Home Pendidikan UPDATE Syarat Menjadi Pegawai Bank Syariah

UPDATE Syarat Menjadi Pegawai Bank Syariah

Komentar Dinonaktifkan pada UPDATE Syarat Menjadi Pegawai Bank Syariah
UPDATE Syarat Menjadi Pegawai Bank Syariah

Pegawai Bank Syariah – Bank Syariah, berbeda dengan bank konvensional, merupakan bank yang operasionalnya berpegang pada syariat Islam. Meski hukumnya didasarkan pada syariat Islam, bank syariah tidak menutup diri dari nasabah yang beragama lain.

Lalu bagaimana dengan pegawai bank syariah? Apa persyaratannya? Berikut adalah syarat menjadi pegawai bank syariah :

  1. Background Pendidikan

Background pendidikan merupakan hal pertama yang biasa dipertimbangkan perusahaan saat menerima pegawai. Di bank syariah sendiri, biasanya mengutamakan lulusan jurusan akuntansi, manajemen, ilmu ekonomi dan studi pembangunan, dan ekonomi syariah. Namun hal ini tidak menutup kesempatan bagi lulusan jurusan lain untuk bekerja di bank syariah.

Advertisements

Seperti yang dipahami, banyak posisi yang tersedia di bank syariah. Beberapa posisi memang mengharuskan pengetahuan dan keterampilan khusus. Namun, ada posisi-posisi lain yang terbuka untuk segala jenis jurusan.

  1. IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)

Bank Syariah, sama dengan bank konvensional, juga menetapkan IPK bagi pegawainya. Syarat IPK minimal di tiap bank berbeda-beda. Namun umumnya mentargetkan IPK minimal 3,00 untuk S1.

  1. Usia

            Usia juga menjadi prasyarat saat hendak menjadi pegawai bank syariah. Biasanya, usia maksimal untuk melamar di bank syariah adalah 27 tahun. Baca UPDATE Syarat Menjadi Pegawai Bank Swasta

  1. Kondisi fisik dan mental

Tidak ada perusahaan yang menghendaki pegawai yang memiliki kondisi fisik atau mental yang tidak sehat. Hal tersebut tentu dapat menghambat kinerja pegawai. Selain kesehatan, umumnya bank syariah juga menentukan tinggi badan minimal bagi calon pegawainya.

Sementara itu, untuk memastikan kesehatan fisik dan mental calon pegawainya, maka biasanya bank syariah menetapkan persyaratan dokumen seperti surat keterangan sehat dari dokter. Selain itu, akan ada wawancara dan psikotes guna memastikan kesiapan mental calon pegawainya.

  1. Pemahaman Mengenai Perbankan Syariah

Yang sering menjadi pertanyaan adalah apakah harus beragama Islam jika ingin bekerja di bank syariah? Dalam pengumuman lowongannya, bank syariah umumnya tidak menetapkan persyaratan mengenai agama.

Namun, saat proses wawancara, calon pelamar perempuan umumnya akan ditanyai mengenai kesiapannya untuk memakai jilbab ketika diterima sebagai pegawai bank syariah. Saat diterima menjadi pegawai syariah, secara otomatis juga harus mengikuti tata cara kerja bank syariah sesuai posisinya.

Advertisements

Contohnya, apabila ditempatkan di front office department yang otomatis akan banyak berinteraksi dengan nasabah, bank syariah umumnya mengharuskan pegawainya mengucap salam saat menyambut nasabah. Sementara untuk posisi seperti pelaksana investment banking and structured product, maka harus memiliki pengetahuan tentang syariah, produk serta regulasi perbankan.

  1. Pengalaman Kerja

Persyaratan ini tergantung pada posisi yang dilamar di bank syariah. Beberapa posisi mengharuskan pelamarnya untuk memiliki pengalaman di bidang terkait. Misalnya untuk posisi pelaksana pengelola laporan keuangan dan pelaksana investasi diharuskan untuk memiliki pengalaman bekerja minimal 1 tahun di bank. Baca Jadi Pegawai Bank dan Perkantoran Harus Lulusan Apa

Sementara posisi seperti teller dan officer development program kadang tidak diharuskan memiliki pengalaman kerja di bidang terkait alias terbuka lebar untuk fresh graduate. Jadi, hal ini tergantung pada ketentuan masing-masing bank ya.

  1. Sertifikat

Bagi pelamar di beberapa posisi di bank syariah, biasanya diwajibkan memiliki sertifikat keahlian sesuai bidang yang dilamar. Semisal, melamar menjadi pelaksana investment banking and structured product, maka harus memiliki sertifikat Bancasurrance (AAJI). Namun, tidak semua posisi membutuhkan syarat sertifikat ini.

  1. Kemampuan Mengoperasikan Komputer

Di zaman digital ini, mengoperasikan komputer adalah sebuah keharusan. Di bank syariah, calon pegawainya minimal harus bisa mengoperasikan Microsoft Office, baik itu Word, Excel atau Powerpoint. Mengenai tingkat penguasan software ini, tergantung pada posisi yang dilamar.

  1. Kesediaan Ditempatkan di Unit Kerja Bank Syariah

Saat membuka lowongan pegawai baru, biasanya akan diberitahukan lokasi penempatan penerimaan pegawai itu. Bisa saja ditempatkan di kantor pusat. Terkadang diberitahukan juga bahwa pegawai baru akan ditempatkan di kantor cabang di provinsi tertentu. Baca 4 Jurusan Kuliah yang Bisa Sambil Kerja

  1. Kemampuan Bahasa Inggris

Kemampuan berbahasa Inggris bukan syarat mutlak untuk menjadi pegawai bank syariah. Namun, beberapa posisi di bank syariah memang mengharuskan pegawainya untuk bisa berbahasa inggris, baik lisan maupun tulisan. Posisi yang mengharuskan kemampuan itu antara lain asisten analis mikro serta pelaksana investasi.

Advertisements
Load More In Pendidikan
Comments are closed.