Home Akuntan Definisi Akuntansi Secara umum Dan Para Ahli

Definisi Akuntansi Secara umum Dan Para Ahli

Komentar Dinonaktifkan pada Definisi Akuntansi Secara umum Dan Para Ahli
Definisi Akuntansi Secara umum Dan Para Ahli

Akuntansi adalah kata yang pastinya tidak asing lagi anda dengar baik dalam suatu aktivitas keuangan perusahaan bahkan usaha atau bisnis. Sebenarnya akuntansi ini adalah suatu ilmu ekonomi. Sebagai sebuah ilmu, tentunya akuntansi memiliki definisi konseptual dan operasional yang memudahkan orang lain untuk memahaminya.

Namun ternyata masih banyak yang memahami Akuntansi tidak berdasarkan definisinya tetapi berdasarkan pemahaman yang diberikan oleh orang lain padanya. Apakah anda salah satu dari yang belu pernah mendengar apa definisi akuntansi secara umum atau berdasarkan pendapat para ahli?

Jika anda adalah salah satu yang belum pernah mendengar mengenai definisi akuntansi secara umum dan para ahli, maka kini anda berada di tempat yang tepat. Akan dijelaskan beberapa definisi akuntansi menurut para ahli yang kemudian akan disimpulkan menjadi suatu definisi akuntansi secara umum.

Advertisements

Penasaran apa saja definisi beragam akuntansi menurut para ahli dan apa yang bisa anda simpulkan dari definisi-definisi tersebut? Simak penjelasan lengkapnya pada bagian berikut ini.

6 Definisi Akuntansi Menurut Para Ahli

Akuntansi seperti dijelaskan adalah salah satu jenis ilmu ekonomi. Jika ingin dikuasai, ada jurusan akuntansi yang bisa ditempuh di bangku perkuliahan. Namun masih banyak yang belum memahami apa itu akuntansi sebenarnya. Baca Apa Proses Utama Dari Akuntansi

Itulah mengapa penting untuk mempelajari mengenai definisi akuntansi menurut para ahli terlebih dahulu, sebelum menyimpulkan sendiri apa itu definisi akuntansi. Berikut ini akan dijelaskan setidaknya 6 definisi akuntansi dari 6 ahli yang berbeda, semoga bisa menjadi sumber informasi bermanfaat bagi anda.

  1. American Acounting Association (AAA)

Definisi pertama dikeluarkan oleh asosiasi akuntan Amerika Serikat dalam naungan lembaga bernama AAA. Definisi akuntansi yang dikeluarkan adalah:

“Akuntansi adalah suatu proses pengidentifikasian, mengukur serta melaporkan dari berbagai Informasi mengenai Ekonomi agar mendapatkan hasil dari berbagai penilaian, keputusan yang jelas serta tegas unutk semua yang menggunakan Informasinya tersebut.

  1. West Churman

Berikutnya berdasarkan ahli bernama C. West Churman, didapatkan juga definisi akuntansi yaitu:

Akuntansi memiliki arti sebagai pengalaman tertulis yang memiliki kegunaan sebagai pengambilan keputusan serta pengalaman yang tertata dan berharga dalam pembuatan pilihan.

  1. Charles T. Horngren dan Walter T. Harrison

Dua ahli yaitu Charles dan Walter mengeluarkannya juga teorinya mengenai definisi akuntansi dalam ilmu ekonomi, yaitu: Baca 5 Tahapan Dalam Proses Akuntansi Lengkap

Advertisements

Akuntansi memiliki arti berupa sistem informasi yang mengukur dari kegiatan suatu bisnis lalu memprosesnya menjadi dalam bentuk laporan serta hasilnya di komunikasikan kepada para para pimpinan atau pengambil keputusan.

  1. Littleton

Ahli berikutnya yaitu Littleton juga memiliki definisinya sendiri terkait apa itu akuntansi, yaitu:

Akuntansi memiliki tujuan utama yakni sebagai kebutuhan dalam melaksanakan perhitunan periodic antara biaya (usaha) serta hasil (prestasi). Sedangkan di lihat dari definisinya akuntansi merupakan inti berdasarkan teori akuntansi itu sendiri dan berupa ukuran yang di jadikan sebagai sebuah rujukan untuk mempelajari akuntansi.

  1. Smith Skousen

Salah satu definisi akuntansi yang paling umum dari para ahli adalah yang dikeluarkan oleh Smith Skousen ini:

Akuntansi adalah sebuah kegiatan yang berupa jasa, dimana pada dasarnya menyediakan berupa Informasi kuantitatif, khususnya yang memiliki sifat bertujuan mengambil keputusan ekonomis dan menawarkan keputusan berbagai pilihan yang logis di antara dari beberapa tindakan alternatif.

  1. Suparwoto

Terakhir definisi dari ahli akuntansi Indonesia juga memiliki definisi terkait apa itu akuntansi pada penjelasan berikut ini:

Akuntansi bahwa memiliki pengertian dimana suatu system atau sebuah teknik sebagai pengukur serta mengelola transaksi keuangan serta dapat memberikan hasil dari pengelolaan tersebut kedalam bentuk informasi terhadap berbagai pihak intern dan ekstern perusahaan. Yang di maksud pihak Ekstern adalah investor, kreditur pemerintah, serikat buruh dan lainnya.

Simpulan Definisi Akuntansi secara Umum

Setelah mempelajari berbagai definisi akuntansi oleh para ahli di atas, kini anda bisa menyimpulkan sendiri apa itu akuntansi. Definisi hasil simpulan sendiri ini bisa dikatakan sebagai definisi umum sesuai pemahaman anda. Jadi dalam pembahasan kali ini, definisi umum yang dihasilkan berdasarkan enam definisi para ahli di atas adalah:

Akuntansi adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan untuk mengelola informasi keuangan secara periodik dalam suatu lembaga atau perusahaan guna mendapatkan informasi yang berguna dalam penentuan pengambilan keputusan.

Berikut tadi penjelasan lengkap mengenai apa saja definisi akuntansi secara umum dan para ahli. Semoga informasi yang diberikan ini bisa membuat anda lebih mudah dalam memahami ilmu akuntansi. Baca 4 Tahap Dan Proses Siklus Akuntansi

Anda pun bisa memahami secara umum apa saja aktivitas yang didukung dari pemahaman akan ilmu akuntansi. Jadi silahkan pelajari informasi di atas dan pahami akuntansi sebelum melakukan praktiknya langsung dalam lingkungan ekonomi anda!

Load More In Akuntan
Comments are closed.