Home Pendidikan Contoh Penulisan Nama Dan Gelar Menurut EYD

Contoh Penulisan Nama Dan Gelar Menurut EYD

Komentar Dinonaktifkan pada Contoh Penulisan Nama Dan Gelar Menurut EYD
Contoh Penulisan Nama Dan Gelar Menurut EYD

Gelar pendidikan adalah identitas tambahan yang akan anda dapatkan setelah berhasil menyelesaikan pendidikan di berbagai tingkat dan jurusan yang berbeda. Karena banyaknya tingkat pendidikan dan kualifikasi yang berbeda, maka gelar pendidikan yang didapatkan setiap orang sangat mungkin juga berbeda.

Perbedaan gelar pendidikan yang didapatkan oleh setiap orang ini membuat banyak orang bertanya-tanya apa sebenarnya pendidikan yang diwakili dari suatu gelar yang baru pertama kali dia temukan. Tentu akan sangat menarik menerka latar belakang pendidikan seseorang dari gelarnya bukan?

Namun ternyata tidak semudah itu bisa menemukan latar belakang pendidikan seseorang dari gelar pendidikan yang tertera di namanya. Buktinya masih banyak orang yang salah menulis nama dan gelar yang dimilikinya.

Advertisements

Hal ini dikarenakan informasi terkait contoh penulisan nama dan gelar yang benar menurut EYD masih kurang dipublikasikan. EYD adalah Ejaan Yang Disempurnakan, yang memiliki arti sebagai pedoman dalam berbagai penulisan yang digunakan dalam bahasa Indonesia.

Termasuk dalam penulisan nama dan gelar sudah diatur dalam EYD ini, sayangnya banyak yang tidak mengindahkan manfaat dari EYD dan hanya mempercayai pemahaman yang didapatkannya di luar saja. Lalu bagi anda yang tertarik untuk mempelajari mengenai penulisan nama dan gelar, bagaimana anda bisa menemukan sumber informasi tersebut?

Tentunya anda bisa langsung mempelajari melalui EYD tadi. Tapi jika anda ingin panduan untuk lebih mudah memahami EYD, maka anda bisa menyimak penjelasan berikut ini yang akan memberikan contoh penulisan nama dan gelar yang benar menurut EYD. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang sedang tertarik mempelajari penulisan gelar di nama!

Beberapa Contoh Penulisan Nama dan Gelar yang Benar Menurut EYD

Kenapa nama dan gelar harus dituliskan dengan benar? Mungkin pertanyaan ini sering muncul di benak anda bukan? Tentu saja penting mengetahui cara penulisan nama dan gelar yang benar, karena dalam gelar tersebut terdapat informasi mengenai latar belakang pendidikan yang empunya. Baca 3 Jurusan Pendidikan Guru Yang Paling Dibutuhkan Sekarang

Jadi ketika seseorang sedang mencari tahu latar belakang pendidikan seseorang, gelar ini akan sangat membantu untuk memahaminya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan nama dan gelar yang benar menurut EYD. Simak dahulu peraturan penulisannya berikut ini sekaligus contohnya.

  • Perhatikan Gelar Tergolong yang Ditulis di Depan atau Belakang Nama

Perlu anda ketahui bahwa setiap gelar memiliki tempatnya masing-masing. Anda harus tahu mana gelar yang harusnya dituliskan di depan nama dan mana yang dibelakang nama.

Advertisements

Gelar untuk dokter dan doktor ada di depan nama, namun gelar lainnya seperti diploma, sarjana, dan magister ada di belakang nama. Contoh: dr. Anita Marsia, Dr. Anita Marsia, Anita Marsia, A.Md.Per., Anita Marsia, S.Pd., Anita Marsia, M.A.

  • Setelah Nama Berikan Koma Lalu Gelar

Perhatikan bahwa sebelum gelar yang ada di belakang nama, harus ada koma setelah kata nama terakhir. Jadi jika nama lengkap anda sesuai identitas ada 3 suku kata, maka sebelum menuliskan gelar di belakang nama tambahkan koma terlebih dahulu.

Contoh nama anda Anita Marsia dan anda adalah lulusan sarjana pendidikan. Tuliskan nama anda dahulu lalu berikan koma dan gelar seperti ini Anita Marsia, S.Pd. Baca Setelah Lulus S1 Akuntansi Bisa Ngelamar Kerja Dimana

  • Setiap Huruf dalam Gelar Diakhiri dengan Titik

Anda harus tahu bahwa setiap huruf dalam gelar yang mewakili tingkat pendidikan dan spesialisasi dituliskan dengan cara dipisahkan dengan titik. Jadi misalkan anda lulusan tingkat sarjana, gelar akan diawali dengan huruf S dan tambahkan titik sebelum spesialisasi sarjana anda. Contoh anda lulusan spesialisasi teknik, jadi S.T.

  • Gelar Berikutnya Dipisahkan dengan Koma

Apa anda memiliki gelar lebih dari satu? Jika iya, maka saat dituliskan berurutan setiap gelar harus dipisahkan dengan koma. Karena setiap gelar biasanya diakhiri dengan titik, jadi akan ada tanda titik dan koma secara bersamaan.

Contohnya anda menempuh pendidikan keguruan di tingkat sarjana dan sains di tingkat magister, jadi nama anda dituliskan sebagai Anita Marsia, S.Pd., M.Si.

  • Perbedaan Gelar Dalam Negeri dan Luar Negeri

Jika anda lulusan luar negeri, maka anda pasti juga akan mendapatkan gelar yang penulisannya berbeda dengan lulusan yang sama dari dalam negeri. Contohnya untuk lulusan sarjana pendidikan di dalam dan luar negeri yang berbeda gelarnya. Lulusan sarjana pendidikan dalam negeri adalah S.Pd. tetapi lulusan sarjana pendidikan luar negeri adalah B.Ed.

Berikut tadi beberapa contoh penulisan nama dan gelar yang benar menurut EYD untuk menjadi informasi bagi anda. Ternyata dengan menulis nama dan gelar dengan benar, anda bisa lebih mudah bukan memahami dan berkomunikasi dengan berbagai orang. baca Kisaran Biaya Kuliah IBN Kelas Karyawan

Mengetahui latar belakang pendidikan seseorang cukup banyak berpengaruh pada cara anda memulai komunikasi dan berkomunikasi dengan orang tersebut. Jadi tidak salah mempelajari mengenai penulisan nama dan gelar ini untuk bermanfaat dalam upaya networking nantinya. Jadi selamat mempelajari cara penulisan nama dan gelar yang benar mulai dari sekarang!

Load More In Pendidikan
Comments are closed.