Home Akuntan Apa Fungsi Dari Sistem Akuntansi?

Apa Fungsi Dari Sistem Akuntansi?

Komentar Dinonaktifkan pada Apa Fungsi Dari Sistem Akuntansi?
Apa Fungsi Dari Sistem Akuntansi?

Sistem akuntansi adalah adalah sebuah sistem informasi yang mengumpulkan, mengelompokkan, mengolah, menganalisis, hingga menyampaikan informasi keuangan terkait. Hasil dari sistem akuntansi yang dilakukan ini akan menjadi panduan atau dasar dalam berbagai upaya pengambilan keputusan dalam pengelolaan keuangan itu nantinya.

Bisa juga informasi dari sistem akuntansi ini kemudian bisa digunakan untuk tujuan-tujuan yang relevan baik oleh pihak internal perusahaan ataupun eksternal. Berdasarkan pengertian ini, tentu anda bisa memahami betapa pentingnya suatu sistem akuntansi tadi.

Walau begitu, secara lengkap anda perlu mengetahui sebenarnya sistem akuntansi ini bisa digunakan untuk apa saja. Informasi terkait fungsi dari sistem akuntansi ini juga yang semakin banyak diperbincangkan akhir-akhir ini.

Advertisements

Tidak terkecuali bagi para mahasiswa yang mempelajari ilmu akuntansi, pastinya akan sangat penting untuk mengetahui apa fungsi dari sistem akuntansi untuk membuat pembelajaran akan materi ini menjadi semakin mudah dilakukan. Anda mungkin adalah satu dari masyarakat yang membutuhkan informasi mengenai apa saja fungsi dari sistem informasi ini.

Oleh sebab itu, pada bagian berikut ini akan dijelaskan apa saja fungsi-fungsi dari sistem informasi akuntansi tersebut. Jadi terus simak penjelasannya pada bagian di bawah ini.

7 Fungsi dari Sistem Akuntansi  untuk Anda Terapkan

Berikut ini untuk anda yang ingin mengetahui apa saja fungsi dari sistem akuntansi, akan dijelaskan bahwa setidaknya ada 7 fungsi yang bisa anda gunakan dari sistem akuntansi ini. baca 4 Tahap Dan Proses Siklus Akuntansi

Jika anda ingin mengetahui apa saja ketujuh fungsi tersebut, maka anda bisa menyimak penjelasannya pada bagian berikut ini. Semoga informasinya bisa bermanfaat untuk anda dan berikut ini penjelasan lengkapnya untuk anda.

  1. Kumpulan Data Lengkap

Manfaat yang pertama dengan menerapkan sistem akuntansi anda bisa memiliki kumpulan data lengkap yang telah terverifikasi. Kumpulan data ini sangat penting dimiliki suatu perusahaan khususnya.

Jadi jika ada kerugian yang tidak seharusnya terjadi, maka anda bisa memeriksa riawayat transaksi pada kumpulan data transaksi yang lengkap hasil dari sistem akuntansi ini.

  1. Data Terkumpul dalam Jurnal

Selain memiliki kumpulan data transaksi yang lengkap, anda juga bisa memiliki jurnal hasil ringkasan dari data-data tersebut. Setiap transaksi akan tercatat dalam jurnal berurutan secara lengkap dari waktu terjadinya transaksi. Jurnal ini yang akan memudahkan anda melakukan proses akuntansi untuk posting ke buku besar.

Advertisements
  1. Posting Buku Besar Bisa Dilakukan

Dalam jangka waktu yang lebih luas, jurnal-jurnal juga bisa diringkas dalam suatu buku besar. Posting ke buku besar ini akan sangat menghemat anda dalam mencari riwayat transaksi yang berkaitan dengan keuangan yang terjadi dalam jangka waktu yang cukup panjang. Anda harus mengikuti prosesnya dengan sebaik mungkin. Baca Definisi Akuntansi Secara umum Dan Para Ahli

  1. Menghasilkan Laporan Keuangan

Fungsi dari sistem akuntansi berikutnya adalah untuk menghasilkan laporan keuangan. Laporan keuangan ini dibutuhkan dalam setiap perusahaan. Perusahaan membutuhkan tim keuangan untuk bisa menghasilkan laporan keuangan ini dan melaporkan kondisi keuangan dalam keadaan yang sebenarnya. Jadi penting untuk melakukan sistem akuntansi dan menghasilkan laporan keuangan tersebut.

  1. Menghasilkan Laporan Manajerial

Berikutnya anda juga bisa menghasilkan laporan manajerial dari sistem akuntansi yang diterapkan. Laporan manajerial ini adalah hasil dari analisis sistem akuntansi yang dilakukan. Anda bisa menggunakan laporan yang dihasilkan tersebut untuk diserahkan ke manajerial sebagai pertanggung jawaban pengelolaan keuangan yang dimiliki.

  1. Dasar Pengambilan Keputusan

Jangan lupa juga bahwa dengan menerapkan sistem akuntansi dan melakukan analisis atas hasilnya, anda juga bisa mengambil keputusan dari hasil analisis ini. Hasil analisis ini akan sangat bermanfaat untuk perusahaan yang mungkin ingin menambah investasi namun masih ragu dengan besar investasi ini akan menguntungkan atau tidak.

  1. Memastikan Bisnis Berjalan Efisien

Terakhir, anda juga bisa memastikan bahwa bisnis anda berjalan dengan efisien dengan dilakukannya sistem akuntansi. Sistem akuntansi akan menganalisis bagaimana bisnis anda berjalan. Jadi ketika ada yang tidak efisien bisa dilakukan perbaikan untuk menghasilkan kerja yang paling efisien.

Berikut tadi penjelasan yang bisa diberikan terkait apa saja fungsi dari sistem akuntansi untuk anda terapkan dalam pengaturan keuangan anda. Baca 10 Referensi Buku Akuntansi Terbaik Wajib Di Beli

Jadi sekarang setelah mengetahui fungsinya, maka kini anda sudah bisa langsung merasakan sendiri fungsi dan manfaatnya. Jadi jangan lupa untuk mempelajari sistem akuntansi dan menerapkannya untuk kebutuhan ekonomi dan pengelolaan keuangan anda. Selamat mencoba dan menerapkan sistem akuntansi!

Load More In Akuntan
Comments are closed.