Update Biaya Kuliah Sekolah Vokasi Undip Terbaru

Posted on

Persaingan di dunia kerja sekarang ini semakin hari semakin ketat. Banyak dari para lulusan sarjana/s1 banyak mengalami kesulitan mendapatkan pekerjaan. Atau mendapat pekerjaan yang berbeda dari jurusan dan apa yang sudah dipelajari ketika kuliah.

Itulah mengapa sekarang ini pemerintah Indonesia mengadakan penyelenggarakan adanya pendidikan vokasi. Dan mungkin beberapa dari kita yang masih bingung dengan apa bedanya pendidikan vokasi dan program sarjana pada umumnya? Nah untuk menjawab rasa penasaran anda semua di bawah ini secara lengkap.

Sekolah vokasi adalah suatu program pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi yang dibuat dan diadakan oleh pemerintah yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga yang dapat menetapkan keahlian dan ketrampilan di bidangnya, siap kerja dan mampu bersaing secara global.

Kelebihan Sekolah Vokasi Undip

https://vokasi.undip.ac.id/

Adapun di sini rupanya sekolah vokasi mempunyai kelebihan lain yang tentu tidak bisa didapatkan ketika seorang memutuskan kuliah di program sarjana. Adapun kelebihan itu adalah:

Baca juga: 5 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan SMK Akuntansi

  • Lulusan dari sekolah vokasi itu mempunyai kesempatan kerja yang jauh lebih luas
  • Lulusan sekolah vokasi itu mendapatkan pengalaman dan kesempatan yang lebih singkat
  • Bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat jenjang yang lebih tinggi.

Dan untuk perbedaan antara sekolah vokasi dan sarjana adalah sebagai berikut:

  • Dalam system pembelajarannya sekolah vokasi itu menerapkan 60% praktek 40% teori. Sedangkan untuk sarjana itu sendiri 60% teori 40 praktek.
  • Sedangkan untuk lama pendidikan dari pendidikan dari sekolah vokasi itu 1-3 tahun. Sedangkan untuk program sarjana menempuh pendidikan minimal 3 , 5 – 7 tahun
  • Prospek kerja untuk sekolah vokasi ini sendiri sangat luas terutama untuk pekerjaan yang membutuhkan keahlian dan keterampilan khusus. Sedangkan untuk program sarjana itu sendiri prospek kerja lebih sebagai konseptor dalam suatu bidang tertentu

Di Indonesia sendiri sekarang sudah membuka program pendidikan sekolah vokasi. Baik itu sekolah vokasi yang disediakan di perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta.

Baca juga; SEBAIKNYA Kuliah Jurusan Akuntansi atau Manajemen?

Dan di peguruan tinggi negeri sendiri ada banyak sekali universtas yang membuka sekolah vokasi. Adapun salah satu  universitas negeri yang membuka sekolah vokasi adalah Undip.

Sejarah singkat Kampus Undip

Update Biaya Kuliah Sekolah Vokasi Undip Terbaru

Undip atau yang biasa dikenal nama lengkap Universitas Diponogoro merupakan salah satu jenis universitas negeri terbaik yang ada di Jawa Tengah.  Adapun untuk lokasi dari kampus Undip ini sendiri tersebar di beberapa wilayah yang ada di Kota Semarang dan di Kota Jepara.

Undip ini sendiri didirikan pada 9 Januari 1957 yang awalnya didirikan sebagai universitas swasta. Namun status berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 1961.

Undip ini sendiri memberikan jenjang pendidikan mulai dari diploma, sarjana, magister, dan juga doctoral. Bila anda merasa tertarik dan juga berminat untuk melanjutkan studi di Undip ada banyak sekali pilihan jurusan yang bisa dipilih sesuai dengan bakat dan kemampuan anda.

Baca juga: Lulusan SMK Akuntansi Kerja Apa

Biaya Kuliah Undip D4 Jalur PSSB Sekolah Vokasi

Di bawah ini kami akan memberikan informasi untuk anda mengenai biaya dikeluarkan untuk anda yang ingin sekolah Vokasi:

UKT golongan 1: Rp 500 ribu

UKT golongan 2: Rp 1 juta

UKT golongan 3: Rp 3,5 juta – Rp 3,75 juta

UKT golongan 4: Rp 4,5 juta – Rp 5 juta

UKT golongan 5: Rp 5,5 juta – Rp 6,5 juta

UKT golongan 6: Rp 6,5 juta – Rp 7,5 juta

UKT golongan 7: Rp 7,5 juta – Rp 8,5 juta

Biaya Kuliah Undip D4 Jalur Ujian Mandiri Sekolah Vokasi

Berikutnya kami akan memberikan informasi mengenai biaya Jalur mandiri untuk sekolah vokasi. Adapun biaya itu kami lampirkan di bawah ini:

Baca juga: Ini 12 Prospek Kerja Lulusan D3 Akuntansi Terbaik

SPI golongan 1: Rp 10 juta – Rp 15 juta

SPI golongan 2: Rp 15 juta – Rp 20 juta

UKT golongan 1: Rp 500 ribu

UKT golongan 2: Rp 1 juta

UKT golongan 3: Rp 3,5 juta – Rp 3,75 juta

UKT golongan 4: Rp 4,5 juta – Rp 5 juta

UKT golongan 5: Rp 5,5 juta – Rp 6,5 juta

UKT golongan 6: Rp 6,5 juta – Rp 7,5 juta

UKT golongan 7: Rp 7,5 juta – Rp 8,5 juta

Untuk Undip ini sendiri dalam penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui beberapa jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN, serta jalur UM UNDIP.

Masing-masing jalur ini nantinya para calon mahasiswa akan dikenai biaya UKT atau uang kuliah tunggal dengan ongkos yang dikeluarkan berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Dimana hal itu tergantung dari besar kecilnya kondisi keuangan dari orang tua.

Baca juga: 5 Syarat Wajib Menjadi Pegawai Bank

Di mana di Undip sendiri ditetapkan ada 7 golongan  dalam menenatapkan besar kecilnya UKT yang akan diberikan pada calon mahasiswa. Di mana pada golongan 1 akan diberikan UKT yang paling murah. Sedangkan untuk calon mahasiswa yang berasal dari golongan 7 akan diberikan UKT  yang paling mahal.