Home Akuntan 8 Materi Pengantar Akuntansi Dasar dan Penjelasannya

8 Materi Pengantar Akuntansi Dasar dan Penjelasannya

Komentar Dinonaktifkan pada 8 Materi Pengantar Akuntansi Dasar dan Penjelasannya
8 Materi Pengantar Akuntansi Dasar dan Penjelasannya

Akuntansi dasar adalah ilmu yang mengajarkan dasar atau fundasi awal yang harus dipahami dari ilmu ekonomi yang satu ini. Bahkan di sebuah jenjang pendidikan untuk menguasai akuntansi atau jurusan akuntansi yang ditempuh oleh mahasiswa ekonomi ada mata kuliah dasar yang berisi materi pengantar akuntansi dasar ini.

Sebagai orang yang tidak menempuh pendidikan di bidang akuntansi, tentu anda tidak akan bisa mendapatkan materi kuliah seperti itu. Mau tidak mau anda harus mencoba mempelajarinya sendiri. Tentu mempelajarinya harus juga dengan memanfaatkan materi pengantar akuntansi dasar ini. Tapi bagaimana anda bisa mengetahuinya?

Materi pengantar akuntansi dasar adalah beberapa materi yang bisa memudahkan seseorang yang ingin mempelajari akuntansi bisa mempelajarinya dengan lebih mudah. Namun ternyata untuk bisa mempelajarinya sendiri, anda harus tahu materi-materi apa saja yang termasuk dalam pengantar akuntansi dasar.

Advertisements

Apa saja materi pengantar akuntansi dasar dan penjelasannya. Itu yang perlu anda ketahui dengan mempelajari pembahasan berikut ini. Akan dibahas setidaknya 8 materi pengantar akuntansi dasar untuk anda dan semoga bisa anda gunakan untuk pelajari menjadi ilmu dan pengetahuan tambahan anda.

8 Materi Pengantar Akuntansi Dasar

Seperti yang dijelaskan pada bagian sebelumnya, ada  materi materi di pengantar akuntansi dasar yang perlu anda pelajari untuk memudahkan anda menguasainya. Namun mungkin anda belum tahu apa saja materi-materi itu. Baca Setelah Lulus S1 Akuntansi Bisa Ngelamar Kerja Dimana

Itulah sebabnya pada bagian berikut ini akan dijelaskan mengenai 8 materi pengantar akuntansi dasar dan penjelasannya. Jadi apa saja materi pengantar akuntansi dasar yang perlu anda ketahui? Berikut ini paparan lengkapnya.

  1. Pengertian Akuntansi

Pertama anda harus mempelajari materi paling dasar yaitu mengenai pengertian atau defiis dari akuntansi. Materi ini menjelaskan berbagai pengertian akuntansi dari berbagai sumber dan ahli. Hasil dari berbagai pengertian akuntansi ini kemudian dapat disimpulkan apa pengertian akuntansi yang meliputi proses identifikasi, mengukur, dan melaporkan suatu informasi keuangan.

  1. Manfaat dari Informasi Akuntansi

Apa saja informasi keuangan yang didapatkan dari ilmu akuntansi ini? Ilmu akuntansi ini akan memberikan manfaat dari informasi yang diberikannya. Informasi ini antara lain bermanfaat untuk dijadikan alat ukur kegagalan dan keberhasilan usaha, penghasil informasi manajemen untuk perencanaan, dan menjadi informasi ekonomi yang dapat berguna baik di internal ataupun eksternal perusahaan.

Advertisements
  1. Sejarah Akuntansi

Berikutnya, pengantar akuntansi dasar juga membutuhkan anda untuk mempelajari mengenai sejarah akuntansi. Akuntansi pertama kali diterapkan di Luco Patiolo di tahun 1494. Kemudian dirinya dikenal sebagai bapak akuntansi hingga kemudian akuntansi digunakan di seluruh wilayah Eropa baik ilmu ekonomi konvesional dan juga akuntansi.

  1. Bidang Akuntansi

Ada juga materi terkait bidang-bidang akuntansi yang jumlahnya ada 13 bidang. Bidang dlam akuntansi ini  bisa juga dijelaskan sebagai hal-hal yang perlu dikuasai karena berkaitan dengan penerapan ilmu akuntansi. Baca Biaya-Biaya Kuliah Manajemen Bisnis

Apa saja 13 bidang akuntansi ini? Antara lain akuntansi keuangan, pemeriksaan, manajemen, biaya, perpajakan, sistem informasi akuntansi, penganggaran, pemerintahan, publik, pendidikan, perilaku, forensik, dan akuntansi intern.

  1. Siklus Akuntansi

Anda juga harus mempelajari materi mengenai siklus akuntansi yang terbagi menjadi 2 jenis siklus yang berbeda. Siklus yang pertama adalah siklus perusahaan jasa sedangkan yang kedua adalah siklus perusahaan dagang. Keduanya digunakan untuk pencatatan, pengikhtiasaran, dan tahap pelaporan.

  1. Jenis Akun

Materi lainnya yang perlu dipelajari di akuntansi dasar adalah jenis akun. Jenis akun ini ada dua dalam materi akuntansi, yaitu akun real dan akun nominal. Keduanya digunakan menjadi akun dasar dalam pembuatan laporan keuangan menggunakan ilmu akuntansi yang bermanfaat di perusahaan dan berbagai aktivitas ekonomi lain.

  1. Persamaan Dasar Akuntansi

Ketahui juga bahwa anda perlu mempelajari persamaan dasar akuntansi. Persamaan akuntansi dasar ini adalah persamaan untuk mendapatkan keseimbangan antara aktiva dan pasiva yang menjadi tujuan utama dari penerapan ilmu akuntansi di perusahaan atau usaha anda. Jadi pastikan untuk menguasai materi ini juga.

  1. Laporan Keuangan Perusahaan

Terakhir materi dasar dari akuntansi adalah juga membuat suatu laporan keuangan dari perusahaan. Jadi pada materi ini dilakukan pengajaran untuk dapat bisa membuat suatu laporan keuangan dengan benar. Jadi informasi mengenai laporan keuangan, laporan untung rugi, dan laporan arus kas.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai apa saja 8 materi pengantar akuntansi dasar dan penjelasannya. Jadi kini anda sudah bisa mempelajari sendiri dan mencari sumber yang sesuai dengan materi-materi yang disebutkan di atas. Baca Kisaran Biaya Kuliah IBN Kelas Karyawan

Jadi anda bisa menguasai ilmu akuntansi dasar walaupun anda tidak mengambil pendidikan formalnya. Jangan tunggu lama lagi pelajarilah materi pengantar akuntansi dasar secepatnya!

Load More In Akuntan
Comments are closed.