Home Pendidikan Kuliah Jurusan Apa yang Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus

Kuliah Jurusan Apa yang Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus

Komentar Dinonaktifkan pada Kuliah Jurusan Apa yang Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus
Kuliah Jurusan Apa yang Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus

Saat memilih jurusan kuliah, yang pertama kali menjadi pertimbangan biasanya adalah : apakah lulusan jurusan ini cepat memperoleh pekerjaan? Hal ini wajar-wajar saja, bahkan wajib ditanyakan ketika memilih jurusan kuliah.

Sebab kuliah tentu membutuhkan banyak sumberdaya, entah itu uang, tenaga, pikiran hingga waktu. Jangan sampai setelah lulus malah kesusahan mencari pekerjaan karena kebutuhan tenaga kerja di jurusan itu sangat minim.

Kalau bisa, carilah jurusan yang cepat dapat kerja, banyak dibutuhkan dan tentu disukai. Lalu, kuliah jurusan apa kira-kira yang cepat dapat kerja setelah lulus?

Advertisements
  1. Akuntansi

Lulusan akuntansi adalah salah satu lulusan yang paling cepat dapat kerja. Akuntansi adalah bidang yang ‘tidak ada matinya’. Selama manusia masih menggunakan sumberdaya dalam beroperasinya perusahaan, maka lulusan akuntansi masih akan tetap dibutuhkan. Entah itu sebagai staf akuntansi, auditor, atau bahkan credit analyst. Semua perusahaan pasti membutuhkan lulusan akuntansi sebagai pekerjanya.

Akuntansi sendiri merupakan jurusan yang mempelajari tentang pengolahan data keuangan hingga penyajiannya menjadi laporan keuangan. Beberapa orang mungkin enggan masuk jurusan akuntansi karena mengira masuk akuntansi berarti harus pandai matematika. Tapi, jangan takut masuk akuntansi ya, sebab ilmu akuntansi sejatinya menggunakan perhitungan matematika dasar saja. Selebihnya, dibutuhkan keuletan dan kesabaran. Baca 5 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan SMK Akuntansi

  1. Manajemen

Manajemen juga tergolong sebagai jurusan yang lulusannya cepat memperoleh pekerjaan. Lulusan manajemen bisa bekerja di perusahaan atau di bank. Di bank sendiri, banyak posisi pekerjaan yang bisa ditempati lulusan manajemen, yakni mulai di bidang pemasaran, moneter, pembayaran dan pengelolaan rupiah, hingga bidang penunjang (enabler).

Saat kuliah di jurusan manajemen, akan belajar tentang pengelolaan sumberdaya di perusahaan, baik sumberdaya modal, alam, manusia atau waktu.

  1. Komunikasi

Lulusan jurusan komunikasi juga cepat memperoleh pekerjaan. Lulusan jurusan komunikasi bisa bekerja di berbagai jenis perusahaan, dari bank hingga perusahaan media. Ini karena bidang studi komunikasi memiliki subjek bahasan yang luas, mulai dari ilmu komunikasi, pemasaran, gender hingga jurnalistik.

  1. Pertanian / Peternakan / Agribisnis

Semakin bertambahnya tahun, populasi manusia di Indonesia semakin bertambah. Manusia pasti memerlukan makanan. Karena itu pula pekerjaan di bidang pertanian, peternakan atau agribisnis tidak akan ada habisnya. Jurusan ini lulusannya cenderung cepat kerja.

Advertisements

Ada banyak pilihan pekerjaan untuk lulusan pertanian, peternakan atau agribisnis. Bisa bekerja di perusahaan bibit, peternakan ayam, pengolahan pangan, bekerja sebagai penyuluh pertanian atau peternakan, bekerja di bank sebagai marketer kredit usaha tani, hingga bekerja sebagai supervisor di perusahaan kelapa sawit. Baca Bisakah Kerja di Bank Sambil Kuliah

  1. Teknik

Teknik disebut-sebut sebagai jurusan kuliah yang masa depannya paling cerah alias cepat dapat kerja dengan gaji menarik pula. Ada banyak jenis jurusan teknik, ada teknik mesin, teknik sipil, teknik industri, arsitektur, penerbangan, nuklir, hingga teknik perminyakan.

Bagaimana prospek kerja lulusan teknik? Kita ambil saja contoh teknik perminyakan, lulusan jurusan teknik perminyakan berpeluang untuk bekerja di perusahaan migas seperti Pertamina, Chevron, hingga Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Kekuatan yang dimiliki jurusan teknik perminyakan ini adalah tidak banyak universitas yang menyediakan jurusan ini, sehingga lulusan teknik perminyakan tidak menjamur seperti jurusan lainnya. Dengan begitu, peluang memperoleh kerja dan tingkat pendapatannya tergolong sangat baik.

  1. Psikologi

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku dan kejiwaan manusia. Lulusan jurusan psikologi berkesempatan memperoleh pekerjaan di berbagai jenis perusahaan. Pasalnya, seringkali posisi Human Resource Development mengharuskan pelamarnya untuk memiliki ijazah S1 psikologi.

Selain itu, lulusan psikologi bisa juga menjadi terapis, psikolog, maupun konsultan. Di zaman ketika kesadaran masyarakat tentang kesehatan mental sudah semakin meningkat, jurusan psikologi bisa menjadi pilihan.

  1. MIPA

Saat mendengar jurusan MIPA, beberapa orang mungkin bertanya-tanya, apa sih prospek kerja lulusan jurusan MIPA? Jangan salah, sebab jurusan MIPA banyak dibutuhkan di perusahaan-perusahaan. Baca 4 Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Kantor Cepat Dan Mudah

Contohnya untuk fisika, lulusan fisika bisa bekerja di laboratorium milik perusahaan maupun pemerintah. Secara umum, lulusan MIPA di perusahaan akan ditempatkan pada jabatan yang membutuhkan keahlian khusus, yang posisi itu tidak bisa dipenuhi oleh lulusan jurusan lainnya.

Load More In Pendidikan
Comments are closed.