Bauran Pemasaran Menurut Para Ahli Pandangan Pakar

Posted on

Bauran pemasaran, yang dikenal juga sebagai “marketing mix,” adalah konsep inti dalam pemasaran yang mengacu pada gabungan dari empat elemen utama yang mempengaruhi keputusan pemasaran suatu perusahaan.

Elemen-elemen tersebut adalah produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan tempat (place).

Bauran pemasaran telah menjadi fondasi strategi pemasaran yang efektif sejak pertama kali diperkenalkan oleh E. Jerome McCarthy pada tahun 1960-an.

Konsep ini telah berkembang dan diperkaya oleh berbagai para ahli pemasaran sepanjang waktu.

Mari kita lihat pandangan dari beberapa pakar pemasaran terkemuka mengenai bauran pemasaran:

Bauran Pemasaran Menurut Philip Kotler

Philip Kotler

Philip Kotler, seorang profesor pemasaran terkemuka, telah memberikan kontribusi besar dalam pengembangan teori pemasaran modern.

Menurut Kotler, bauran pemasaran adalah “kelompok alat pemasaran yang dipakai perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar target.”

Baca juga : 5 Jurusan Kuliah Sepi Peminat Tapi Gaji Tinggi

Kotler menekankan pentingnya keseimbangan dan koordinasi antara empat elemen bauran pemasaran untuk menciptakan strategi yang efektif.

Jerome McCarthy

Jerome McCarthy

Jerome McCarthy, yang dianggap sebagai pencetus istilah “marketing mix,” menyatakan bahwa empat elemen bauran pemasaran harus diintegrasikan agar saling mendukung satu sama lain.

McCarthy melihat bauran pemasaran sebagai alat yang dapat membantu perusahaan memahami pasar dan mencapai tujuan bisnisnya dengan lebih efisien.

Baca juga : Alasan Masuk Psikologi Sesuai Pengalaman Sendiri

Neil Borden

Neil Borden adalah seorang akademisi pemasaran yang terkenal dengan konsep “marketing mix.”

Ia mengembangkan istilah ini dengan mengidentifikasi sejumlah elemen yang harus dipertimbangkan dalam merancang strategi pemasaran.

Borden menyatakan bahwa elemen-elemen tersebut adalah faktor-faktor yang harus “dicampur” atau digabungkan agar pemasaran menjadi efektif.

E. Jerome McCarthy

E. Jerome McCarthy, yang telah disebutkan sebelumnya, adalah pakar pemasaran yang menciptakan istilah “marketing mix” dan mengidentifikasi empat elemen bauran pemasaran.

Menurut McCarthy, keempat elemen tersebut adalah landasan dasar yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan dalam merencanakan dan melaksanakan strategi pemasaran.

Baca juga : Alasan Memilih Jurusan IPA untuk Masa Depan yang Gemilang

Edmund Jerome McCarthy

Edmund Jerome McCarthy, yang sering disebut sebagai Jerome McCarthy atau E.

Jerome McCarthy, adalah seorang profesor pemasaran di Amerika Serikat dan penulis buku “Basic Marketing: A Managerial Approach” yang mempopulerkan istilah “marketing mix.”

William Stanton

William Stanton, seorang pakar pemasaran terkemuka, mengusulkan perluasan dari empat elemen bauran pemasaran menjadi tujuh elemen.

Menurut Stanton, tujuh elemen tersebut adalah produk, harga, promosi, tempat, orang (people), proses (process), dan bukti fisik (physical evidence). Konsep ini dikenal sebagai “7P Marketing Mix.”

Bauran pemasaran adalah konsep kunci dalam pemasaran yang telah berkembang sejak diperkenalkan pertama kali oleh E. Jerome McCarthy.

Bauran pemasaran 4P teori siapa?

Bauran pemasaran 4P adalah teori yang dikemukakan oleh E. Jerome McCarthy pada tahun 1960-an. McCarthy adalah seorang profesor pemasaran dan komunikasi di Universitas Michigan.

Jerome McCarthy

Ia memperkenalkan konsep bauran pemasaran sebagai strategi untuk membantu perusahaan dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pemasaran dengan efektif.

Dalam teori bauran pemasaran 4P, McCarthy mengidentifikasi empat elemen kunci yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan dalam merancang strategi pemasaran.

Keempat elemen tersebut adalah:

  1. Produk (Product): Merujuk pada barang atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Perusahaan harus memastikan produk yang dihasilkan berkualitas tinggi, sesuai dengan kebutuhan pelanggan, dan memiliki keunggulan kompetitif.
  2. Harga (Price): Menentukan harga yang tepat untuk produk atau layanan agar sesuai dengan nilai yang diberikan dan dapat diterima oleh pelanggan. Penetapan harga harus mempertimbangkan biaya produksi, margin keuntungan, permintaan pasar, dan harga pesaing.
  3. Promosi (Promotion): Mencakup berbagai kegiatan untuk mempromosikan produk atau layanan kepada target pasar. Promosi bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek, menarik perhatian pelanggan, dan mendorong pembelian. Ini meliputi iklan, pemasaran konten, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan lainnya.
  4. Tempat (Place): Merujuk pada saluran distribusi dan cara produk atau layanan didistribusikan ke pelanggan. Perusahaan harus memastikan produk tersedia di tempat yang mudah diakses oleh pelanggan target, baik melalui toko fisik maupun distribusi online.

Bauran pemasaran 4P ini telah menjadi konsep inti dalam pemasaran dan telah digunakan secara luas oleh perusahaan di seluruh dunia.

Konsep ini membantu perusahaan untuk lebih terorganisir dalam merancang strategi pemasaran yang komprehensif dan terintegrasi.

Baca juga : 8 Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar

Pandangan para ahli pemasaran terkemuka, seperti Philip Kotler, Jerome McCarthy, Neil Borden, dan William Stanton, telah memperkaya dan memperluas konsep ini.

Bauran pemasaran merupakan alat yang sangat penting bagi perusahaan dalam merancang strategi pemasaran yang efektif, mencapai tujuan bisnis, dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik.

Dengan memahami dan mengaplikasikan prinsip-prinsip bauran pemasaran ini, perusahaan dapat menjadi lebih kompetitif dan sukses di pasar yang dinamis dan kompetitif.