Home Pendidikan Biaya Kuliah Akuntansi Kisaran Berapa Per Semenster

Biaya Kuliah Akuntansi Kisaran Berapa Per Semenster

Komentar Dinonaktifkan pada Biaya Kuliah Akuntansi Kisaran Berapa Per Semenster
Biaya Kuliah Akuntansi Kisaran Berapa Per Semenster

Menentukan pilihan jurusan kuliah adalah hal yang paling memusingkan untuk para siswa SMA di akhir pendidikannya. Tidak hanya masalah sesuai dengan keinginan dan kemampuan, tetapi faktor biaya pun bisa menjadi hal yang membuat pemilihan jurusan kuliah semakin rumit.

Biaya kuliah tentu tidak murah, ada banyak jenis jurusan dengan biaya yang fantastis dan membuat anda yang tidak memiliki budget yang cukup akan kesulitan menyelesaikan pendidikan anda. Anda harus mempelajari dahulu besar biaya yang dibutuhkan untuk jenis kuliah yang anda pilih, jadi tidak ada kesulitan dalam pembiayaannya nanti.

Misalkan anda ingin mengambil jurusan akuntansi saat kuliah. Jurusan akuntansi ini pastinya banyak sekali peminatnya dan banyak ditemukan juga di berbagai kampus. Namun harus anda ketahui bahwa biaya kuliah akuntansi kisaran berapa per semester di setiap kampus ini mungkin berbeda-beda.

Advertisements

Jadi penting untuk anda mempelajari beberapa informasi mengenai kisaran biaya kuliah akuntansi di beberapa kampus yang berbeda. Apakah anda penasaran berapa biaya kuliah akuntansi per semester di beberapa kampus ternama di Indonesia? Silahkan simak penjelasannya pada bagian berikut ini.

6 Kisaran Biaya Kuliah Akuntansi Per Semester di Beberapa Kampus

Ada beberapa kampus yang cukup terkenal dengan jurusan akuntansi. Anda bisa mengetahui beberapa informasi mengenai biaya kuliah akuntansi per semester di beberapa kampus tersebut dari brosur yang dibagikan. Baca 3 Jurusan Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Namun secara umum ada biaya-biaya yang harus dibayarkan untuk bisa menempuh pendidikan di suatu kampus. Apa saja biaya tersebut? Simak penjelasannya pada bagian berikut ini.

  1. Kisaran Biaya Uang Pangkal

Pertama jenis biaya kuliah yang akan dibayarkan saat baru masuk dan mendaftar kuliah adalah biaya uang pangkal. Uang pangkal ini biasa diminta di kampus kampus swasta. Jadi untuk kamu yang tidak masuk ke kampus negeri, pastikan siapkan biaya uang pangkal ini.

Besar biaya uang pangkal memang biasanya cukup fantastis karena merupakan biaya untuk mendukung perawatan fasilitas perkuliahan.

  1. Kisaran Biaya Operasional Pendidikan (BOP)

Ada juga jenis biaya operasional pendidikan (BOP) yang harus dibayarkan apapun jurusan kuliah anda. Jadi saat anda masuk ke jurusan akuntansi, pasti anda juga harus membayar BOP ini. OP ini biasanya menyebabkan biaya per semester menjadi tidak berbeda apapun latar belakang ekonomi mahasiswa.

Jadi baik anda berasal dari keluarga tidak mampu, maka BOP setiap mahasiswa akan sama, setidaknya untuk jurusan akuntansi bisa mencapai Rp4.000.000 sampai Rp6.000.000 per semester.

Advertisements
  1. Kisaran Biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Sedangkan beberapa kampus saat ini suda menerapkan prinsip biaya uang kuliah tunggal (UKT). Jika menerapkan sistem pembiayaan seperti ini, maka setiap mahasiswa mungkin membayar uang kuliah yang berbeda bergantung latar belakang ekonominya. Baca 5 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan 5 Tahun Ke Depan

Akan ada penggolongan mahasiswa berdasarkan latar belakang ekonomi. Misalnya golongan 1 akan membayar uang kuliah Rp1.000.000 per semester, golongan 2 membayar Rp2.000.000 per semester, hiingga golongan yang terakhir membayar Rp6.000.000 per semester.

  1. Kisaran Biaya Sistem Kredit Semester (SKS)

Tanpa UKT, beberapa kampus menerapkan sistem membayar kuliah sesuai jumlah SKS yang diambil. Jadi sistem pembayaran ini disebut dengan biaya SKS. Anda harus membayarkan kuliah anda sejumlah uang pangkal yang diminta di awal masuk ditambah dengan biaya per SKS.

Jika anda mengambil sebanyak 22 SKS dan satu SKS biayanya adalah Rp150.000, maka anda harus membayar Rp150.000 dikalikan dengan 22 SKS sama dengan Rp3.300.000.

  1. Kisaran Biaya Praktikum

Jika anda masuk ke jurusan yang mewajibkan praktikum di beberapa tempat, maka akan ada biaya praktikum yang dibebankan pada anak. Biaya praktikum ini tidak besar dan hanya perlu anda siapkan ketika di semester tertentu saja. Jadi tinggal ditambahkan ke biaya semesteran anda. Tentu tidak terlalu besar pengaruhnya untuk kesiapan biaya mahasiswa.

  1. Kisaran Biaya Lainnya

Secara umum biaya kuliah jurusan akuntansi yang disebutkan di atas menyimpulkan bahwa seorang mahasiswa akuntansi perlu membayar mulai dari Rp5.000.000 hingga Rp7.000.000 per semester. Biaya ini belum termasuk biaya lain seperti biaya uang harian dan kebutuhan lainnya.

Jadi pastikan untuk menyiapkan biaya kuliah dengan cukup atau cari tambahan untuk mencukupi kebutuhan kuliah anda tersebut. Baca 11 Tahapan Siklus Akuntansi Yang Perlu Di Pahami

Jadi demikianlah sejumlah biaya kuliah akuntansi per semester yang biasa ditentukan oleh jenis kampusnya. Anda kini sudah bisa memperhitungkan kisaran biayanya dan menyiapkan sejumlah biaya tersebut jika memang tertarik berkuliah jurusan akuntansi.

Tentunya biaya kuliah akuntansi tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan biaya kuliah lainnya. Jadi jangan terlalu khawatir untuk mengambil jurusan ini, mengingat setelah lulus anda akan mendapatkan banyak peluang kerja yang menjanjikan juga. Selamat melanjutkan kuliah anda di jurusan akuntansi ya!

Advertisements
Load More In Pendidikan
Comments are closed.