Home Pendidikan Penulisan Gelar D3 Keperawatan Yang Benar

Penulisan Gelar D3 Keperawatan Yang Benar

Komentar Dinonaktifkan pada Penulisan Gelar D3 Keperawatan Yang Benar
Penulisan Gelar D3 Keperawatan Yang Benar

Tingkat pendidikan tinggi di Indonesia sama dengan yang diterapkan di seluruh dunia, yaitu mulai dari Diploma, Sarjana, Magister, hingga Doktoral. Melalui pendidikan di tingkatan tersebut akan menambahkan pada nama anda sebuah gelar. Jadi baik di depan atau dibelakang nama anda kini sudah ada tambahan huruf yang menunjukkan apa tingkat pendidikan tinggi yang anda lalui.

Tentunya setiap gelar unik karena menjadi penanda tingkat pendidikan yang berbeda-beda. Bahkan untuk setiap jurusan dan spesialisasi yang anda ambil pun bisa menghasilkan gelar yang berbeda, sehingga pembahasan mengenai gelar pendidikan ini menjadi sangat menarik untuk dipelajari.

Salah satu pendidikan yang banyak diminati di Indonesia adalah pendidikan untuk mengambil ilmu keperawatan. Seperti yang sudah anda ketahui, pendidikan keperawatan adalah jurusan pendidikan tinggi yang diambil di bangku kuliah untuk menghasilkan tenaga perawat.

Advertisements

Tenaga perawat ini akan bekerja di rumah sakit, klinik, dan berbagai tempat lainnya untuk mendukung pelayanan kesehatan masyarakat. Pastinya tidak aneh mengapa banyak orang yang tertarik untuk melanjutkan pendidikannya sebagai seorang perawat.

Anda mungkin adalah salah satu yang ingin mengambil pendidikan sebagai perawat ini, namun sudahkah anda tahu apa gelar pendidikan yang diterima dari sekolah keperawatan ini? Jika belum mengetahuinya simak penjelasan di bawah ini ya! Baca 3 Jurusan Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Sekolah D3 Keperawatan di Indonesia

Ingin menjadi perawat? Maka anda harus menempuh pendidikan keperawatan yang sudah banyak ditemukan diberbagai politeknik kesehatan dan universitas. Namun tahukah anda apa jenjang pendidikan dari sekolah keperawatan ini? Jenjang pendidikan untuk menjadi seorang perawat adalah jenjang Diploma III atau yang biasa dikenal juga dengan nama D3 Keperawatan.

Umumnya tingkat pendidikan inilah yang ditemukan di berbagai politeknik kesehatan yang bekerja sama dengan rumah sakit besar di Indonesia. Namun ada juga beberapa kampus yang langsung menyediakan tingkat pendidikan Strata I (S1) untuk para calon tenaga perawat masa depan nantinya.

Namun akan ada perbedaan baik dalam kurikulum maupun gelar dari kedua jenjang pendidikan tersebut. Tujuan pendidikannya pun akan berbeda cukup signifikan. Pendidikan D3 Keperawatan bertujuan untuk menghasilkan tenaga perawat yang siap bekerja dan membantu praktik dalam berbagai tindakan medis.

Advertisements

Hal ini berbeda dengan perawat yang dihasilkan dari pendidikan S1 yang juga memiliki tambahan tujuan selain dalam melakukan praktik kerja langsung tetapi juga menguasai teknik mengedukasi masyarakat dalam hal kesehatan.

Gelar yang akan didapatkan oleh anda yang mengambil pendidikan D3 Keperawatan adalah Ahli Madya Keperawatan. Lalu untuk yang mengambil tingkat pendidikan S1 Keperawatan, gelar yang akan didapatkan adalah Sarjanan Keperawatan. Keduanya tentu memiliki teknik penulisan yang berbeda saat disatukan dengan nama lengkap anda. Baca Jika Ingin Menjadi Pegawai Bank Harus Ngambil Kuliah Jurusan Apa

Sebagai Sarjana Keperawatan, di belakang nama anda akan ditambahkan gelar S.Kep. Lalu bagaimana dengan anda yang menempuh pendidikan D3 Keperawatan? Jika anda ingin tahu lebih lanjut mengenai bagaimana penulisan gelar D3 Keperawatan yang benar, maka simaklah penjelasannya pada bagian berikut ini.

Penulisan Gelar D3 Keperawatan yang Benar

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, seorang yang telah lulus dari pendidikan D3 Keperawatan akan menerima gelar Ahli Madya Keperawatan. Gelar ini diberikan untuk menandakan kualifikasi dalam bidang medis sebagai tenaga perawat.

Anda berhak menambahkan gelar ini di belakang nama anda dalam beberapa kesempatan ketika dibutuhkan. Namun sudahkah anda tahu bagaimana cara penulisannya yang tepat?

Ahli Madya dalam gelar ini akan disingkat menjadi A.Md. Lalu kata Keperawatan akan disingkat menjadi Per. Keduanya kemudian bisa anda gabungkan menjadi A.Md.Per untuk diletakkan di belakang nama anda.

Misalkan nama anda adalah Ayudia Mita, maka setelah anda lulus dari pendidikan D3 Keperawatan, anda bisa menuliskan nama anda sebagai Ayudia Mita, A.Md.Per dengan benar. Bagaimana sudah paham cara penulisan D3 Keperawatan yang benar?

Itulah tadi informasi mengenai sekolah D3 Keperawatan dan bagaimana penulisan gelar D3 Keperawatan yang benar. Penting untuk anda mengetahui mengenai gelar yang didapatkan dari sekolah D3 Keperawatan ini dan bagaimana penulisannya. Baca Berikut 3 Lulusan Yang Dicari Bank Mudah Jadi Pegawai

Nantinya anda akan dibutuhkan untuk menuliskan nama anda lengkap dengan gelar dalam berbagai kesempatan. Jadi jangan sampai anda salah menulis gelar nama anda sendiri ya. Selamat menempuh pendidikan D3 Keperawatan!

Load More In Pendidikan
Comments are closed.