Home Pendidikan UPDATE Syarat Menjadi Pegawai Bank Swasta

UPDATE Syarat Menjadi Pegawai Bank Swasta

Komentar Dinonaktifkan pada UPDATE Syarat Menjadi Pegawai Bank Swasta
UPDATE Syarat Menjadi Pegawai Bank Swasta

Pegawai Bank adalah salah satu profesi yang diinginkan sebagian orang, sebab selain bekerja di kantor, jenjang karirnya jelas, serta pendapatannya tergolong menggiurkan.

Ada banyak jenis bank di Indonesia, baik bank milik pemerintah atau swasta. Lalu, apakah syarat yang harus dipenuhi jika ingin menjadi bank swasta?

  1. Latar Belakang Pendidikan

Perusahaan biasanya menetapkan kriteria khusus untuk latar belakang pendidikan calon pegawainya. Bank swasta pada umumnya menerima lulusan segala jurusan, untuk menempati posisi-posisi yang tidak memerlukan keterampilan khusus seperti staf administrasi kredit.

Advertisements

Sementara itu, untuk posisi seperti staf IT, bank swasta menghendaki lulusan S1 Teknik. Jadi, latar belakang pendidikan ini benar-benar tergantung pada jabatan pekerjaan.

  1. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)

            IPK kerap dijadikan syarat saat melamar kerja. Bank swasta menetapkan IPK yang berbeda-beda. Ada bank yang menetapkan IPK minimal 2,75 (untuk S1), namun ada juga bank yang menetapkan IPK minimal 3,00. Kriteria yang ditetapkan secara umum ini tentu membuat mahasiswa terpacu untuk bersungguh-sungguh saat kuliah.

  1. Usia

Usia juga menjadi syarat ketika melamar kerja di bank. Bank swasta umumnya menetapkan usia maksimal 27 tahun untuk calon pegawainya. Baca Berikut 3 Lulusan Yang Dicari Bank Mudah Jadi Pegawai

  1. Kesediaan Tidak Menikah Selama Masa Tertentu

Setelah diterima bekerja di bank, biasanya pegawai tidak diperbolehkan menikah dahulu selama 1 tahun setelah pengangkatan sebagai pegawai tetap. Hal ini ditujukan agar pegawai dapat bekerja dengan maksimal. Namun, tidak semua bank menerapkan peraturan ini. Karenanya, cermati persyaratan yang ditetapkan bank swasta tujuan kamu ya!

  1. Kondisi Fisik dan Mental

Kondisi fisik dan mental sangat berpengaruh terhadap kinerja seorang pegawai. Karenanya sangat penting bagi bank swasta untuk merekrut orang-orang yang benar-benar sehat secara fisik dan mental.

Untuk memastikan kedua hal tersebut, biasanya bank mengharuskan calon pegawai menyertakan surat keterangan sehat dari dokter serta menjalankan tes psikologi. Selain itu, bank biasanya juga menetapkan kriteria untuk tinggi badan pegawainya. Tiap bank swasta bisa jadi memiliki standar yang berbeda dalam hal ini.

  1. Kemampuan Mengoperasikan Komputer

            Di zaman yang serba digital ini, kemampuan untuk mengoperasikan komputer bagai menjadi syarat mutlak bagi tenaga kerja. Di bank swasta, umumnya, calon pegawai diharuskan dapat mengoperasikan komputer, khususnya Microsoft Office (word, excel dan powerpoint).

Advertisements
  1. Kemampuan Berbahasa Inggris

            Dapat berbahasa inggris merupakan kemampuan yang menambah nilai plus bagi seseorang. Beberapa posisi di bank swasta juga mengharuskan pegawainya untuk mampu berbahasa inggris, baik lisan maupun tulisan. Biasanya posisi yang diharuskan mampu berbahasa inggris adalah pelaksana investasi atau analis mikro. Baca 3 Jurusan Pendidikan Guru Yang Paling Dibutuhkan Sekarang

  1. Pengalaman Kerja

Beberapa jabatan kerja kadang mengharuskan pelamarnya untuk memiliki pengalaman di bidang tersebut. Setidaknya 1 tahun. Hal ini kadang terjadi pula di bank swasta. Contohnya, untuk posisi pelaksana investasi di bank biasanya pelamarnya diharuskan memiliki pengalaman bekerja di bidang terkait minimal 1 tahun. Sementara untuk posisi teller atau customer service biasanya menerima pelamar fresh graduate.

  1. Sertifikat di Bidangnya

            Syarat ke-9 ini memang tidak berlaku untuk semua jabatan di bank swasta. Namun beberapa posisi mengharuskan pelamarnya memiliki sertifikat keahlian di bidang terkait. Contohnya untuk jabatan pelaksana asuransi, dalam beberapa waktu diharuskan memiliki sertifikat Bancasurrance (AAJI).

  1. Kesediaan untuk Ditempatkan di Kantor Unit Bank Swasta

            Biasanya, bank swasta membutuhkan pegawai untuk ditempatkan di kantor unit di daerah tertentu. Karenanya, saat membuka lowongan, bank swasta menetapkan ketentuan bahwa pelamar yang diterima harus mau ditempatkan di kantor unit yang ditentukan.

  1. Kemampuan dan Karakter

Menjadi pegawai bank harus siap menghadapi tantangan. Karenanya, bank swasta juga biasa mencari karakter dan kemampuan tertentu untuk calon pegawainya. Semisal, untuk staf admin kredit, maka diharuskan memiliki kemampuan interpersonal yang baik, bisa bersikap ramah serta mampu berkomunikasi dengan baik. Baca 10 Jurusan Kuliah yang Bagus untuk Wanita Cepat Dapat Kerja

Kemampuan ini dibutuhkan karena staf admin kredit tentu akan banyak berurusan dengan nasabah. Lain hal dengan Staf IT, biasanya diharuskan memiliki karakter jujur, teliti, serta punya motivasi kerja yang tinggi.

Advertisements
Load More In Pendidikan
Comments are closed.