Update Segini Biaya Kuliah UPH Kedokteran Saat Ini

Posted on

Universitas Pelita Harapan atau biasa disebut UPH adalah Perguruan Tinggi Swasta yang telah ada sejak tahun 1994. UPH didirikan oleh Dr. James Riady (Lippo Group) dan Ir. Johannes Oentoro dan terakreditasi A.

Kampus UPH terpusat di Tangerang dan terdapat juga di Surabaya serta Medan. UPH memiliki 12 Fakultas di berbagai bidang dan industri, salah satunya adalah Fakultas Kedokteran.

Fakultas Kedokteran UPH berdiri sejak tahun 2001 dan telah terakreditasi A. Fakultas Kedokteran UPH merupakan salah satu Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia dan selalu menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas.

Tak heran jika Fakultas Kedokteran UPH menjadi pilihan calon mahasiswa Fakultas Kedokteran karena reputasinya yang sangat baik.

Update Segini Biaya Kuliah UPH Kedokteran Saat Ini

Lalu, apa saja keunggulan dari Fakultas Kedokteran UPH? Apa saja jalur masuk Fakultas Kedokteran UPH dan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk berkuliah di Fakultas Kedokteran UPH? Pada artikel ini akan dibahas mengenai hal-hal tersebut.

Baca juga: 5 Syarat Wajib Menjadi Pegawai Bank

Keunggulan Fakultas Kedokteran UPH

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih Universitas untuk berkuliah adalah keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh Universitas tersebut.

Jika Anda tertarik dengan Fakultas Kedokteran UPH, Anda harus mengetahui keunggulan apa saja yang dimiliki Fakultas Kedokteran UPH, yaitu sebagai berikut ini:

Baca juga: 3 Jurusan Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

  1. UPH memiliki fasilitas yang sangat lengkap untuk menunjang proses belajar mengajarnya yaitu Laboratorium ( Mikrobiologi, Parasitologi, Riset, Anatomi, Patologi Klinis, Skill Klinis, Fisiologi dan Farmakologi, Biokimia, Patologi Anatomi dan Histologi dan MRIN), Laboratorium Komputer, Kelas Tutorial yang difungsikan untuk small group discussion, Perpustakaan, Ruang Kelas Multimedia dan Student Lounge.
  2. Kedokteran UPH didukung dengan jaringan Medical Science Group (MSG) yang terdiri dari Rumah Sakit Siloam serta pusat penelitian swasta Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN). Dengan begitu, mahasiswa Fakultas Kedokteran UPH akan mendapatkan pengalaman berkuliah yang bernilai unggul, komprehensif serta menjadi lulusan kedokteran yang berkualitas dan unggul
  3. Fakultas Kedokteran UPH menjalin kerjasama dengan sejumlah Rumah Sakit ternama di Indonesia untuk mendukung proses pembelajaran calon dokter, seperti RS. Daan Mogot, RS. Siloam Lippo Village, RS. Siloam TB Simatupang, RS. Siloam Kebon Jeruk, RSUD Tangerang Selatan dan lain sebagainya.

Jalur Masuk Fakultas Kedokteran UPH

Update Segini Biaya Kuliah UPH Kedokteran Saat Ini

Perlu diketahui bahwa UPH menyediakan 2 jalur masuk yaitu jalur masuk reguler dan jalur masuk beasiswa. Ada 3 macam beasiswa yang ditawarkan untuk calon mahasiswa UPH, yaitu :

Baca juga: 4 Jurusan Kuliah Yang Cocok untuk Karyawan

Beasiswa Prestasi Akademik

Beasiswa ini diperuntukan bagi calon mahasiswa UPH yang memiliki prestasi di bidang akademik.

Beasiswa Olahraga

Beasiswa ini diperuntukan bagi calon mahasiswa UPH yang memiliki prestasi di bidang olahraga.

Beasiswa Bantuan Keuangan

Beasiswa ini diperuntukan bagi calon mahasiswa UPH yang membutuhkan dukungan finansial untuk melanjutkan studinya.

Untuk dapat berkuliah di Fakultas Kedokteran UPH maka Anda harus mengikuti Ujian Saringan Masuk (USM). Ujian Saringan Masuk Fakultas Kedokteran UPH terdiri dari Matematika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris dan Fisika.

Jika berencana mengambil jurusan Kedokteran di UPH maka Anda harus mempersiapkan diri Anda dari jauh-jauh hari karena proses seleksinya sangat ketat.

Baca juga: Segini Rupanya Biaya Masuk Fakultas Kedokteran UGM Saat ini

Biaya Kuliah Fakultas Kedokteran UPH

Jumlah Semester pada Fakultas Kedokteran UPH adalah 7 semester kemudian setelah menyelesaikan 7 semester Anda akan mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran atau S.Ked. Untuk mendapatkan gelar Dokter, Anda harus mengikuti program klinis selama 4 semester.

Total biaya yang harus Anda keluarkan untuk berkuliah di Fakultas Kedokteran UPH selama masa studi normal yaitu 4 tahun adalah Rp. 892.000.000. Berikut adalah rinciannya :

  1. Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 160.000.000
  2. Jaket, orientasi dan fasilitas sebesar Rp. 85.000.000
  3. Biaya kuliah semester pertama sebesar Rp. 63.000.000
  4. kuliah semester kedua hingga selesai yaitu sebesar Rp. 584.000.000.

Baca juga: Ini Lho Jurusan di Telkom University yang Sepi Peminat

Demikianlah informasi mengenai keunggulan, jalur masuk dan biaya berkuliah di Fakultas Kedokteran UPH. Jika Anda tertarik untuk mendaftar di Fakultas Kedokteran UPH, anda bisa mengakses website resminya yaitu https://www.uph.edu/id/admission/.

Sebagai informasi tambahan, Anda harus melengkapi beberapa dokumen tambahan jika ingin mendaftar di Fakultas Kedokteran UPH yaitu formulir pendaftaran dan Formulir Pernyataan Sehat, hasil tes buta warna dari dokter spesialis mata serta membuat esai sebanyak 500 kata.