Home Pendidikan Kuliah di Jurusan Apa Ya Agar Bisa Kerja di Bank Dengan Mudah

Kuliah di Jurusan Apa Ya Agar Bisa Kerja di Bank Dengan Mudah

Komentar Dinonaktifkan pada Kuliah di Jurusan Apa Ya Agar Bisa Kerja di Bank Dengan Mudah
Kuliah di Jurusan Apa Ya Agar Bisa Kerja di Bank Dengan Mudah

Pekerjaan di bank adalah salah satu pekerjaan yang menjadi incaran kawula muda. Sebab bekerja di bank dikenal dengan gajinya yang lumayan, selain itu banyak orang menginginkan bekerja di ruangan yang bersih dengan berpenampilan rapi.

Terlepas dari alasan itu, memang ada orang yang ingin bekerja di bank sebab berminat dengan seluk beluk perbankan. Jika ingin bekerja di bank, kira-kira kuliah di jurusan apa biar cepat diterima? Simak informasi lengkapnya berikut ini :

  1. Akuntansi

Akuntansi termasuk jurusan yang paling mudah mencari kerja, baik di bank, perusahaan swasta atau instansi pemerintahan. Secara garis besar, kuliah di akuntansi berarti mempelajari pengolahan data keuangan hingga menyajikannya sebagai laporan keuangan.

Advertisements

Di bank, lulusan akuntansi bisa ditempatkan di bagian moneter, market, SSK (Stabilitas Sistem Keuangan), SP dan PUR (Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Rupiah) atau enabler.

  1. Manajemen

Manajemen adalah bidang studi yang mempelajari tentang pengelolaan sumberdaya di perusahaan atau organisasi. Manajemen adalah salah satu bidang studi yang gampang mencari pekerjaan, selain akuntansi.

Di bank, lulusan manajemen bisa ditempatkan dalam posisi di bidang moneter, market, SSK (Stabilitas Sistem Keuangan), SP dan PUR (Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Rupiah) atau enabler.

  1. Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan

Pada program studi ini, kamu akan belajar mengenai ilmu ekonomi, akuntansi hukum, hingga manajemen dasar. Dengan begitu, tidak heran apabila lulusan jurusan ini juga dapat bekerja di bank. Posisi pekerjaan yang dapat diperoleh lulusan jurusan ini juga sama dengan lulusan jurusan akuntansii dan manajemen.

  1. Keuangan

Jika kuliah di jurusan keuangan, apabila lulus paling cocok kerja di bank. Sebab, jurusan ini mempelajari tentang pengelolaan keuangan perbankan. Baca Kuliah Jurusan Akuntansi Bisa Kerja Dimana

Selain itu, akan dipelajari operasional bank konvensional, serta syariah, mulai dari struktur organisasi perbankan hingga fungsinya. Lulusan ilmu keuangan kemungkinan besar akan bekerja di bagian enabler.

  1. Ekonomi Syariah

Di jurusan Ekonomi Syariah, akan dipelajari tentang ilmu ekonomi mikro dan makro serta pengelolaan sumberdaya (manusia, alam, modal, waktu).

Namun, seperti namanya, pembelajaran akan dilakukan dari perspektif syariat Islam. Di bank, lulusan ekonomi syariah akan ditempatkan di bidang moneter, market, dan SSK (Stabilitas Sistem Keuangan).

Advertisements
  1. Hukum

Jangan salah, sebab lulusan hukum bisa juga bekerja di bank. Lulusan hukum umumnya akan ditempatkan di posisi bidang enabler. Bidang enabler ini terdiri dari auditor umum dan resiko, hukum hingga dukungan organisasi.

  1. Komunikasi

Komunikasi tergolong jurusan yang punya lowongan kerja luas, salah satunya yakni bisa kerja di bank. Di bank, lulusan jurusan komunikasi akan ditempatkan pada bidang enabler atau pendukung. Yang dipelajari saat kuliah komunikasi adalah komunikasi pemasaran, jurnalistik, penyiaran, hubungan masyarakat, dan lain-lain. Baca Daftar Etika Profesi Bidang Akuntansi Wajib Dipatuhi

  1. Psikologi

Sama dengan jurusan komunikasi, lulusan jurusan psikologi dapat bekerja di bank, khususnya pada bidang enabler atau pendukung. Jurusan psikologi adalah jurusan yang mempelajari tentang psikis manusia beserta interaksinya dengan dunia luar.

Banyak lulusan psikologi yang bekerja sebagai HRD (Human Resource Development) atau hubungan masyarakat.

  1. MIPA (Statistika dan Matematika)

Jurusan MIPA, khususnya Statistika dan Matematika, dapat bekerja di bank. Khususnya pada bidang moneter, market, SSK (Stabilitas Sistem Keuangan), SP dan PUR (Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Rupiah). Yang pasti banyak jurusan yang kuliahnya banyak berurusan dengan angka, yang bisa bekerja di bank.

  1. Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional bisa juga lho melamar kerja di bank. Bidang yang cocok untuk jurusan Hubungan Internasional adalah moneter. Bidang moneter ini berkaitan erat dengan laju inflasi rupiah serta kondisi ekonomi mikro dan makro secara internasional.

  1. Teknik

Jurusan teknik disebut-sebut sebagai jurusan yang masa depannya tergolong paling cerah. Jurusan ini memiliki prospek yang besar di dunia perbankan. Sebab lulusan jurusan ini dapat bekerja pada bidang moneter, market, SSK (Stabilitas Sistem Keuangan), SP dan PUR (Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Rupiah) hingga enabler. Baca UPDATE Syarat Menjadi Pegawai Bank Indonesia Pria Wanita

  1. Teknologi Informasi / Sistem Informasi / Manajemen Informasi

Jurusan manajemen informasi secara garis besar mempelajari  tentang mendesain sistem yang sesuai untuk tujuan organisasi atau perusahaan. Di bank, lulusan manajemen informasi dapat bekerja di bagian enabler.

Advertisements
Load More In Pendidikan
Comments are closed.