Home Pendidikan 5 Syarat Wajib Menjadi Pegawai Bank

5 Syarat Wajib Menjadi Pegawai Bank

Komentar Dinonaktifkan pada 5 Syarat Wajib Menjadi Pegawai Bank
5 Syarat Wajib Menjadi Pegawai Bank

Pegawai bank adalah salah satu pekerjaan yang diidamkan sebagian orang. Selain karena kantoran, penyebabnya juga karena ada jenjang karir yang jelas serta pendapatan yang menjanjikan. Untuk menjadi pegawai bank, ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi. Apa saja persyaratan itu?

Berikut adalah 5 syarat wajib menjadi pegawai bank :

  1. Background Pendidikan dan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)

Background pendidikan sudah umum dijadikan syarat untuk melamar kerja dimana saja. Untuk menjadi pegawai bank, background pendidikan yang dibutuhkan biasanya adalah akuntansi, manajemen, ilmu ekonomi dan studi pembangunan, teknik, sistem informasi, ekonomi syariah, dan berbagai jurusan kuliah lain. Background pendidikan ini akan menentukan posisi apa yang bisa diduduki oleh pelamar.

Advertisements

IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif juga lumrah dijadikan persyaratan untuk menjadi pegawai, tak terkecuali di bank. Adanya syarat IPK ini tentu juga memacu agar mahasiswa tidak malas-malasan saat kuliah. Di bank, minimal IPK pelamarnya adalah 3,00 untuk lulusan S1 dan 3,25 untuk lulusan S2. Baca 4 Jurusan Kuliah Yang Cocok untuk Karyawan

  1. Usia

Di bank, pelamarnya wajib berusia maksimal 25 tahun ketika penutupan penerimaan lamaran. Syarat tersebut berlaku untuk lulusan S1. Sementara batas usia untuk lulusan S2 umumnya adalah 28 tahun pada saat penerimaan lamaran. Jika melebihi batas tersebut, maka dipastikan pelamar tidak lolos seleksi administrasi.

  1. Status

Berkaitan dengan syarat keempat ini, mungkin bisa memotivasi para pemuda-pemudi untuk tidak terlalu cepat menikah. Umumnya, bank menetapkan syarat bahwa pelamar harus lajang alias belum menikah saat melamar. Jika nanti pelamar diterima sebagai pegawai bank, nantinya juga harus bersedia tidak menikah terlebih dahulu selama 1 tahun setelah diangkat menjadi pegawai tetap.

  1. Syarat Fisik dan Mental

Kondisi fisik juga kerap dijadikan persyaratan yang wajib dipenuhi oleh pelamar pegawai bank. Umumnya, bank menghendaki pegawai dengan tinggi badan minimal 155 cm untuk perempuan dan 165 cm untuk laki-laki.

Selain itu, pelamar juga harus memiliki kondisi tubuh yang sehat sehingga dapat bekerja dengan prima. Pelamar yang memiliki riwayat atau sedang mengidap penyakit kronis tentu dapat tereliminasi. Untuk memastikan kesehatan para pelamarnya, umumnya bank mengharuskan persyaratan dokumen kesehatan berupa surat keterangan sehat.

Advertisements

Sementara untuk mental, tentu semua perusahaan menghendaki pegawai yang mentalnya sehat. Untuk itu, biasanya ada tes psikologi yang dilakukan pada pelamar bank. Dengan tes ini, bisa diketahui apakah pelamar memiliki kesehatan mental yang baik serta siap untuk bekerja di bank. Baca Jika Ingin Menjadi Pegawai Bank Harus Ngambil Kuliah Jurusan Apa

  1. Kesediaan untuk ditempatkan di seluruh unit kerja

Umumnya, bank menetapkan persyaratan bahwa pelamar yang diterima harus siap ditempatkan di seluruh unit kerja bank tersebut. Jadi, saat melamar kerja di bank, harus siap mental untuk menjadi perantauan yang jauh dari sanak famili ya. Tentu akan banyak pelajaran yang akan diperoleh saat merantau itu.

Itulah 5 syarat wajib menjadi pegawai bank. Selain kelima syarat tersebut, ada beberapa karakter yang dikehendaki bank pada pegawainya. Karakter-karakter tersebut adalah :

  1. Memiliki integritas

Orang yang memiliki integritas berarti adalah orang yang memiliki prinsip. Karakter ini tidak hanya dicari oleh bank, tetapi juga perusahaan secara umum. Orang yang memiliki integritas dicirikan tidak akan tergoda untuk melanggar kode etik kerja serta dapat dipercaya.

  1. Gigih

Gigih berarti tidak kapok saat menghadapi masalah dan terus berusaha untuk menyelesaikannya. Kegigihan tentu menjadi syarat wajib saat bekerja, dimanapun itu. Orang yang gigih memiliki kesempatan untuk terus maju dan menjadi lebih baik dari dirinya yang kemarin.

  1. Semangat belajar tinggi

Orang yang malas belajar akan cepat tertinggal. Di dunia kerja, orang yang malas belajar akan kalah bersaing dengan orang lain. Karenanya sangat penting untuk terus belajar tanpa henti, dengan begitu karir yang dipunyai bisa terus berkembang. Baca 4 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Bagus IPS

  1. Dapat bekerja dalam tim

Karakter ini sudah pasti menjadi syarat wajib jika ingin sukses dalam bekerja. Orang yang mampu bekerja dalam tim mengisyaratkan bahwa dia mampu menerima masukan orang lain, tidak egois, serta bisa menghargai kemampuan rekan kerjanya.

Load More In Pendidikan
Comments are closed.