Home Pendidikan Jurusan Kuliah Perbankan Itu Susah Atau Tidak Ya?

Jurusan Kuliah Perbankan Itu Susah Atau Tidak Ya?

Komentar Dinonaktifkan pada Jurusan Kuliah Perbankan Itu Susah Atau Tidak Ya?
Jurusan Kuliah Perbankan Itu Susah Atau Tidak Ya?

Ada banyak jurusan kuliah yang mempelajari bidang perbankan, sebut saja manajemen perbankan, administrasi keuangan dan perbankan, hingga ekonomi syariah. Semua jurusan ini menghasilkan lulusan yang dapat bekerja di sektor perbankan.

Memang bekerja di perbankan dikenal dengan penghasilannya yang memenuhi UMR dan memiliki jenjang karir. Namun, sebelum bekerja di perbankan pasti harus menempuh pendidikan di bidang perbankan dahulu. Lalu, apakah kuliah perbankan itu susah?

Perbankan sendiri identik dengan uang, angka dan perhitungan. Angka serta perhitungan kerap kali membuat sebagian dari kita merasa terintimidasi duluan. Matematika memang sering jadi momok bagi para pelajar. Baca UPDATE Syarat Menjadi Pegawai Bank Swasta

Advertisements

Tapi, janganlah berprasangka terlebih dahulu. Ternyata kuliah perbankan tidak sesusah yang dibayangkan. Yuk, tengok apa saja yang akan dipelajari ketika kuliah di jurusan perbankan.

  1. Perbankan
  2. Ekonomi moneter
  3. Manajemen kredit
  4. Analisa laporan keuangan
  5. Penganggaran perusahaan
  6. Manajemen supervise
  7. Hukum perbankan
  8. Studi kelayakan bisnis
  9. Manajemen pemasaran perbankan
  10. Matematika ekonomi
  11. Manajemen pemasaran bank
  12. Akuntansi bank
  13. Komunikasi bisnis
  14. Perdagangan internasional
  15. Lembaga keuangan
  16. Audit bank
  17. Manajemen perbankan syariah

Itulah subjek-subjek yang akan dipelajari saat kuliah perbankan. Kesimpulannya, kuliah perbankan memiliki tantangannya sendiri, sama dengan jurusan-jurusan kuliah yang lain. Tentu tidak ada kuliah yang ‘gampang’.

Sebab semua kuliah pasti menuntut mahasiswanya untuk berproses sehingga yang awalnya ‘nol’ bisa mencapai taraf ‘10’. Yang pasti, semua proses itu mesti dijalani dengan ikhlas. Baca Jadi Pegawai Bank dan Perkantoran Harus Lulusan Apa

Jika kamu berkuliah di jurusan perbankan, maka harus siap untuk melatih karakter berikut ini :

Advertisements
  1. Teliti. Karakter ini akan banyak dilatih ketika kuliah jurusan perbankan. Bagaimana tidak, subjek ini mengharuskan mahasiswanya berkutat dengan perhitungan. Kesalahan penghitungan bisa menimbulkan kerugian.
  2. Terstruktur. Struktur yang baik diperlukan contohnya dalam membuat laporan keuangan. Struktur membantu agar informasi cepat dipahami dan tidak menimbulkan kesalahpahaman.
  3. Keterampilan interpersonal. Kemampuan ini tentu wajib dimiliki jika ingin sukses bekerja, pekerjaan apapun itu. Sebab kemampuan ini menghasilkan hubungan antar manusia yang harmonis.
  4. Bisa bekerjasama dengan tim. Saat kuliah di jurusan perbankan, akan dilatih pula untuk bekerjasama dengan anggota tim. Karena sebuah perbankan pasti dijalankan oleh banyak orang.
  5. Tekun. Karakter tekun juga akan dilatih jika kuliah di perbankan. Apalagi perbankan pasti berkaitan dengan perhitungan dan detail kecil. Diperlukan ketekunan dan kesabaran ekstra untuk bergelut di bidang ini.
  6. Keterampilan berkomunikasi. Orang tidak hanya harus bisa berkomunikasi, tetapi harus bisa berkomunikasi dengan baik pula, entah dengan rekan kerja atau dengan nasabah.
  7. Rasional. Sistem perbankan dijalankan oleh prinsip-prinsip rasional atau logika. Belajar perbankan bisa melatih seseorang untuk berpikir dan membuat keputusan-keputusan yang rasional.
  8. Senang Pada awalnya, berhitung mungkin merupakan hal yang tidak menyenangkan. Namun saat kuliah di perbankan, mau tidak mau pasti harus banyak-banyak berhitung. Kalkulator bisa menjadi sahabat yang harus dibawa kemana-mana. Lambat laun pun mahasiswa perbankan bisa jadi orang yang senang berhitung atau bahkan pandai berhitung. Hal ini sesuai pepatah ‘alah bisa karena biasa’.

Selain karakter yang akan terlatih, sebetulnya belajar perbankan banyak memberi pengetahuan yang bisa digunakan di dunia nyata. Kehidupan seseorang pasti tidak terlepas dari urusan uang. Di zaman ini, setiap orang setidaknya pasti juga memiliki rekening di bank. Saat belajar perbankan, maka akan mengetahui sistem perbankan dan pengelolaan uang.

Secara tidak langsung, hal ini akan membuat kita mengetahui tata cara pengelolaan uang, tata cara kredit, serta prinsip-prinsip dalam investasi. Bisa saja pengetahuan itu diterapkan dalam kehidupan pribadi, sehingga bisa memanajemen uang dengan cerdas serta menjadi nasabah bank yang cerdas pula.Baca 4 Jurusan Kuliah yang Bisa Sambil Kerja

Prospek Kerja Lulusan Perbankan

Lulusan perbankan tidak hanya dapat bekerja di bank, tetapi juga BUMN, di perusahaan swasta maupun di instansi pemerintah. Posisi yang bisa ditempati oleh lulusan jurusan ini pun beragam, misalnya analis kredit, manajer keuangan, analis keuangan, hingga teller.

Advertisements
Load More In Pendidikan
Comments are closed.