistem yang sudah disediakan perusahaan.

Advertisements
  1. Staf Administrasi dan Keuangan

Jika memilih pekerjaan sebagai Staf Administrasi dan Keuangan, maka akan bertugas untuk membangtu Kepala Staf Administrasi dan Keuangan dalam mengerjakan tugas-tugas berikut :

  1. Mengelola kas kecil
  2. Memonitoring kebutuhan rumah tangga serta ATK
  3. Menyusun jadwal kegiatan pimpinan
  4. Membuat agenda dan arsip untuk surat masuk dan surat keluar
  5. Accounts Payable/Receivable Clerk (AP/AR Clerk)

Pekerjaan AP/AR Clerk ini bisa menjadi alternatif lulusan SMK akuntansi berikutnya. AP/AR Clerk ini sering disebut juga sebagai Staf Piutang, itu karena AP/AR Clerk ini memang bertugas untuk menangani akuntansi khusus utang dan piutang. Tugas AP/AR Clerk terutama berkaitan dengan memasukkan data dan menyiapkan bukti transaksi. Baca SEBAIKNYA Kuliah Jurusan Akuntansi atau Manajemen?

  1. Petugas Kasir

Pekerjaan lain yang cocok untuk lulusan SMK Akuntansi adalah petugas kasir. Petugas Kasir melayani pembeli di minimarket atau supermarket. Selain itu petugas kasir juga melakukan pelaporan tentang barang-barang yang terjual selama periode. Sebab tidak hanya berurusan dengan uang, maka petugas kasir biasanya juga dituntut untuk ramah kepada pembeli. Pekerjaan ini cukup banyak ditemui dimana saja.

  1. Sales Executive

Pekerjaan sebagai Sales Executive kerap mensyaratkan pendidikan SMK Akuntansi untuk pelamarnya. Sales Executive singkatnya adalah orang yang kerjanya berkaitan langsung dengan produk yang dijual kepada konsumen.

Karenanya Sales Executive kerap bekerja di lapangan, bukan  kantor. Pekerjaan Sales Executive seringkali mengharuskannya menggunakan uang perusahaan untuk pelayanan konsumen. Tidak heran jika seorang Sales Executive juga wajib memiliki kemampuan interpersonal yang baik.

Advertisements

Itulah 5 pekerjaan yang sangat cocok untuk lulusan SMK Akuntansi. Karir di akuntansi disebut sebagai ‘tidak ada matinya’, sebab lulusan akuntansi akan selalu dibutuhkan di berbagai bidang perusahaan. Karenanya jika ingin cepat dan mudah memperoleh pekerjaan setelah lulus, ada baiknya mempertimbangkan jurusan akuntansi ini.

Namun begitu, jika ingin mencapai jenjang karir yang lebih tinggi, ada baiknya bagi lulusan SMK akuntansi menempuh D3 atau S1 akuntansi. Hal ini bisa dilakukan dengan kuliah sembari bekerja. Dengan begitu, karirnya di bidang akuntansi dapat terus berkembang. Pasti semua orang ingin karir dan pendapatannya meningkat, bukan? Baca UPDATE Syarat Menjadi Pegawai Bank Indonesia Pria Wanita

Sementara itu, jenis pekerjaan yang bisa diperoleh lulusan D3 atau S1 akuntansi adalah sebagai berikut :

  1. Financial Analyst

Financial Analyst memiliki gaji yang cukup bagus di bidang akuntansi, yakni sekitar Rp 5 – 10 juta per bulan. Pekerjaan Financial Analyst adalah melakukan penerjemahan informasi keuangan perusahaan yang kemudian dijadikan sebagai bahan pertimbangan ketika mengambil keputusan bisnis.

Jika ingin meningkatkan karir sebagai Financial Analyst bisa juga mengikuti program sertifikasi financial analyst.

  1. Auditor

Auditor merupakan orang yang bertugas untuk memastikan bahwa laporan keuangan yang ada di sebuah perusahaan sudah sesuai dengan standar laporan akuntansi yang ada. Auditor biasanya juga menilai tentang wajar tidaknya laporan keuangan di sebuah perusahaan. Nantinya, auditor juga memberikan saran terkait operasional perusahaan.

Pekerjaan auditor ini tergolong memiliki gaji yang menjanjikan. Ada 2 pilihan ketika hendak menjadi auditor, yakni menjadi internal atau external auditor. Jika menjadi internal auditor, secara otomatis kerjanya akan terikat dengan suatu pekerjaan. Sementara, jika menjadi eksternal auditor, maka sifatnya lebih independen. baca Kuliah di Jurusan Apa Ya Agar Bisa Kerja di Bank Dengan Mudah

  1. Credit Analyst

Pekerjaan Credit Analyst erat kaitannya dengan lembaga pemberi pinjaman atau bank. Seperti namanya, tugas Credit Analyst adalah menganalisis kemampuan pemohon kredit dalam membayarkan cicilan kreditnya sampai lunas. Gaji Credit Analyst ini tergolong menjanjikan juga, lho.

Advertisements
Load More In Pendidikan
Comments are closed.