Home Akuntan Apa Itu Prodi Akuntansi

Apa Itu Prodi Akuntansi

Komentar Dinonaktifkan pada Apa Itu Prodi Akuntansi
Apa Itu Prodi Akuntansi

Akuntansi adalah salah satu program studi (prodi) di tingkat pendidikan tinggi yang banyak dipilih mahasiswa tetapi juga banyak dikeluhkan. Prodi yang satu ini adalah prodi yang berada di bawah fakultas ekonomi.

Jadi memang kebanyakan peminat dari prodi yang satu ini adalah siswa yang sebelumnya mengambil penjurusan IPS di tingkat SMA atau siswa SMK dengan jurusan akuntansi. Sebenarnya apa itu prodi akuntansi dan apa tujuan prodi ini dalam pendidikan mahasiswa? Semua informasi terkait hal tersebut akan dibahas pada bagian di bawah ini.

Prodi akuntansi adalah prodi yang menyiapkan mahasiswa untuk memiliki keahlian dan berprofesi sebagai seorang akuntan. Akuntan harus menguasai berbagai teknik akuntansi yang pastinya terkait dengan fungsi bisnis.

Advertisements

Misalnya beberapa prinsip dalam bidang akuntansi yang harus diterapkan adalah teori akuntansi, akuntansi keuangan, akuntansi biaya, akuntansi pajak, aspek hukum akuntansi, audit keuangan, dan etika serta standar profesional bidang akuntansi ini. Bisa dikatakan bahwa akuntansi akan dibutuhkan dalam berbagai bidang baik bisnis, pemerintahan, instansi publik, maupun non publik.

Lalu bagaimana jika anda ingin memilih jurusan ini membutuhkan informasi lebih lengkap terkait jurusan akuntansi? Tenang saja anda bia mengetahui hal tersebut pada bagian berikut ini. Baca UPDATE Syarat Menjadi Pegawai Bank Syariah

Prospek Kerja Prodi Akuntansi

Melanjutkan pendidikan ke prodi akuntansi tentu penting untuk anda mengetahui apa prospek kerja setelah berhasil lulus dari prodi ini. Sudahkah anda tahu apa saja kemungkinan pekerjaan yang bisa anda tekuni dengan latar belakang pendidikan akuntansi ini?

Jika belum, maka anda bisa menyimak penjelasan mengenai beberapa prospek kerja prodi akuntansi pada bagian berikut ini. Semoga informasinya dapat bermanfaat untuk anda!

  • Bekerja di Bagian Keuangan Perusahaan

Salah satu karir yang pasti dituju oleh para lulusan akuntansi adalah bekerja di bagian keuangan berbagai perusahaan. Semua perusahaan pasti memiliki bagian keuangan yang bertanggung jawab dalam pengelolaan uang dan pelaporan keluar dan masuk uang dalam perusahaan.

  • Auditor Keuangan Berbagai Lembaga

Selain itu, seorang lulusan prodi akuntansi juga bisa bekerja sebagai seorang auditior. Lebih dari sekedar membuat laporan, seorang auditor keuangan harus menyelesaikan berbagai kejanggalan dalam laporan keuangan yang ada. Baca Jika Ingin Menjadi Pegawai Bank Harus Ngambil Kuliah Jurusan Apa

  • Memiliki Kantor Akuntan Setelah Mendapat Gelar Profesi

Jika anda sudah melanjutkan pendidikan ke tingkat pendidikan profesi, maka anda bisa membuka kantor akuntan sendiri. Di kantor ini anda bisa membuka layanan jasa akuntansi dan konsultasi masalah keuangan sebagai bentuk bisnis anda.

Advertisements
  • Berkecimpung dalam Bidang Non-profit

Pilihan lainnya, anda juga bisa memanfaatkan ilmu akuntansi anda untuk berkecimpung dalam bidang non profit. Bidang seperti ini tidak menuntut banyak keahlian akuntansi. Hanya saja anda mungkin diminta untuk membuat laporan keuangan dan pengelolaan sederhana lainnya.

Alasan Memilih Kuliah di Prodi Akuntansi

Setelah mengetahui apa saja prospek kerja prodi akuntansi, kini anda juga pasti penasaran apa saja alasan umum seseorang memilih untuk melanjutkan pendidikan di jurusan tersebut. Kali ini pertanyaan dan kebingungan anda bisa dijawab melalui pembahasan berikut ini. Ada beberapa alasan mengapa seseorang memilih untuk kuliah di prodi Akuntansi. Apa saja alasannya? Baca 5 Syarat Wajib Menjadi Pegawai Bank

  • MemilikI Kemampuan Hitung yang Baik

Jika anda adalah seseorang yang memiliki kemampuan hitung yang baik, maka anda sangat disarankan untuk terjun ke bidang akuntansi ini. Kemampuan hitung yang baik adalah modal utama untuk bisa berhasil di bidang akuntansi.

  • Teliti dan Detail dalam Menyelesaikan Tugas

Anda juga sebaiknya memiliki kecenderungan teliti dan detail jika ingin melanjutkan pendidikan di bidang akuntansi. Tidak dapat dipungkiri bahwa seorang yang teliti dan detail dalam menyelesaikan tugas adalah seorang akuntan yang sangat baik.

  • Senang Melakukan Analisis

Kebutuhan lain yang harus dimiliki seseorang dan menjadi alasan mengapa dirinya memilih mengambil jurusan akuntansi adalah karena kemampuannya senang melakukan analisis. Analisis ini membantu anda untuk mempelajari berbagai laporan keuangan dengan mudah.

  • Senang Menyelesaikan Masalah

Terakhir seorang yang memilih mengambil jurusan akuntansi biasanya adalah mereka yang senang menyelesaikan masalah. Kasus kasus dalam keuangan adalah pekerjaan dari par akuntan ini. Jadi anda harus memiliki keinginan untuk menyelesaikan masalahnya untuk bisa melakukan pekerjaan anda dengan baik.

Berikut tadi penjelasan mengenai apa itu prodi akuntansi serta prospek kerja dan kebanyakan alasan seseorang memilih kuliah jurusan akuntansi. Jadi anda sudah bisa mengetahui dan menentukan apakah anda ingin melanjutkan pendidikan ke prodi akuntansi. Baca 5 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan 5 Tahun Ke Depan

Jika anda merasa cocok dengan prospek kerja serta berbagai alasan memilih jurusan ini, maka anda bisa mulai persiapan untuk mendapatkan jurusan ini dan menyelesaikan pendidikan untuk mewujudkan karir impian anda. Jadi selamat mempelajari mengenai prodi akuntansi dan tentukan pilihan anda segera!

Load More In Akuntan
Comments are closed.