Siapa Bilang Biaya Kuliah UII Mahal, Simak Info SPPnya Disini

Universitas Islam Indonesia atau yang dikenal dengan UII ini menjadi salah satu Universitas Islam Swasta yang terbaik di Indonesia yang berlokasi di Yogyakarta serta perguruan tinggi swasta nasional yang tertua di Indonesia.

Saat menjalankan penerimaan kandidat mahasiswa baru, UII akan membuka beberapa jalur seleksi untuk calon mahasiswa baru seperti Jalur PSB, PBT, CBT, dan Hafiz Al-Qur’an.

  1. Jalur PSB yaitu pola seleksi calon mahasiswa dengan menggunakan ujian komputer
  2. Jalur PBT yaitu teladan seleksi calon mahasiswa yang diselenggarakan melalui ujian tertulis
  3. Jalur PSB yaitu teladan seleksi calon mahasiswa yang prestasi di bidang akademik atau minat bakat
  4. Jalur Hafiz Al-Qur’an yaitu pola seleksi untuk Hafiz/ Hafizah Alquran

Beberapa Biaya Kuliah UII

Siapa Bilang Biaya Kuliah UII Mahal, Simak Info SPPnya Disini

Advertisements

Jika nantinya kamu dinyatakan lulus seleksi melalui salah satu jalur seleksi yang ada di atas, cara berikutnya yang harus dijalankan yaitu menjalankan registrasi ulang calon mahasiswa UII.

Baca juga: 5 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan SMK Akuntansi

Salah satu persyaratan yang harus dijalankan saat registrasi ulang yaitu pembayaran biaya perkuliahan semester 1 dengan biaya yang lain sesuai ketentuan kampus.

Siapa Bilang Biaya Kuliah UII Mahal, Simak Info SPPnya Disini

Ketika menyeleksi besarnya biaya kuliah, UII menggunakan 2 komponen utama yaitu Dana Catur Dharma dan SPP.

Untuk mahasiswa yang mendapatkan skor Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) yang tinggi, nantinya dikenakan biaya kuliah lebih rendah dibandingkan mahasiswa lainnya, jadi inilah yang menjadi alasan mengapa biaya kuliah UII mahal.

Baca juga: 4 Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Kantor Cepat Dan Mudah

Di bawah ini adalah gambaran biaya Sumbangan Catur Dharma yang perlu dibayar oleh mahasiswa yang besarannya telah diputuskan berdasarkan klasifikasi ranking dari skor Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM).

Biaya Kuliah SPP Mahasiswa Baru di UII Untuk Program Studi S1

Siapa Bilang Biaya Kuliah UII Mahal, Simak Info SPPnya Disini

Advertisements

 

Berdasarkan keterangan gambar yang ada di atas, diperoleh beberapa komentar tentang biaya kuliah UII mahal yang harus dibayar oleh setiap mahasiswa baru.

Baca juga: Jadi Pegawai Bank dan Perkantoran Harus Lulusan Apa

Komponen ini berisi SPP tetap, Dana Pengembangan, Dana Laboratorium, SPP Variabel, Dana Sistem Informasi/TI, Asuransi dan Dana Kemahasiswaan.

  • SPP dibayar tiap tahun dan bisa diangsur 4 kali. SPP tetap dibayar di angsuran ke-1 semester ganjil dan genap, SPP variabel dapat dibayar pada angsuran ke-2 semester ganjil dan genap.
  • Dana Laboratorium Fakultas TI, TSP, dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya dibayarkan 2 kali tiap semester selama 3 tahun sesuai dengan metode cicilan berjalan. Sedangkan untuk fakultas Hukum,Ekonomi, Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (kecuali Prodi Pendidikan Bahasa Inggris), Ilmu Agama Islam, dibayarkan 1 kali tiap semester selama 3 tahun sesuai dengan metode cicilan berjalan. Fakultas Kedokteran, dibayarkan 2 kali per semester selama 3,5 tahun sesuai dengan metode cicilan berjalan. Terakhir FMIPA, dibayarkan 3 kali tiap tahun selama 3 tahun.
  • Dana Pengembangan hanya dibayar di tahun pertama, dapat diangsur 4 kali di angsuran 1 dan 2 pada semester ganjil dan genap.
  • Dana kemahasiswaan dan asuransi dibayarkan tiap tahunnya.
  • Dana Sistem Informasi/TI dan Pembinaan Mahasiswa dibayarkan 2 kali per semester selama 3 tahun sesuai dengan metode cicilan yang berjalan.

Baca juga; 5 Syarat Wajib Menjadi Pegawai Bank

Biaya Kuliah SPP Mahasiswa Baru di UII Untuk Program Diploma III

 

Sumber gambar: pmb.uii.ac.id

Keterangan Penting:

  1. SPP dibayarkan tiap tahun dan bisa diangsur 4 kali. SPP tetap dibayar di angsuran ke-1 semester ganjil dan genap, SPP variabel dibayar di angsuran ke-2 semester ganjil dan genap.
  2. Dana Laboratorium untuk D-3 Fakultas Ekonomi dan D-3 Analis Kimia dibayarkan 2 kali tiap semester selama 2 tahun sesuai dengan metode cicilan berjalan.
  3. Dana Pengembangan hanya dibayarkan pada tahun pertama, bisa diangsur 4 kali di angsuran 1 dan 2 semester ganjil dan genap.
  4. Dana kemahasiswaan dan asuransi dibayarkan tiap tahunnya.
  5. Dana Sistem Informasi/TI, dibayarkan 2 kali per semester selama 2 tahun sesuai dengan metode cicilan berjalan.

Baca juga: 3 Jurusan Pendidikan Guru Yang Paling Dibutuhkan Sekarang

Setelah mengenali berapa kisaran biaya kuliah UII, maka berikutnya kalian wajib memperkirakan sendiri apakah biaya kuliah UII mahal untuk kebutuhan kuliah kalian selama masa studi di UII ini kalian sanggup membayarkan.

Advertisements