Jurusan IPS Bisa kerja Apa , Kamu Pilih Daftar 10 ini

Diposting pada

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari manusia dan masyarakat.

Bidang studi ini mencakup ilmu politik, sosiologi, antropologi, sejarah, ekonomi, geografi, dan psikologi.

Advertisements

IPS mencoba untuk memahami perilaku manusia dan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan, seperti politik, budaya, ekonomi, lingkungan, dan sebagainya.

Peneliti dan akademisi berusaha untuk memahami kompleksitas interaksi antara individu dan masyarakat, dan dampaknya terhadap kehidupan sosial, politik, dan ekonomi.

Mereka juga mencari solusi untuk berbagai masalah sosial yang dihadapi oleh masyarakat, seperti kemiskinan, ketidaksetaraan, konflik, dan perubahan iklim.

Kuliah jurusan IPS memiliki peran penting dalam membentuk kebijakan publik, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Dengan memahami dinamika sosial dan politik yang kompleks, para ahli IPS dapat memberikan masukan dan rekomendasi bagi para pembuat kebijakan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menciptakan lingkungan yang lebih baik.

Baca juga: Jurusan IT Kerja Apa ?Kamu pilih 10 Pekerjaan berikut

Jurusan ips bisa kerja apa

Dengan latar belakang pendidikan di bidang ini, lulusan jurusan IPS dapat bekerja di berbagai sektor, termasuk:

  1. Pemerintahan: Lulusan jurusan IPS dapat bekerja di pemerintahan sebagai pegawai negeri sipil, konsultan kebijakan publik, diplomat, analis kebijakan, dan sebagainya.
  2. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM): LSM sering membutuhkan lulusan IPS sebagai aktivis atau konsultan dalam isu-isu sosial dan politik.
  3. Media: Jurusan IPS juga dapat membuka peluang karir di bidang media, seperti jurnalis, penyiar, atau produser.
  4. Bisnis: Lulusan jurusan IPS dapat bekerja di sektor bisnis sebagai analis keuangan, analis risiko, atau konsultan strategi.
  5. Pendidikan: Lulusan IPS dapat bekerja sebagai guru, dosen, atau peneliti di bidang sosial dan humaniora.
  6. Organisasi Internasional: Organisasi internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau Bank Dunia sering membutuhkan lulusan IPS untuk mengisi berbagai posisi.
  7. Karir Profesional: Lulusan jurusan IPS juga dapat menjadi advokat, notaris, atau pekerja sosial.

Baca juga: Mengiurkan Prospek Kerja Akuntansi Perpajakan

Jurusan ips belajar apa saja

Berikut ini adalah beberapa materi dan topik yang umumnya diajarkan dalam program studi IPS:

Ilmu Politik:

Konsep-konsep dasar politik, sistem politik, partai politik, pemilu, kebijakan publik, hak asasi manusia, politik global, dan sebagainya.

Sosiologi:

Teori sosiologi, kelompok sosial, stratifikasi sosial, kelas sosial, konflik sosial, sosialisasi, identitas sosial, dan sebagainya.

Antropologi:

Teori antropologi, budaya, etnografi, perubahan sosial, identitas budaya, dan sebagainya.

Sejarah:

Sejarah umum, sejarah politik, sejarah ekonomi, sejarah sosial, sejarah global, dan sebagainya.

Ekonomi:

Mikroekonomi, makroekonomi, teori ekonomi, pasar, kebijakan fiskal dan moneter, globalisasi, dan sebagainya.

Geografi:

Geografi fisik, geografi manusia, pemetaan, lingkungan, pembangunan wilayah, dan sebagainya.

Psikologi:

Teori psikologi, perkembangan manusia, kepribadian, motivasi, kognisi, emosi, perilaku sosial, dan sebagainya.

Advertisements

Mahasiswa akan belajar tentang metode penelitian sosial dan statistik, serta teknik penulisan akademik yang baik.

Semua materi dan topik ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang manusia dan masyarakat serta masalah-masalah yang dihadapi di dunia modern.

