Home Pendidikan Bisakah Kerja di Bank Sambil Kuliah

Bisakah Kerja di Bank Sambil Kuliah

Komentar Dinonaktifkan pada Bisakah Kerja di Bank Sambil Kuliah
Bisakah Kerja di Bank Sambil Kuliah

Kerja Bank Sambil Kuliah – Kuliah selain menambah pengetahuan dan keterampilan, juga dapat meningkatkan jenjang karir atau pekerjaan. Banyak orang bekerja sambil kuliah, supaya karirnya tidak mandek di posisi itu saja. Bank merupakan salah satu pekerjaan dengan jenjang karir yang jelas. Jika pegawai bank ingin berkuliah lagi, bisakah kerja itu dilaksanakan sembari kuliah?

Ternyata, pegawai bank bisa lho kerja sambil kuliah. Syaratnya, pekerjaan di bank  diusahakan tidak terganggu oleh perkuliahan. Secara otomatis, pegawai bank mesti mengambil kuliah untuk karyawan.

Kuliah biasa dengan kuliah untuk karyawan biasanya berbeda dari segi kurikulum, jam kuliah hingga lama studi. Kuliah untuk karyawan ini biasanya dilaksanakan pada malam hari, meski ada yang dilaksanakan pada siang hari. Hari masuk kuliah untuk karyawan ini bermacam-macam, ada yang dilaksanakan tiap hari.

Advertisements

Ada pula yang dilaksanakan setiap akhir pekan. Jam kuliah untuk karyawan ini juga bermacam-macam. Ada yang pukul 19.00 – 22.00, ada pula yang dimulai pukul 18.00 – 20.00. Kurikulumnya tentu disesuaikan agar bisa langsung dipraktikkan, lama studinya juga cenderung lebih pendek dari kuliah biasa.

Yang pasti, ada banyak yang harus disiapkan apabila ingin kerja sambil kuliah. Mulai dari fisik, mental, hingga modal. Sebab, tidak dipungkiri bahwa pekerjaan saja sudah kerap membuat lelah. Kerja sambil kuliah tentu membutuhkan sumberdaya diri yang ekstra.

Nah, apa saja yang mesti disiapkan agar kerja dan kuliah berjalan lancar? Untuk mengetahuinya, simak tips agar kerja dan kuliah bisa berjalan lancar berikut ini : Baca SEBAIKNYA Kuliah Jurusan Akuntansi atau Manajemen?

  1. Cari universitas yang sesuai

Di luar sana, banyak universitas yang memiliki program kuliah untuk karyawan. Ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal saat mengambil keputusan di universitas mana akan berkuliah. Pertimbangan yang pertama adalah jurusan kuliah.

Pilihlah jurusan kuliah yang linear dengan profesi yang dimiliki. Dengan begitu, keterampilan yang diperoleh nanti bisa mengembangkan karir. Selain itu, perusahaan kemungkinan besar akan mendukung apabila jurusan yang dipilih linear dengan profesi.

Pertimbangan yang kedua adalah mengenai biaya kuliah. Ada baiknya untuk melakukan riset untuk menemukan universitas dengan kualitas mumpuni serta harga paling bersaing. Sebaiknya, buatlah perencanaan biaya dengan menghitung biaya kuliah secara menyeluruh. Dengan begitu bisa diketahui tentang kemampuan dalam membayar kuliah.

Advertisements

Yang ketiga, ialah jarak bank tempat kerja dengan kampus. Jika memungkinkan, pilihlah universitas yang letaknya dekat dari tempat kerja. Hal ini terutama bisa menghemat tenaga. Sebab umumnya karyawan melaksanakan kuliah usai kerja. Jangan sampai perjalanan dari tempat kerja ke kampus ternyata terlalu jauh sehingga kian menguras tenaga. Baca UPDATE Syarat Menjadi Pegawai Bank Indonesia Pria Wanita

  1. Atur waktu agar jam kuliah tidak bertabrakan dengan jadwal kerja

Hal ini bisa juga menjadi pertimbangan saat memilih universitas. Pilih universitas yang jam kuliahnya tidak bertabrakan dengan jam kerja. Pegawai bank bisa saja meminta kompensasi mengenai jam kerja sehingga dapat lebih leluasa kuliah, namun biasanya bank akan meminta kompensasi pula terkait kontrak kerja.

  1. Beritahu perusahaan tentang kegiatan perkuliahan

Jangan sampai lupa memberitahu pihak perusahaan tentang rencana kuliah. Bisa jadi perusahaan akan memberikan dukungan, baik secara mental, kompensasi, atau bahkan beasiswa untuk kuliah.

  1. Beritahu orang-orang terdekat

Selain memberitahu perusahaan, sangat penting untuk memberitahukan rencana perkuliahan ini kepada orang terdekat seperti keluarga, pasangan atau teman. Support orang terdekat tentu akan menambah semangat untuk menjalani kuliah. Di waktu-waktu tertentu, orang-orang terdekat itulah yang akan banyak membantu ketika menemui kesusahan.

  1. Manajemen yang baik

Yang paling penting ketika kerja sambil kuliah adalah manajemen. Baik itu manajemen waktu, emosi, tenaga, atau uang. Ketika berkuliah, otomatis jadwal yang dimiliki menjadi sangat padat.

Maka harus pintar-pintar membagi waktu antara kerja, kuliah dan membahagiakan diri sendiri atau berkumpul dengan keluarga Kadang, kita harus melepas beberapa kegiatan yang dulu sering dilakukan.Baca 5 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan SMK Akuntansi

Tidak ada salahnya melepas beberapa aktivitas, seperti kumpul-kumpul dengan teman di café, dan menggantinya dengan berkumpul dengan keluarga, atau justru beristirahat saja di rumah. Namun jangan lupa untuk mengkomunikasikannya dengan baik. Ingat bahwa kesehatan fisik dan mental itu adalah hal yang utama.

Load More In Pendidikan
Comments are closed.