Home Pendidikan Jika Ingin Menjadi Pegawai Bank Harus Ngambil Kuliah Jurusan Apa

Jika Ingin Menjadi Pegawai Bank Harus Ngambil Kuliah Jurusan Apa

Komentar Dinonaktifkan pada Jika Ingin Menjadi Pegawai Bank Harus Ngambil Kuliah Jurusan Apa
Jika Ingin Menjadi Pegawai Bank Harus Ngambil Kuliah Jurusan Apa

Pegawai bank adalah salah satu pekerjaan yang diidamkan oleh sebagian orang. Ini karena pegawai bank bekerja di kantor dengan pendapatan yang tergolong menjanjikan. Namun, bank tentu memiliki persyaratan bagi calon pelamar kerjanya, termasuk persyaratan jurusan kuliah.

Nah, kira-kira jika ingin menjadi pegawai bank harus ngambil kuliah jurusan apa ya?

  1. Akuntansi

Pada dasarnya jurusan akuntansi bisa bekerja di perusahaan mana saja, termasuk bank. Ini karena setiap perusahaan pasti membutuhkan tenaga seorang akuntan. Ketika berkuliah di jurusan akuntansi, yang akan dipelajari adalah mengenai pengolahan data dan penyajian laporan keuangan perusahaan.

Advertisements

Di bank, lulusan akuntansi biasanya akan ditempatkan di front office department (sebagai customer service, hingga staff penghimpun dana), analis kredit, hingga administrasi.

  1. Manajemen

            Jika ingin bekerja di bank, bisa juga kuliah jurusan manajemen. Saat kuliah manajemen, akan belajar tentang pengelolaan sumberdaya perusahaan (modal, alam, manusia, dan waktu). Di jurusan manajemen juga akan dipelajari tentang dasar-dasar akuntansi, meski porsinya tidak sedalam jurusan akuntansi. Di bank, lulusan manajemen bisa bekerja di bagian analyst atau marketing.

  1. Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan

Lulusan jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan sudah pasti bisa menjadi pegawai bank. Pasalnya, di jurusan ini akan dipelajari mengenai ilmu ekonomi, akuntansi dasar, manajemen dasar, hingga hukum. Sangat lengkap, ya? Posisi pekerjaan yang dapat diduduki lulusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan juga sama dengan lulusan akuntansi dan manajemen. Baca UPDATE Syarat Menjadi Pegawai Bank Swasta

  1. Keuangan dan Perbankan

Lulusan jurusan Keuangan sudah pasti bisa menjadi pegawai bank. Bagaimana tidak, yang dipelajari di jurusan ini adalah mengenai pengelolaan keuangan di bank. Yang dipelajari tidak hanya pengelolaan keuangan di bank konvensional, tetapi juga pengelolaan bank syariah.

Di jurusan ini juga dipelajari mengenai sistem keuangan di lembaga selain bank. Posisi pekerjaan lulusan keuangan di bank adalah tenaga administrasi, analis kredit, supervisor kredit, marketing, dan lain-lain.

  1. Ekonomi Syariah

Seperti namanya, di jurusan ekonomi syariah ini akan dipelajari soal ilmu ekonomi, khususnya dari sudut pandang Syariat Islam. Lulusan jurusan ekonomi syariah sangat bisa bekerja sebagai pegawai bank, khususnya di bank yang sudah mengacu sistem syariah.

Advertisements
  1. Hukum

Jika ingin punya kesempatan bekerja di bank, sekaligus ingin belajar soal hukum, jangan khawatir. Sebab lulusan hukum bisa bekerja di bank. Lulusan hukum biasanya memperoleh posisi enabler, seperti auditor umum dan resiko, bidang hukum sampai dukungan organisasi.

  1. Komunikasi

Lulusan Komunikasi bisa juga lho menjadi pegawai bank. Lulusan komunikasi biasanya ditempatkan di bidang enabler atau pendukung. Di jurusan komunikasi, yang dipelajari adalah mengenai pemasaran, komunikasi, hubungan masyarakat, gender, dan lain-lain. Baca Jadi Pegawai Bank dan Perkantoran Harus Lulusan Apa

  1. Psikologi

Posisi yang dapat diduduki lulusan jurusan Psikologi sama dengan jurusan komunikasi, yakni bagian enabler. Pekerjaan sebagai Pegawai Bank dapat menjadi alternatif bagi lulusan psikologi.

  1. MIPA (Statistika dan Matematika)

Jurusan MIPA, khususnya Statistika dan Matematika yang sehari-harinya bergelut dengan logika dan angka, bisa menjadi pegawai bank. Biasanya lulusan jurusan MIPA ini akan ditempatkan di bidang market, moneter hingga sistem keuangan.

  1. Hubungan Internasional

Lulusan hubungan internasional juga bisa menjadi pegawai bank. Lulusan hubungan internasional akan ditempatkan di departemen moneter. Pekerjaan di departemen moneter ini berkaitan dengan laju inflasi rupiah, juga kondisi ekonomi nasional serta global.

  1. Teknik

            Lulusan teknik memiliki kesempatan kerja yang cemerlang. Lulusan teknik bisa juga bekerja di bank. Biasanya lulusan teknik akan ditempatkan di bidang market, moneter, stabilitas sistem dan keuangan, sistem pembayaran dan pengelolaan rupiah, serta enabler. Bisa dibilang peluang kerja lulusan teknik di bank sama besarnya dengan jurusan akuntansi dan manajemen.

  1. Manajemen Informasi

            Di Manajemen Informasi, akan banyak dipelajari soal mendesain sistem yang paling cocok untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan. Di bank, lulusan manajemen informasi biasanya ditempatkan di bidang enabler. Baca 3 Jurusan Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Itulah jurusan yang bisa diambil jika ingin menjadi pegawai bank. Jika kamu tidak masuk jurusan yang disebut di atas, jangan khawatir, sebab bank bisa mempekerjakan jurusan lain untuk posisi seperti teller atau customer service. Namun, jika ingin memiliki jenjang karir yang baik di bank, tentu harus memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai.

Load More In Pendidikan
Comments are closed.