Baca juga: 7 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Paling Di Cari

Jurusan kuliah ips yang jarang diminati

Berdasarkan pengalaman di beberapa perguruan tinggi, beberapa jurusan IPS yang kurang diminati oleh mahasiswa antara lain:

  1. Antropologi: Jurusan antropologi mempelajari tentang manusia dan kebudayaan manusia secara mendalam. Namun, karena sifatnya yang kurang populer, jurusan ini kurang diminati oleh mahasiswa.
  2. Ilmu Sejarah: Ilmu sejarah mempelajari sejarah manusia, budaya, dan peradaban. Namun, kurangnya minat dalam menggali sejarah atau perkembangan masa lalu membuat jurusan ini jarang diminati.
  3. Studi Asia Tenggara: Jurusan ini mempelajari tentang budaya, sejarah, dan politik Asia Tenggara. Namun, karena kurangnya minat dalam mempelajari wilayah tersebut, jurusan ini juga kurang diminati oleh mahasiswa.
  4. Studi Amerika: Jurusan studi Amerika mempelajari tentang budaya, sejarah, dan politik Amerika Serikat. Namun, karena kurangnya minat dalam mempelajari negara tersebut, jurusan ini jarang diminati.
  5. Sosiologi Pedesaan: Sosiologi pedesaan mempelajari tentang kehidupan sosial di pedesaan, namun karena kurangnya minat dalam mempelajari lingkungan pedesaan, jurusan ini kurang diminati oleh mahasiswa.

Baca juga: 26 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja

Jurusan kuliah anak ips dengan gaji tinggi

Gaji tinggi setelah lulus kuliah bukan hanya dipengaruhi oleh jurusan yang dipilih, tetapi juga oleh banyak faktor seperti keterampilan, pengalaman kerja, dan permintaan pasar.

Beberapa jurusan IPS yang memiliki prospek karir yang baik dan biasanya memiliki gaji yang cukup tinggi:

Ilmu Ekonomi:

Jurusan ini mempelajari tentang ekonomi dan bisnis, serta berbagai masalah terkait pasar, perusahaan, dan perekonomian secara umum.

Lulusan ilmu ekonomi dapat bekerja di perusahaan, bank, lembaga keuangan, dan sebagainya.

Beberapa profesi yang diambil oleh lulusan ilmu ekonomi antara lain ahli ekonomi, manajer keuangan, analis keuangan, dan lain sebagainya.

Ilmu Politik:

Jurusan ini mempelajari tentang sistem politik, hubungan internasional, pemerintahan, dan sebagainya. Lulusan ilmu politik bisa bekerja di lembaga pemerintahan, organisasi internasional, LSM, atau media.

Profesi yang diambil oleh lulusan ilmu politik antara lain diplomat, konsultan politik, analis kebijakan, dan lain sebagainya.

Sosiologi:

Jurusan ini mempelajari tentang perilaku sosial manusia, dinamika kelompok, dan berbagai masalah sosial. Lulusan sosiologi dapat bekerja di lembaga pemerintah, LSM, perusahaan, atau organisasi masyarakat sipil.

Beberapa profesi yang diambil oleh lulusan sosiologi antara lain ahli riset, manajer program sosial, konsultan perusahaan, dan lain sebagainya.

Psikologi:

Jurusan ini mempelajari tentang perilaku dan proses mental manusia, serta berbagai masalah psikologis. Lulusan psikologi dapat bekerja di klinik, perusahaan, lembaga pendidikan, atau lembaga pemerintah.

Profesi yang diambil oleh lulusan psikologi antara lain psikolog klinis, psikolog industri, psikolog pendidikan, dan lain sebagainya.

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan untuk Perempuan

Namun, perlu diingat bahwa gaji tinggi bukanlah satu-satunya faktor penting dalam memilih jurusan kuliah. Anda harus memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda serta memiliki prospek karir yang baik di masa depan.

Advertisements
Avatar photo
Akuntansi adalah bidang yang penting dalam dunia bisnis dan keuangan, dan memiliki keterampilan akuntansi yang kuat bisa membantu Saya dalam karir di bidang seperti akuntansi, audit, manajemen keuangan, atau bahkan kewirausahaan.