Home Pendidikan Jadi Pegawai Bank dan Perkantoran Harus Lulusan Apa

Jadi Pegawai Bank dan Perkantoran Harus Lulusan Apa

Komentar Dinonaktifkan pada Jadi Pegawai Bank dan Perkantoran Harus Lulusan Apa
Jadi Pegawai Bank dan Perkantoran Harus Lulusan Apa

Pegawai Bank dan Perkantoran  – Menjadi pegawai bank atau perkantoran bisa dibilang pekerjaan yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Ini karena pegawai bank atau perkantoran setidaknya memiliki gaji sesuai UMR. Selain itu pekerjaan di kantoran memang tampak ‘kinclong’ karena setiap harinya memakai pakaian formal, selain itu bekerja di kantor berarti tidak perlu berpanas-panasan.

Semua jurusan kuliah memiliki kesempatan bekerja sebagai pegawai bank atau perkantoran. Namun, ada beberapa jurusan yang memiliki peluang lebih besar daripada lulusan lainnya. Berikut adalah jurusan yang berpeluang besar menjadi pegawai bank atau perkantoran :

  1. Akuntansi

Lulusan akuntansi memiliki peluang besar untuk bekerja sebagai pegawai bank atau perkantoran. Akuntansi adalah ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan data hingga pengolahan data menjadi laporan keuangan. Lulusan akuntansi banyak bekerja di bank maupun perusahaan. Profesi lulusan akuntansi contohnya adalah admin kredit, auditor, dan lain-lain.

Advertisements
  1. Manajemen

Lulusan jurusan manajemen juga berpeluang besar untuk bekerja sebagai bank atau pegawai kantoran. Ini karena lulusan manajemen akan banyak menggeluti tentang tata cara pengelolaan sumberdaya yang efektif dan efisien. Di perbankan, lulusan manajemen bisa menempati berbagai posisi, mulai admin kredit hingga pemasaran. Baca 3 Jurusan Pendidikan Guru Yang Paling Dibutuhkan Sekarang

  1. Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan

Di jurusan ini, bidang yang dipelajari salah satunya adalah ilmu ekonomi, akuntansi, hukum, hingga manajemen. Tidak heran apabila lulusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan juga berpeluang besar kerja sebagai pegawai bank atau perkantoran.

  1. Ekonomi Syariah

Jika mempelajari ekonomi syariah, berarti kamu sudah mempunyai modal untuk bekerja di bank syariah atau di perkantoran yang menerapkan sistem syar’i. Di jurusan ini, kamu akan belajar mengenai ilmu ekonomi mikro dan makro, serta pengelolaan sumberdaya yang basisnya menggunakan perspektif syariat Islam.

  1. Keuangan

Lulusan jurusan keuangan bisa menempati bidang enabler di bank. Jurusan ini juga berpeluang besar untuk kerja kantoran. Yang dipelajari di jurusan keuangan adalah pengelolaan keuangan lembaga seperti perusahaan maupun perbankan, baik yang konvensional hingga syariah.

  1. Hukum

Di bank, lulusan hukum dapat bekerja di bidang enabler atau pendukung, seperti HRD atau personalia. Lulusan dengan gelar Sarjana Hukum (S.H) juga berpeluang berkarir sebagai hakim, jaksa, pengacara publik atau swasta hingga notaris.

Advertisements
  1. Komunikasi

Lulusan komunikasi bisa jadi pegawai bank atau kantoran. Di bank, lulusan komunikasi biasanya ditempatkan di bagian enabler. Sementara ada banyak peluang kerja kantoran yang bisa diperoleh lulusan komunikasi, seperti content-writer, marketer, hingga periklanan. Baca 10 Jurusan Kuliah yang Bagus untuk Wanita Cepat Dapat Kerja

  1. Psikologi

Lulusan psikologi bisa mendaftar kerja sebagai pegawai bank atau perkantoran biasa. Di bank, lulusan psikologi bisa ditempatkan di front office department  (teller, customer service, dan lain-lain). Sementara, profesi lain yang bisa ditekuni lulusan psikologi adalah HRD (Human Resource Development atau recruiter, terapis hingga psikolog.

  1. MIPA (Statistika dan Matematika)

Lulusan MIPA tentunya bisa kerja sebagai pegawai bank atau kantoran, yang notabenenya banyak berurusan dengan angka, uang dan statistik. Di jurusan ini memang dipelajari mengenai pengolahan, analisis hingga prediksi data. Di sektor pemerintahan, lulusan MIPA khususnya Statistik dan Matematika bisa bekerja di BPS serta BAPPENAS.

  1. Hubungan Internasional

Di bank, lulusan Hubungan Internasional bisa bekerja di bidang Moneter, yang berurusan dengan laju inflasi rupiah, serta kondisi ekonomi mikro serta makro di tingkat internasional. Di instansi pemerintah, lulusan Hubungan Internasional bisa berprofesi sebagai diplomat atau duta besar di Kementerian Luar Negeri. Lulusan Hubungan Internasional juga berpotensi besar kerja di perusahaan multinasional hingga organisasi internasional.

  1. Teknik

Lulusan teknik juga bisa lho kerja di bank. Bidang yang dapat ditempati oleh lulusan teknik antara lain moneter, market, stabilitas sistem keuangan, sistem pembayaran dan pengelolaan rupiah hingga enabler. Baca UPDATE Syarat Menjadi Pegawai Bank Swasta

  1. Sistem dan Teknologi Informasi

Lulusan jurusan ini bisa kerja di bank khususnya untuk bidang enabler. Selain di bank, lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan di perusahaan swasta maupun pemerintah. Lulusan Sistem dan Teknologi Informasi juga tergolong sebagai lulusan dengan pendapatan tertinggi.

Di jurusan ini, akan belajar mengenai ilmu pengkodingan hingga pemanfaatan teknologi informasi guna manajemen bisnis.

Advertisements
Load More In Pendidikan
Comments are closed.