Home Akuntan Ini Sejarah Akuntansi Lengkap Di Indonesia

Ini Sejarah Akuntansi Lengkap Di Indonesia

Komentar Dinonaktifkan pada Ini Sejarah Akuntansi Lengkap Di Indonesia
Ini Sejarah Akuntansi Lengkap Di Indonesia

Tahukah anda apa itu akuntansi dan bagaimana sejarahnya hingga menjadi ilmu yang sangat bermanfaat seperti sekarang ini? Ternyata sejarah akuntansi ternyata masih kurang diketahui di masyarakat.

Padahal penting sekali untuk memahami mengenai sejarah akuntansi untuk lebih mudah juga untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dan bisnis anda. Pastinya, akuntansi juga memiliki sejarah yang menarik jadi akan sangat sayang sekali jika anda lewatkan.

Anda penasaran mengenai bagaimana sejarah akuntansi di Indonesia? Berikut ini akan dijelaskan sejarah akuntansi singkat lengkap di Indonesia.

Advertisements

Sejarah akuntansi di Indonesia tentu tidak lepas dari sejarah akuntansi di dunia. Oleh sebab itu, berikut ini akan coba dijelaskan secara singkat mengenai awal mulanya akuntansi digunakan dan akhirnya bisa dikenal seperti sekarang ini. Akuntansi awalnya belum bernama akuntansi, tetapi merupakan suatu teknik pembukuan.

Teknik pembukuan ini pertama kali ditemukan dalam buku berjudul Summa de Aritmaica Geometrica Proortioni et Propotinallia. Buku ini diterbitkan oleh Luca Pacioli di tahun 1494 yang tepatnya ada di dalam subbab Tractus de Computies et Scriptoris. Sistem pembukuan yang diajarkan adalah sistem pembukuan berpasangan dan adalah awal mula pembukuan di akuntansi seperti sekarang ini diterapkan.

Sejak pertama kali ditemukan dalam buku di Italia tersebut, mulai banyak orang yang mengaplikasikan teknik pembukuan yang dijelaskan. Bahkan teknik pembukuan kemudian sudah digunakan di berbagai belahan dunia.

Akhirnya teknik pembukuan tadi diatur dalam disiplin ilmu sendiri yang dinamakan sebagai akuntansi. Lalu bagaimana sejarahnya hingga teknik pembukuan dan ilmu akuntansi secara keseluruhan ini akhirnya bisa masuk ke masyarakat Indonesia? Simak penjelasannya pada bagian di bawah ini. Baca Definisi Akuntansi Secara umum Dan Para Ahli

Sejarah Akuntansi Singkat dan Lengkap di Indonesia

Seperti yang sudah cukup lengkap dijelaskan di atas mengenai sejarah akuntansi di atas, sudah dapat diketahui bahwa awal mula dasar ilmu akuntansi digunakan adalah di Italia. Tepatnya adalah karena teknik pembukuan yang diajarkan oleh buku yang diterbitkan oleh Luca Pacioli di tahun 1494.

Tentu informasi ini menarik untuk diketahui terkait bagaimana kemudian teknik pembukuan yang dikenalkan di Italia itu akhirnya bisa digunakan hingga ke Indonesia. Anda tentu ingin tahu juga bukan bagaimana bisa akhirnya masyarakat Indonesia mengenal akuntansi?

Advertisements

Jadi berikut ini penjelasan secara berurutan mengenai proses awalnya akuntansi digunakan dan berkembang di Indonesia.

Awalnya memang di zaman penjajahan Belanda beberapa perusahaan di Indonesia sudah menggunakan sistem tata buku yang ada di buku Luca Pacioli. Namun secara resmi menggunakan akuntansi seperti dari Anglo Saxon (Amerika) baru mulai dilakukan sejak tahun 1960. Baca 10 Referensi Buku Akuntansi Terbaik Wajib Di Beli

Agar berurutan, pertama-tama perlu diketahui bahwa teknik pembukuan dari Pacioli sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak masa penjajahan Belanda.

Akhirnya, sekitar tahun 1957 ilmu akuntansi yang sebenarnya diperkenalkan di Indonesia. Hal ini dilatarbelakangi oleh sistem pembukuan dari peninggalan Belanda yang seiring berjalannya waktu berganti dengan akuntansi ajaran amerika.

Tepatnya di tahun tersebut karena adanya konfrontasi Irian Barat yang mendebatkan Indonesia serta Belanda, akhirnya banyak pelajar Indonesia yang menempuh pendidikan di Belanda memutuskan melanjutkan studi di Amerika saja. Saat menempuh studi di Amerika mereka mengenal teknik pembukuan atau akuntansi versi Anglo Saxon.

Saat diterimanya Penanaman Modal Asing (PMA) di Indonesia setelahnya, tentu penggunaan dari akuntansi pun mengalami dampak positif. Jadi semakin banyak yang menggunakan dan mengaplikasikan akuntansi dalam pengembangan usahanya.

Akhirnya akuntansi di Indonesia pun memiliki pedoman yang dikembangkan bernama Pedoman Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). Pedoman ini berguna untuk menyesuaikan akuntansi yang diberlakukan di Indonesia dengan kondisi global, serta agar kualitas laporan keuangan bisa menjadi lebih transparan.

Jadi begitulah penjelasan mengenai sejarah akuntansi singkat lengkap di Indonesia. Kini anda sudah bisa memahami bagaimana bisa ilmu yang ditemukan di Italia bisa sampai akhirnya berkembang dan digunakan di Indonesia. Baca Apa Fungsi Dari Sistem Akuntansi?

Pada prinsipnya semua ilmu akan bermanfaat untuk seluruh masyarakat di bagian dunia manapun. Jadi pelajarilah akuntansi dan manfaatkanlah manfaatnya untuk kebutuhan anda dalam melakukan pengembangan bisnis atau menyusun laporan keuangan. Semoga informasi mengenai pengembangan dan sejarah dari akuntansi ini bisa membuat anda semakin semangat untuk mempelajarinya!

Load More In Akuntan
Comments are closed.